Liburan Akhir Tahun ke Jogja? Berikut 7 Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan di Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta

photo credit: piknikasik

Liburan Akhir Tahun ke Jogja? Berikut 7 Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan di Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta

3.5K
Liburan akhir tahun ke Jogja terdengar selalu menyenangkan. Sudahkah kamu memiliki rencana untuk liburan akhir tahun? Wisata Gumuk Pasir Parangkusumo bisa kamu jadikan alternatif untuk mengisi acara akhir tahunmu!

Menjelang liburan akhir tahun, Yogyakarta memang masih menjadi primadona bagi banyak orang. Banyak pilihan destinasi wisata yang bisa kamu temukan di sana. Ada satu tempat yang sering menarik perhatian wisatawan baik domestik maupun asing. Tempat ini dikenal dengan nama Gumuk Pasir Parangkusumo. Lokasinya berada di Jalan Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kretek, Bantul, Yogyakarta. Gumuk pasir ini sebenarnya sudah lama terbentuk, tapi terdengar gaungnya sebagai tempat wisata baru sekitar 10 tahun terakhir. Gumuk dalam bahasa Jawa berarti gundukan. Dinamakan gumuk pasir karena tempat ini terbentuk dari gundukan pasir yang sangat luas sehingga menjadikan tempat ini seperti padang pasir di Afrika.

Baca juga: Tak Perlu ke Luar Negeri, 6 Destinasi Wisata Indonesia Ini Akan Membuatmu Merasa Keliling Dunia


Apakah kamu pernah melihat video klip Agnes Monica yang berjudul Matahariku? Video klip itu diambil di sebuah padang pasir. Yup, Gumuk Pasir Parangkusumo menjadi setting pembuatan video klip tersebut. Selain Agnes Monica, Bondan & Fade2Black dan Letto Band juga pernah membuat video klip di tempat ini. Film yang laris manis di pasaran seperti Perempuan Berkalung Sorban dan Ada Apa Dengan Cinta 2 juga mengambil beberapa scene di tempat ini.

Gumuk pasir banyak terdapat di dunia, tetapi yang memiliki barchan atau gunungan pasir yang berbentuk melengkung mirip bulan sabit hanya Yogyakarta dan Meksiko. Keberadaan gumuk pasir di Indonesia ini disebabkan oleh adanya keterkaitan antara gunung, sungai, dan pantai. Pasir-pasir yang berasal dari erupsi gunung merapi terbawa oleh aliran sungai hingga akhirnya sampai ke pantai. Di pantai, material vulkanik itu terombang-ambing oleh ombak hingga akhirnya terkikis dan berubah menjadi debu-debu halus. Ketika kering, debu halus tersebut akan berterbangan terbawa angin menuju kawasan pinggir pantai. Seiring berjalannya waktu, terbentuklah gumuk pasir Parangkusumo ini. Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di Gumuk Pasir Parangkusumo. Penasaran? Berikut 7 aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di sana.


1. Bernarsis ria

photo credit: yukpiknik

Tempat yang seperti gurun pasir ini hanya ada satu-satunya di Indonesia. Hal tersebut menjadikan tempat ini instagramable banget karena pesona yang dimilikinya. Kecantikan struktur dan gelombang angin yang terlukis di permukaan gumuk pasir akan membuatmu bergaya di sini. Kamu bisa bernarsis ria dengan menggunakan beberapa objek yang disediakan, seperti ayunan dan rumah pohon. Ketika kamu upload fotomu di tempat ini ke sosial media, mungkin teman-temanmu akan mengira kamu sedang berada di Afrika.

Baca juga: 7 Cara Menemukan Spot Menarik saat Traveling. Pecinta Traveling, Kamu Harus Coba!


2. Mencoba olahraga ekstrim: Sandboarding

photo credit: uny community

Apakah kamu pernah mendengar olahraga sandboarding? Sandboarding merupakan salah satu olahraga yang terbilang ekstrim karena menggunakan papan seluncur dengan medan bukit pasir. Sandboarding memang tidak terlalu terkenal di Indonesia. Sandboarder pasti akan memilih gurun pasir untuk melancarkan aksinya sehingga tempat yang terkenal untuk melakukan olahraga ini adalah di gurun Namibia, Australia atau bahkan di Mesir.

Tapi, jangan khawatir, di tempat ini kamu bisa merasakan sensasi olahraga yang mendebarkan dan memacu adrenalin. Tentunya, kamu tidak harus membawa papan luncur sendiri, di sini menyediakan tempat untuk menyewa papan luncur seharga Rp 150.000,00 termasuk perlengkapan pengaman berupa helm dan pelindung lutut serta siku yang bisa dipakai sepuasnya. Kalau kamu ingin mencoba olahraga ini, jangan lupa menyediakan air minum yang banyak, karena sandboarding akan sangat menguras tenaga, apalagi bagi pemula.


3. Makan dan menginap di sekitar gumuk pasir

Photo credit : tripadviso

Kalau kamu ingin berkunjung ke tempat ini, dari pusat kota Yogyakarta kamu harus menuju ke arah Pantai Parangtritis. Di Jalan Parangtritis kamu hanya perlu lurus hingga bertemu dengan pintu gerbang atau tempat pembayaran retribusi kawasan wisata Pantai Parangtritis. Tidak jauh dari situ, gundukan pasir akan terlihat di sebelah kanan jalan. Sepanjang perjalanan menuju tempat ini, banyak ditemukan rumah makan dan penginapan sehingga kamu tidak perlu khawatir jika ingin menginap di sekitar gumuk pasir.

Baca juga: Wisata Kuliner Jogja Yang Harus Kamu Coba. Ke Jogja Tak Akan Lengkap Tanpa Mencicipi Kuliner di 8 Tempat Ini!


4. Foto & video pre wedding

photo credit: halomoney

Untuk foto pre wedding, kamu akan dikenakan iuran resmi dari penduduk setempat dengan mengatasnamakan pemuda kampung, biayanya sekitar Rp 50.000,00. Penduduk di sekitar Gumuk Pasir juga menyediakan kuda untuk digunakan sebagai properti foto pre wedding dengan harga sewanya Rp 350.000,00 per 1 jam pemotretan. Disediakan pula toilet, ruang ganti dan ruang make up, serta warung untuk minum dan makan sambil bersiap-siap atau beristirahat di sela-sela pemotretan.


5. Digunakan untuk aktivitas keagamaan

photo credit : jogjanews

Karena keadaannya terlihat seperti padang pasir di Mekkah, tempat ini juga kerap dijadikan untuk kegiatan manasik haji agar para rombongan haji dapat merasakan suasana yang akan mereka rasakan saat ibadah haji. Warga sekitar juga menggunakan tempat ini sebagai tempat untuk sholat ied jika hari raya tiba.


6. Berkunjung ke tempat wisata yang berdekatan dengan gumuk pasir

photo credit: jogja backpacker's guide

Jika sudah membayar biaya retribusi sebesar Rp 3.000,00 per orang di pintu gerbang kawasan Parangtritis sertasudah sudah merasa puas mengeksplore Gumuk Pasir Parangkusumo, kamu juga bisa mengunjungi beberapa pantai di sekitar gumuk pasir. Misalnya, Pantai Parangkusumo, Pantai Depok, serta Pantai Parangtritis. Letaknya tidak jauh dari gumuk pasir dan kamu hanya pelru menambah biaya parkir di masing-masing tempat.

Baca juga: 7 Pantai Terindah di Indonesia yang Wajib Didatangi Rekomendasi Trinity 'Naked Traveler'


7. Tutuplah harimu dengan menikmati senja di gumuk pasir

photo credit : afrid

Matahari yang mulai tenggelam di ufuk barat membuat cahaya matahari berubah perlahan dari kuning keemas-emasan menjadi merah jingga dan langit pun akan berubah menjadi oranye. Hawa panas yang kala siang sangat menyengat di tempat ini pun berangsur-angsur menjadi sejuk. Padang pasir yang menghampar luas berubah menjadi siluet hitam di layar kamera dan wisatawan lain hanya terlihat bayangan hitamnya saja. Agar tidak ketinggalan magic hour di gumuk pasir, datanglah sekitar pukul 17.00 dan pastikan cuaca tidak mendung agar kamu dapat merasakan romantisme senja di tempat ini.


Wisata Gumuk Pasir Parangkusumo buka dari pukul 06.00 sampai pukul 19.00. Di siang hari, suhu udara di sini sangat tinggi karena pasir memantulkan panas matahari ke udara sehingga sebaiknya kamu membawa topi jika ingin berkunjung ke sini. Selain itu, kamu juga harus memastikan agar saat kamu berkunjung ke sini, cuacanya cerah. Karena jika hujan, pasirnya akan basah dan tidak bisa digunakan untuk sandboarding.

Jadi, apakah kamu sudah memasukkan Gumuk Pasir Parangkusumo untuk destinasi liburan tahun barumu?

Baca juga: 8 Cara Menghemat Uang Saat Traveling Jika Kamu Ingin Liburan Menyenangkan tapi Anggaran Pas-Pasan





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Liburan Akhir Tahun ke Jogja? Berikut 7 Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan di Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Amalia Larasanty | @ayashamalia

Silahkan login untuk memberi komentar