Logan Paul, Ria Ricis, dan Deretan YouTuber yang Pernah Menuai Kontroversi. Hati-Hati Kebablasan!

photo credit: YouTube, E! Online

Logan Paul, Ria Ricis, dan Deretan YouTuber yang Pernah Menuai Kontroversi. Hati-Hati Kebablasan!

2.6K
Selain Logan Paul dan Ria Ricis, 5 YouTuber ini juga pernah terlibat kontroversi yang cukup besar.

Selama beberapa hari terakhir, Jagat Internet sedang dihebohkan dengan dua kontroversi yang melibatkan YouTuber Ria Ricis dan Logan Paul. Pada akhir Desember 2017 lalu, Ria Ricis menjadi perbincangan hangat di kalangan netizen karena salah satu videonya yang bertajuk 'Buang Squishy ke Closet' dianggap tidak mendidik. Sebelumnya, ia juga pernah mengunggah video yang memperlihatkannya membuang squishy ke laut.

Pemilik nama asli Ria Yunita tersebut memang dikenal sebagai YouTuber yang kerap mengunggah video-video tentang squishy, mainan yang tengah digemari anak-anak dan remaja saat ini. Namun, sejumlah netizen menganggap bahwa video buang squishy tersebut tidak mendidik karena seakan memberikan contoh buruk bagi penonton dan penggemarnya. Pada 1 Januari lalu, beberapa hari setelah kontroversi ini muncul, adik Oki Setiana Dewi ini memberikan klarifikasi serta menyampaikan permintaan maaf lewat Instastory di akun Instagramnya.


iphoto credit: HarianIndo
photo credit: HarianIndo

Seakan menyusul Ria Ricis, YouTuber ternama asal Amerika Serikat, Logan Paul, juga menimbulkan kontroversi pada Selasa (2/1/2018) kemarin. Paul mendapat kecaman dari netizen di berbagai belahan dunia setelah videonya di Jepang yang diunggah pada 31 Desember 2017 dianggap tidak pantas ditayangkan. Video tersebut diambil sebuah hutan yang dikenal dengan hutan bunuh diri di Aokigahara, Jepang. Dalam video tersebut, saat tengah merekam vlog di sana, Paul dan beberapa rekannya menemukan mayat yang tergantung.

Video tersebut sontak mendapat kencaman dari para netizen karena dianggap sangat tidak pantas untuk ditayangkan dan ditonton oleh banyak orang, terlebih akun YouTube Paul memiliki lebih dari 15 juta subscribers. Setelah mendapat banyak kecaman, YouTuber berusia 22 tahun tersebut akhirnya memutuskan untuk menghapus video tersebut dan menyampaikan permintaan maafnya lewat sebuah tweet dan video yang diunggahnya di akun Twitter dan YouTubenya.


photo credit: Twitter/LoganPaul

Selain Ria Ricis dan Logan Paul, ada juga beberapa YouTuber yang pernah menuai kontroversi cukup besar karena video-video mereka. Yuk, simak kisah 5 YouTuber yang sempat alami hal serupa.


1. Kemal Palevi

photo credit: Okezone

YouTuber yang juga seorang stand-up comedian, Kemal Palevi, adalah salah satu YouTuber Indonesia yang pernah menuai kontroversi. Pada tahun 2016, Kemal sempat dikecam oleh netizen setelah membuat dan mengunggah video berjudul 'Part 6 – Nanya Ukuran BH'. Dalam video tersebut, Kemal mengaku sebagai mahasiswa kedokteran yang sedang mengerjakan skripsi tentang anatomi tubuh dan menanyakan ukuran pakaian dalam kepada beberapa perempuan di sebuah pusat perbelanjaan. Video tersebut sontak menuai banyak kecaman dan hujatan dari netizen. Ia kemudian menghapus video tersebut dan menyampaikan permohonan maaf melalui akun Twitternya.


2. Laurent Rando

photo credit: duniaku.net

Laurentius Rando adalah YouTuber Indonesia lainnya yang pernah beberapa kali menuai kontroversi. YouTuber yang dikenal dengan nama Gazelle ini sempat terlibat konflik dengan Indobeatbox di tahun 2016 karena dianggap memfitnah komunitas tersebut. Dalam video 'Draw My Life' yang ia unggah, Gazelle mengatakan bahwa Indobeatbox tidak memberinya kesempatan untuk berkembang, yang akhirnya berujung pada dirinya yang mendirikan komunitas bernama Beatboxnesia. Di tahun yang sama, YouTuber ini juga terlibat kontroversi #SalahBeli, karena ketahuan menjual sebuah keyboard yang rupanya merupakan hadiah dari seorang fans dengan alasan salah beli.


3. Karin Novilda (Awkarin)

photo credit: Newsth

Sejak salah satu videonya menjadi viral di 2016, Karin Novilda atau yang lebih dikenal dengan nama Awkarin kerap menimbulkan kontroversi. Konten video cewek satu ini dianggap tidak mendidik karena sering kali menunjukkan tindakan yang berani dan vulgar, dengan menggunakan pakaian yang cenderung terbuka. Selain itu, dalam video-videonya juga banyak terdapat penggunaan kata-kata kasar dan sumpah serapah.

Saking kontroversialnya, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) memutuskan untuk memanggil Karin pada September 2016 lalu untuk membahas konten-konten videonya dan dampaknya bagi anak muda yang menonton. Setelah itu, Karin berjanji untuk mencoba mengunggah konten yang lebih positif ke depannya.


4. PewDiePie

photo credit: highsnobiety.com

YouTuber terpopuler dengan jumlah subsribers terbanyak, PewDiePie, juga sempat terlibat dalam sebuah kontroversi karena konten video yang dibuatnya. Pada awal 2017 lalu, The Wall Street Journal mempublikasikan sebuah artikel yang menyorot konten-konten video PewDiePie yang dianggap sebagai sikap antisemitisme. Menurut Wikipedia, antisemitisme merupakan suatu sikap permusuhan atau prasangka terhadap kaum Yahudi dalam bentuk-bentuk penganiayaan/penyiksaan terhadap agama, etnik, maupun kelompok ras, mulai dari kebencian terhadap individu hingga lembaga.

Pasca tayangnya artikel tersebut, Disney yang saat itu tengah menjalin hubungan bisnis dengan YouTuber Pemilik nama asli Felix Kjellberg ini langsung memutuskan hubungan tersebut. Tak hanya itu, acara di bawah naungan Google yang seharusnya dibintangi oleh Kjellberg juga dibatalkan.


5. Sam Pepper

photo credit: realitybox.co.uk

Sam Pepper adalah seorang YouTuber asal Inggris yang terkenal dengan konten video prank-nya. Ia terlibat sebuah kontroversi akibat salah satu video prank bertajuk 'Killing Best Friend Prank' pada 2015 lalu. Dalam video itu, Pepper melakukan sandiwara penculikan dan pembunuhan palsu yang melibatkan bintang Vine, Sam Golbach dan Colby Brock. Video yang ditonton sebanyak lebih dari 2 juta kali tersebut pun mendapat kecaman dari netizen karena dianggap sangat tidak pantas dan melewati batas. Pasca kontroversi, Pepper menghapus video tersebut dan kini mengurangi aktivitasnya di YouTube.

BACA JUGA


YouTuber Kontroversial? Bukan! Berikut adalah 5 YouTuber Inspiratif yang Rajin Berbagi Pesan Positif!

YouTuber Kontroversial? Bukan! Berikut adalah 5 YouTuber Inspiratif yang Rajin Berbagi Pesan Positif!

YouTuber berikut ini terkenal karena konten positif dan inspirasional ala mereka

Read more..

Memang benar ya Sahabat Trivia, segala sesuatu yang tersebar di media sosial pasti memiliki dampak masing-masing. Belajar dari kisah-kisah kontroversi YouTuber ini, kita harus lebih pandai dan bijak dalam menggunakan sosial media karena kita sendiri lah yang akan bertanggung jawab atas apa pun yang kita unggah dan bagikan di media sosial.




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Logan Paul, Ria Ricis, dan Deretan YouTuber yang Pernah Menuai Kontroversi. Hati-Hati Kebablasan!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Tasha Pribadi | @tashapribadi

Silahkan login untuk memberi komentar