Mahasiswa Baru, Inilah 5 Alasan Kamu Perlu Jadi Aktivis Kampus. Selamat Datang di Dunia Perkuliahan!

Photo Credit : umich

Mahasiswa Baru, Inilah 5 Alasan Kamu Perlu Jadi Aktivis Kampus. Selamat Datang di Dunia Perkuliahan!

428
Tidak dipungkiri lagi bahwa menjadi aktivis kampus dengan mengikuti banyak kegiatan kemahasiswaan maupun ormawa akan membuat kita bertemu dengan banyak orang.

Tahun ajaran baru di dunia perkuliahan akan segera dimulai. Berbagai persiapan pun dilakukan oleh mahasiswa tingkat atas yang akan menempuh semester baru atau bahkan skripsi, maupun mahasiswa baru yang akan menjalani dunia perkuliahan. Buat kamu, mahasiswa baru, pasti membayangkan betapa menyenangkannya menjadi mahasiswa. Belum lagi jika melihat sederet daftar mata kuliah, kegiatan kemahasiswaan, dan organisasi mahasiswa (ormawa) di kampusmu. Buat Sahabat Trivia yang terbiasa mengikuti banyak kegiatan sejak zaman sekolah, hal ini tentu tidak masalah. Tapi, bagi kamu yang tidak terbiasa dengan hal itu, pasti akan bertanya-tanya apa sih manfaatnya mengikuti kegiatan kemahasiswaan atau bergabung dengan ormawa yang bisa mengurangi waktu belajar kita?

Selagi tahun ajaran baru belum dimulai, simak dulu 5 alasan mengapa kamu perlu menjadi aktivis kampus!


1. Menambah relasi

Tidak dipungkiri lagi bahwa menjadi aktivis kampus dengan mengikuti banyak kegiatan kemahasiswaan maupun ormawa akan membuat kita bertemu dengan banyak orang. Tidak hanya mahasiswa yang berada di satu jurusan denganmu, kamu juga bisa bertemu dan berkenalan dengan mahasiswa satu fakultas, satu universitas, maupun antar universitas. Bahkan, Sahabat Trivia juga berkesempatan untuk bertemu orang-orang hebat yang biasanya hanya kita lihat di televisi jika ada acara-acara berskala nasional. Jaringan pertemanan yang luas akan menguntungkanmu, tidak hanya saat kuliah namun juga saat di dunia kerja nanti, Sahabat Trivia!

Photo Credit : Shutterstock


2. Dikenal dosen

Karena banyaknya mahasiswa yang dikampus, sering kali dosen hanya mengingat dua tipe mahasiswa, yaitu mahasiswa yang dianggap memiliki catatan positif seperti hasil belajarnya di atas rata-rata atau yang aktif dalam kegiatan kemahasiswaan, serta mahasiswa yang memiliki catatan negatif seperti sering telat dan tidak mengumpulkan tugas. Kamu pasti tidak mau dong kalau dikenal karena catatan perilaku yang negatif? So, dengan menjadi aktivis kampus, kamu bisa dikenal dosen bahkan tidak jarang menjadi akrab dengan beliau dan memudahkan kita jika membutuhkan bantuan beliau dalam proses menimba ilmu pengetahuan.

Photo Credit : wisegeek


3. Mengasah soft skill

Bergabung dengan ormawa atau menjadi panitia dalam kegiatan kemahasiswaan akan membuatmu mendapatkan banyak hal yang tidak kamu dapatkan di ruang kelas, seperti tanggung jawab, kerja sama, rasa percaya diri, dan berpikir kreatif untuk memecahkan masalah. Berbagai soft skill yang kamu dapatkan tersebut akan berguna saat menghadapi persaingan di dunia kerja dan di masyarakat kelak, Sahabat Trivia!

Photo Credit : umich


4. Belajar mengatur waktu

Takut tidak bisa membagi waktu jika terlibat dalam kegiatan kemahasiswaan atau menjadi pengurus ormawa? Tidak usah takut, Sahabat Trivia, justru itulah tantangannya! Dengan semakin padatnya jadwal, maka kita akan berpikir bagaimana caranya agar bisa membagi waktu kita sebaik-baiknya. Pertama-tama memang memanajemen waktu bukanlah hal yang mudah, apalagi jika harus memprioritaskan salah satu di antaranya. Jika kita semakin terlatih untuk memanajemen waktu, maka di dunia kerja nanti kita tidak akan kebingungan jika menghadapi hal serupa.

Photo Credit : theselfemployed


5. Menambah daftar pengalaman di curriculum vitae

Masih ada satu lagi nih manfaat yang bisa kamu peroleh terutama berkaitan dengan dunia kerja! Pengalaman ikut kepanitiaan dalam kegiatan kemahasiswaan atau mengikuti ormawa bisa menambah daftar pengalaman organisasi kita di curriculum vitae saat melamar pekerjaan nanti. Perusahaan-perusahaan besar biasanya akan lebih memilih calon pegawai yang telah mempunyai segudang pengalaman organisasi karena dianggap lebih siap bersaing di dunia kerja.

Photo Credit : Flipboard

BACA JUGA


Kampus Ini Ajarakan Mahasiswanya Menjadi Selebriti Media Sosial Loh. Minat Jadi Influencer atau Selebgram? Bisa Kuliah di Sini Nih!

Kampus Ini Ajarakan Mahasiswanya Menjadi Selebriti Media Sosial Loh. Minat Jadi Influencer atau Selebgram? Bisa Kuliah di Sini Nih!

Kamu yang bercita-cita menjadi selebriti, kampus ini mengajarkan mahasiswanya biar bisa jadi seleb di media sosial loh. Lah, kampus mana ya ...

Read more..

Tuh, ternyata banyak sekali manfaat menjadi aktivis kampus baik saat masih menjadi mahasiswa maupun dalam menghadapi persaingan di dunia kerja ya, Sahabat Trivia! Jadi, kira-kira kamu sudah menentukan kegiatan kemahasiswaan dan ormawa apa yang akan diikuti belum, Sahabat Trivia?





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mahasiswa Baru, Inilah 5 Alasan Kamu Perlu Jadi Aktivis Kampus. Selamat Datang di Dunia Perkuliahan!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dini Ardianty | @diniardianty

A bibliophile, full time writer, Indonesian language teacher, and vegetarian

Silahkan login untuk memberi komentar