Main ke Bandung? Para Pencinta Buku, Inilah 4 Tempat yang Bisa Jadi Surga Duniamu!

photo credit: Whiteboardjournal

Main ke Bandung? Para Pencinta Buku, Inilah 4 Tempat yang Bisa Jadi Surga Duniamu!

1.7K
Gerakan literasi di Bandung ternyata sudah mulai semarak. Hal tersebut bisa dilihat dari kegiatan berbagai macam komunitas mereka.

Bandung bukan melulu kota yang identik sebagai kota belanja atau kota gadis jelita. Bandung menyimpan banyak pesona lain ketimbang itu semua. Kini, perlahan-lahan Bandung telah menjelma kembali menjadi kota kembang, yang ditandai dengan hadirnya kembali taman-taman di beberapa wilayahnya. Bandung berusaha kembali menjadi kota rupawan yang layak dikunjungi siapa saja. Selain itu, tempat-tempat wisata juga kian menjamur, dari wisata kuliner hingga wisata alam. Namun, ada satu wisata yang luput dari perhatian, yaitu wisata literasi.

Pada tahun 2017, Ridwan Kamil mencanangkan Bandung sebagai kota buku. Ridwan Kamil berharap nantinya di setiap kelurahan berdiri satu perpustakaan. Tentu, hal ini bukan tanpa alasan, sebab Bandung pada mulanya memang kota para pecinta buku. Gerakan literasi di Bandung ternyata sudah mulai semarak. Hal tersebut bisa dilihat dari kegiatan berbagai macam komunitas mereka. Maka, jika kamu sedang pelesiran ke Bandung, kamu juga perlu mampir ke tempat-tempat yang menawarkan wisata literasi untuk para pecinta buku!


1. Kineruku

photo credit: white journal

Kineruku adalah sebuah rumah buku yang terletak di Jalan Hegarmanah 52 Cidadap, Kota Bandung. Ketika kamu memasuki Kineruku untuk pertama kalinya, kamu akan berpikir bahwa Kineruku bukanlah rumah buku biasa. Sebab, selain menyediakan buku untuk dipinjam dan beberapa buku yang dijual, Kineruku juga menjual kaset CD musisi indie. Kesan unik ini semakin kental ketika kamu melihat dekorasi ruangan yang nyaman dan botol-botol limun antik di meja. Biasanya, pengunjung Kineruku bukan hanya para pecinta buku, tapi juga para remaja hipster Bandung yang mencari tempat pakansi alternatif. Di Kineruku, kamu tak hanya bisa membaca, tetapi juga kongkow ditemani dengan makanan dan minuman yang bisa dipesan. Jika kamu datang ke Bandung, kamu wajib mengunjungi rumah buku unik ini. Siapa tahu, kamu juga bertemu dengan tambatan hati. Sekadar informasi, duo folk Banda Neira pernah syuting video clip di sini.


2. Batu Api

photo credit: petualang remblong

Batu Api adalah sebuah perpustakaan yang dibangun oleh sepasang suami-istri pecinta buku, Anton dan Arum. Batu Api terletak di Jalan Jatinangor 142 A Desa Cikeruh, Kabupaten Sumedang. Jaraknya sekitar satu kilometer dari kampus Universitas Padjajaran. Tidak seperti Kineruku yang menjual buku dan kaset musisi indie, Batu Api hanya menyediakan penyewaan buku. Tapi, selain buku, Kang Anton juga melayani jasa copy film dan musik. Kamu cukup membawa flashdisk saja untuk meng-copy. Namun yang paling menarik dari Batu Api adalah pemiliknya, Kang Anton. Karena wawasan Beliau tentang buku, musik dan film sangatlah luas, kamu tidak akan bosan jika mengobrol dengannya dan menyerap semua pengetahuannya. Oh ya, Kang Anton ini juga pernah diundang dalam perhelatan Frankfurt Bookfair karena kecintaan Beliau kepada buku.


3. Omunium

phto credit:: omunium

Jika kamu adalah pembaca buku sekaligus pecinta musik indie, kamu wajib berkunjung ke Omunium, sebuah tempat asyik yang menyediakan dua hal itu dalam satu paket. Omunium terletak di Jalan Ciumbeluit 51, Cidadap, tepat berada di depan Kampus Universitas Parahyangan Bandung. Tempat ini pada mulanya adalah distro yang menjual baju, kaset, dan segala macam pernak-pernik dari band-band Indie. Tetapi, dalam perkembangannya, Omunium juga menjual buku-buku ber-genre sastra. Omunium hanya menjual buku, tidak menyediakan buku sewaan seperti Kineruku dan Batu Api. Selain itu, Omunium juga sering dijadikan tempat untuk launching album band-band indie lokal. Maka, sayang sekali jika kamu melewatkan tempat yang satu ini.


4. Tobucil

photo credit: infobdg

Toko buku kecil, begitulah konon awal mula namanya. Tobucil adalah toko buku komunitas yang menyediakan buku dan beberapa barang kerajinan dari para anggotanya. Selain toko buku, Tobucil sebenarnya adalah ruang kreatif yang menyediakan kelas-kelas pelatihan dari kelas merajut sampai kelas filsafat. Nantinya, hasil karya para peserta akan dipamerkan serta dijual di sana. Kamu bisa mengunjungi Tobucil di Jalan Panaitan 18 Bandung.

BACA JUGA


11 Perpustakaan dan Toko Buku Unik di Indonesia ini akan Membuatmu Semakin Betah Membaca

11 Perpustakaan dan Toko Buku Unik di Indonesia ini akan Membuatmu Semakin Betah Membaca

Kalau kamu senang membaca, perpustakaan dan toko buku adalah dua tempat yang membuatmu betah berlama-lama. Melihat teman-temanmu yang bisa ...

Read more..

Berikut tadi adalah 4 tempat di Bandung yang wajib dikunjungi oleh kamu para penggemar buku. Ternyata, berwisata tak harus ke tempat-tempat penyedia wahana permainan atau pemanadangan alam ya, Sahabat Trivia!





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Main ke Bandung? Para Pencinta Buku, Inilah 4 Tempat yang Bisa Jadi Surga Duniamu!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rakhmad Permana | @rahmadmercy

Domisili di Subang. Kegiatan sehari-harinya adalah bermain dengan ikan-ikan di kolam milik kakeknya.

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week