Makanan Ini Justru Bikin Lemes Kalau Dimakan Saat Puasa. Yuk, Perhatikan Asupan Gizimu!

photo credit: Reader's Digest

Makanan Ini Justru Bikin Lemes Kalau Dimakan Saat Puasa. Yuk, Perhatikan Asupan Gizimu!

1.3K
Saat kita mengonsumsi makanan-makanan tersebut, yang ada malah membuat kita merasa berat saat menjalani puasa.

Mengonsumsi bahan makanan yang tepat saat berpuasa, menjadi salah satu kunci agar ibadahmu tetap lancar. Asupan makan dan minuman yang masuk selama puasa pun harus diperhatikan, Sahabat Trivia. Manfaat dari puasa itu sendiri pun tidak akan maksimal kalau kamu tidak perduli dengan apa yang dimakan. Ternyata ada lho beberapa jenis makanan yang baiknya kamu hindari saat puasa karena justru itu akan membuatmu merasa lemas. Saat kita mengonsumsi makanan-makanan tersebut yang ada malah membuat kita merasa berat saat menjalani puasa. Badan jadi lemas, cepat haus, dan lapar, sehingga aktivitas kita pun terganggu. Nah, penting banget kan untuk memilih makanan yang tepat agar puasamu tetap kuat sampai maghrib. Agar tidak salah pilih, makanan berikut ini adalah jenis makanan dan minuman yang harus kamu hindari saat puasa, Sahabat Trivia.


Makanan yang mengandung lemak tinggi

photo credit: Reader's Digest

Salah satu yang memiliki lemak yang tinggi adalah makanan cepat saji. Jenis yang satu ini memang sangat praktis untuk dikonsumsi, tapi sebenarnya kurang baik lho untuk tubuh kita, Sahabat Trivia. Makanan cepat saji sendiri sebenarnya tidak hanya tidak baik dikonsumsi pada saat berpuasa, hari-hari biasa pun harusnya makanan jenis ini sudah harus bisa kurangi. Ayo, mulai hidup sehat dengan perlahan-lahan tidak memakan makanan cepat saji dan lebih baik menggantinya dengan makan sayuran dan buah yang rutin.


Makanan yang terlalu manis

photo credit: fedisbakery

Makanan seperti kue, soda, permen adalah makanan yang harus kamu hindari juga, Sahabat Trivia sebab makanan yang terlalu manis akan meningkatkan asam dalam tubuhmu. Sebaiknya, konsumsi saja kurma yang memiliki kandungan lengkap yaitu, sukrosa, glukosa, dan fruktosa. Makanan dengan gula yang tinggi akan meningkatkan asam dalam tubuh, kalau bisa konsumsi saja buah-buahan untuk mendapatkan kandungan gula yang alami.


Hindari gorengan

photo credit: MajalahKesehatan

Pada saat berbuka, sebaiknya kamu menghindari untuk langsung makan gorengan. Wah, padahal ini enak banget ya! Ternyata makanan yang digoreng itu membuat sistem pencernaan tubuh kita jadi berat. Akibatnya tubuh kita cepat lelah.


Makanan rendah serat

photo credit: Alodokter

Kamu juga sebaiknya harus memilih-milih jenis sayuran yang memiliki serat tinggi karena ada juga lho sayuran yang rendah serat. Contohnya adalah tomat, timun, jamur kuping, labu air, dan lobak.


Makanan yang terlalu pedas

photo credit: Alodokter

Menu makanan yang satu ini buat selera makan kita semakin menggiurkan. Apalagi kalau orang Indonesia, kurang nikmat rasanya kalau makan tanpa makanan pedas. Nah, untuk bulan puasa ini sebaiknya kamu mulai menguranginya karena bisa membuat kamu mulas-mulas, diakibatkan karena gesekan pada lapisan lambung yang membuat rapuh dan mudah luka.


Minuman mengandung kafein

photo credit: Merdeka

Teh dan kopi adalah salah satu jenis minuman yang kurang baik dan harus kamu hindari. Apalagi kalau kamu mengonsumsi ini saat sahur, badanmu akan cenderung merespon cepat lapar dan haus. Kenapa demikian? Jadi, minuman yang mengandung kafein ini sifatnya diuretik yang merangsang tubuh kehilangan air lebih cepat. Minum teh manis saat buka dan sahur malahan akan membuat badanmu jadi lemas.

BACA JUGA


Ada baiknya kamu mulai cari tahu juga makanan-makanan bergizi yang baik untuk dikonsumsi saat puasa. Hal ini dilakukan agar asupan gizimu tetap terkontrol. Jadi, puasamu pun lancar sebulan penuh.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Makanan Ini Justru Bikin Lemes Kalau Dimakan Saat Puasa. Yuk, Perhatikan Asupan Gizimu!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Qiqi NurIndahSari | @qiqinurindahsari

Hi,Q! www.qiqinurindahsari.com

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week