Makanan Khas Jogja Ini Harus Kamu Coba. Mulai Dari Bakso Krikil dan Ragam Kuliner Lainnya

photo credit: Toko Mesin Maksindo

Makanan Khas Jogja Ini Harus Kamu Coba. Mulai Dari Bakso Krikil dan Ragam Kuliner Lainnya

3.9K
Belum afdol rasanya kalau main ke Jogja, tapi tidak mencoba kulinernya. Berikut ini Trivia kasih listnya untuk kamu makanan-makanan yang harus kamu coba.

Kamu pasti setuju dong kalau Jogja adalah kota yang sangat istimewa. Bisa dibilang di sana adalah surga bagi para travelers karena menyimpan banyak keistimewaan yang tidak terdapat pada kota lain. Mulai dari warganya yang ramah tamah, suasana yang damai, dan alam yang masih asri. Tidak hanya itu nih, Sahabat Trivia. Jangan sampai lupa kalau Jogja juga terkenal dengan kulinernya yang bikin kamu selalu rindu datang ke kota ini. Apalagi sekarang banyak juga kuliner yang unik-unik dan belum tentu kamu temukan di kota lain. Belum afdol rasanya kalau main ke Jogja tapi tidak mencoba kulinernya. Berikut ini Trivia kasih listnya untuk kamu makanan-makanan yang harus kamu coba. Yuk kita lihat!


1. Kopi Joss

photo credit: Sudrajat Illusionist

Hidangan pertama kita buka dengan kopi yang cukup ekstrem dalam pembuatannya. Kopi yang banyak dijual sekitar jalan Malioboro ini menjadi favorit wisatawan yang ingin menikmati kota Jogja dalam suasana lebih istimewa. Kopi ini terbuat seperti kopi pada umumnya, tapi daya tarik kopi ini adalah dari cara pembuatannya yaitu dengan dijos atau dicelup dengan arang yang masih membara. Berani coba?


2. Kopi Klotok

photo credit: bayuwinata

Kopi ini pembuatannya dengan cara dimasak dalam panci tanpa air, kemudian apabila sudah tercium bau gosong kopi tersebut disiram oleh air. Kenapa disebut dengan kopi klotok? Karena terdapat proses pengelupasan kopi yang gosong dalam panci tadi, proses itu disebut oleh orang Jawa dengan istilah 'nglotok' atau 'klotok'. Tempat favorit menyeduh kopi ini yaitu di daerah Pakem. Warung kopi di sini menyajikan suasana desa yang benar-benar asri. Kamu juga dapat melihat penampakan Gunung Merapi dengan jelas di saat cuaca cerah tentunya.


3. Bakso Krikil

photo credit: Toko Mesin Maksindo

Dirintis oleh Bakso Krikil Pak Supri yang terletak di Jalan Godean, Gamping, Sleman DIY. Keunikan sudah terpampang dari nama bakso tersebut. Berasal dari kata 'krikil' yang berarti batu kerikil. Isi hidangan bakso ini tak jauh berbeda dengan bakso pada umumnya. Akan tetapi, kalian akan melihat puluhan kerikil-kerikil bakso yang ada dalam satu mangkuk dan satu bakso berukuran cukup besar di tengahnya. Konon katanya, bakso ini selain mempunyai keunikan tersebut juga rasanya lezat dan harganya yang murah.


4. Tengkleng Gajah

photo credit: jogjarove

Dari namanya saja sudah kelihatan kan bahwa tengkleng di sini beda dengan tengkleng pada umumnya. Eits, tapi jangan salah. Walaupun namanya mengandung unsur gajah, tapi tengklengnya tetap daging dan tulang belulang kambing kok. Keunikannya yaitu ukurannya yang lebih besar daripada tengkleng pada umumnya saking besarnya tengkleng ini dijuluki tengkleng gajah.


5. Jadah Tempe Kaliurang

photo credit: kooliner

Apabila kamu pergi ke salah satu dataran tinggi di Jogja yaitu Kaliurang, kamu akan menemui makanan khas yang bernama jadah dan tempe bacem. Jadah adalah ketan yang dikukus dan dicampuri sedikit parutan kelapa, lalu ditunggu beberapa jam sehingga menjadi padat. Makanan ini sangat murah dan bisa banyak kalian temui di area wisata Tlogo Putri, Kaliurang.


6. Wedang Tahu

Minuman seharga 6 ribu rupiah yang penuh khasiat, namun juga sangat lezat ini terbuat dari kembang tahu yang menyerupai susu kedelai. Kemudian kembang tahu tersebut disajikan dengan wedang jahe. Sehingga minuman ini sangat cocok kita nikmati ketika bermalam di Jogja.


7. Gudeg Pawon

photo credit: kuliner bangsakoe

Wisata kuliner tengah malam ini buka dari sekitar pukul 22.00 WIB. Walaupun lokasinya tidak strategis, akan tetapi orang yang ingin menikmati gudeg tersebut rela mengantri demi menikmati hidangannya. Keunikannya terletak pada sensasi menunggu antriannya yang sangat luar biasa panjang. Ada juga yang rela mengantri beberapa jam sebelum warung ini buka. Semua rasa lelah kita akan terbayar. Sembari mengantri, kita dapat melihat 'pawon' atau dapur yang digunakan untuk memasak gudeg tersebut dan juga tentunya gudeg yang rasanya sangat lezat.

BACA JUGA


Kafe-Kafe Buku Di Jogja Ini, Selain Asyik Buat Baca dan Nongkrong, Juga Sumber Inspirasi!  Sudah Pernah Coba?

Kafe-Kafe Buku Di Jogja Ini, Selain Asyik Buat Baca dan Nongkrong, Juga Sumber Inspirasi! Sudah Pernah Coba?

Kafe buku menawarkan dua kenyamanan sekaligus yaitu ngopi dan baca buku. Keduanya mampu mendatangkan inspirasi

Read more..

Kalau kamu sedang mampir ke Jogja, jangan lupa mampir dan mencoba makanan-makanan yang sudah disebutkan di atas yah, Sahabat Trivia! Kamu punya nggak rekomendasi kuliner khas Jogja yang patut untuk dicoba? Bagi-bagi dong di kolom komentar!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Makanan Khas Jogja Ini Harus Kamu Coba. Mulai Dari Bakso Krikil dan Ragam Kuliner Lainnya". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Zaky Faz | @zakyfaz

Silahkan login untuk memberi komentar