Makhluk Menyeramkan dari Dunia Sihir Harry Potter yang Bikin Bulu Kuduk Merinding. Yakin Kamu Berani Ketemu Mereka di Dunia Nyata?

Image source: Pottermore

Makhluk Menyeramkan dari Dunia Sihir Harry Potter yang Bikin Bulu Kuduk Merinding. Yakin Kamu Berani Ketemu Mereka di Dunia Nyata?

321
Rasa ngeri yang ditimbulkan makhluk-makhluk sihir ini serupa dengan rasa ngeri bertemu hantu atau makhluk jadi-jadian yang lain.

Serial fiksi fantasi Harry Potter si penyihir cilik garapan J.K. Rowling menyajikan berbagai pernak-pernik sihir yang cukup kompleks, mulai dari segi pelajaran yang ia dapatkan di sekolah sihir sampai makhluk-makhluk sihir yang super ajaib. Terkait makhluk ajaib yang berasal dari dunia sihir, tak ketinggalan pula yang penampakannya menakutkan ala monster atau hewan buas yang siap memburu manusia hidup-hidup. Rasa ngeri yang ditimbulkan makhluk-makhluk sihir ini serupa dengan rasa ngeri bertemu hantu atau makhluk jadi-jadian yang lain.

1. Dementor

Image source: Pottermore

Seperti kata Ron Weasley, kehadiran dementor seakan mencabut kebahagiaan dalam diri. Hal itu karena kenangan indah manusia adalah makanan empuk bagi makhluk berjubah yang berjalan dengan cara melayang ini. Siksaan level akhir dari makhluk setinggi manusia dewasa ini dikenal dengan kecupan dementor, yaitu ketika mereka mengambil jiwa manusia sehingga menyisakan raga yang kosong akan memori sampai bikin gila. Oleh karena kengeriannya, mereka ditempatkan di penjara Azkaban sehingga para kriminal sihir tidak berhasil kabur.


2. Werewolf

Image source: Pottermore

Profesor Lupin yang mengajar di Hogwarts di tahun ketiga Harry Potter termasuk dalam jenis makhluk ini, yaitu sejenis siluman yang akan berubah menjadi serigala ganas pada malam bulan purnama. Namun pada hari-hari biasa, ia tampak seperti manusia biasa. Saat menjadi manusia serigala, ia tidak ingat apapun tentang kehidupan normalnya. Nah, ramuan olahan Snape dikenal mampu mengurangi keganasannya.


3. Acromantula

Image source: Pottermore

Kalau kamu takut pada laba-laba biasa, acromantula bisa meningkatkan ketakutan tersebut hingga dua kali lipat. Acromantula merupakan laba-laba berbulu berukuran luar biasa besar, memiliki kecerdasan mendekati kecerdasan manusia, dan memiliki capit yang siap merobek daging manusia. Harry Potter pertama kali bertemu acromantula bernama Aragog di hutan terlarang, pada tahun keduanya di Hogwarts.


4. Basilisk

Image source: Pottermore

Ular raksasa ini meneror warga sekolah Hogwarts di tahun kedua Harry Potter dan hanya keturunan Slytherin asli yang mampu mengendalikannya. Sekali melihat bola matanya yang besar, orang maupun hewan bisa mati seketika. Basilisk inilah yang menyebabkan kematian Moaning Myrtle si hantu penghuni toilet perempuan.


5. Naga

Image source: Pottermore

Naga selalu terdapat dalam mitos-mitos yang berkembang di Asia dan Eropa. Hampir tidak ada perbedaan tentang bentuk dan kekuatannya, naga di dunia sihir Harry Potter juga berukuran raksasa, terbang seperti burung, serta mampu menyemburkan api dari mulutnya. Meskipun Harry Potter pernah berhadapan dengan maut saat berkejaran dengan naga pada kejuaraan sihir Triwizard, namun pada seri terakhirnya naga menjadi penolongnya ketika ia, Ron, dan Hermione menjadi buronan kementerian sihir. Seekor naga meloloskan ketiganya yang terjebak di ruang dasar Bank Gringgott.


6. Merpeople

Image source: Pottermore

Merpeople merupakan ikan setengah manusia yang tinggal di danau hitam. Mereka memiliki kulit kelabu, rambut kehijauan, serta mata dan gigi kuning. Perangainya cenderung menyukai perang sehingga siapa saja yang melanggar aturan bawah air bisa mati di tangan mereka.


7. Inferi

Image source: Pottermore

Inferi adalah mayat yang dihidupkan kembali dengan sihir hitam. Harry Potter bertemu makhluk ini di tahun keenamnya, ketika ia menemani Profesor Dumbledore masuk ke ceruk gua di tengah laut untuk berburu horcrux, potongan jiwa Lord Voldemort. Horcrux tersebut dijaga oleh inferi yang siap membunuh tanpa pandang bulu.


8. Anjing berkepala tiga

Image source: Pottermore

Sesuai namanya anjing ini memiliki tiga kepala. Harry Potter bertemu anjing berkepala tiga bernama Fluffy pada tahun pertamanya di Hogwarts. Fluffy bertindak sebagai penjaga pintu ruang bawah tanah yang di dalamnya tersimpan batu bertuah.

BACA JUGA


Harry Potter dan Segudang Fakta-Fakta yang Bakal Bikin Terkejut. Nomor 10 Tidak Akan Kamu Sangka!

Harry Potter dan Segudang Fakta-Fakta yang Bakal Bikin Terkejut. Nomor 10 Tidak Akan Kamu Sangka!

Meski film Harry Potter sudah tidak diproduksi, namun film ini akan selalu memberi kesan yang menyenangkan di hati penggemarnya. Mengaku ...

Read more..

Kalau saja makhluk-makhluk ini benar-benar nyata, kira-kira kamu berani sama mereka nggak, nih, Sahabat Trivia? Atau masih jauh lebih menyeramkan hantu lokal?




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Makhluk Menyeramkan dari Dunia Sihir Harry Potter yang Bikin Bulu Kuduk Merinding. Yakin Kamu Berani Ketemu Mereka di Dunia Nyata?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Henny Alifah | @hennyalifah

Writer and knitter based in Ngawi, East Java

Silahkan login untuk memberi komentar