Mandi Air Hangat Ketika Pagi? Stop, Inilah Alasan Mengapa Kita Harus Berhenti Melakukannya Mulai Sekarang

photo credit: huffingtonpost

Mandi Air Hangat Ketika Pagi? Stop, Inilah Alasan Mengapa Kita Harus Berhenti Melakukannya Mulai Sekarang

871
Mandi air hangat memang membuat rileks sih, tapi perlu kamu tahu juga lho Sahabat Trivia, kalau ternyata kurang baik mandi dengan air hangat di pagi hari.

Mandi dengan air hangat memang membuat kita lebih nyaman, apalagi di pagi hari yang terasa dingin. Respon tubuh ingin selalu dimanjakan oleh air hangat yang membuat tubuh lebih terasa tenang. Berbeda, apabila kta mandi dengan air dingin dipagi hari yang kadang membuat kita menggigil kedinginan. Mandi air hangat memang membuat rileks sih, tapi perlu kamu tahu juga lho Sahabat Trivia, kalau ternyata kurang baik mandi dengan air hangat di pagi hari. Wah, kenapa ya? Kamu yang keseringan, kayaknya mulai sekarang sudah harus menguranginya nih. Biar lebih tahu lagi, berikut ini adalah alasan-alasan mengapa mandi air hangat di pagi tidak baik untuk kesehatan kamu. Yuk, simak!

1. Membuat kulit kering

photo credit: Skin

Epidermis adalah sel terbesar yang ada pada lapisan kulit. Sel dan lapisan tersebut dapat rusak karena terkena panas berlebih ketika kita mandi. Hal tersebut juga dapat menyebabkan kulit dehidrasi, kemudian berakibat kering dan kasar sehingga terlihat tidak sehat. Nah, jadi kalau tidak mau kulitmu jadi semakin kering, jangan sering-sering mandi dengan air hangat ya, Sahabat Trivia.


2. Menghilangkan bakteri baik pada kulit

photo credit: MauSehat

Bakteri baik yang menempel pada lapisan kulit dapat membuat imunitas kita lebih terjaga, sehingga tubuh kita tidak rentan terkena penyakit. Lain cerita, apabila sel tersebut sering disiram oleh air hangat, bakteri baik tersebut akan hilang. Wah, nggak mau penjaga yang baik hilang dari tubuh kita, Sahabat Trivia?


3. Dapat menurunkan kualitas sperma

Untuk laki-laki, harus hati-hati juga kalau sering menggunakan air hangat untuk mandi. Hal tersebut dapat berakibat kurang baik pada fertilitas kalian. Menurut penelitian, sperma pada suhu dingin lebih baik kondisinya dibandingkan dengan sperma yang berada dalam suhu panas.


4. Membuat rambutmu kering dan kusam

photo credit: livestrong
1

Kamu tahu tentang keratin? Sel yang dapat melindungi rambutmu dari kerusakan, dan melindungi kutikula rambut agar tetap sehat. Tapi tahukah kamu, bahwa air hangat dapat merusak sel tersebut? Sehingga rambut akan terasa kering dan tidak sehat.


5. Sakit Kepala

photo credit: womentowomen
1

Tahukah nggak sih Sahabat Trivia, kalau perubahan suhu air bisa memicu masalah aliran darah dari tubuh ke otak. Nah, perubahan aliran darah inilah yang bisa memicu sakit kepala secara tiba-tiba. Wah, jadi kamu harus tetap berhati-hati ya dan sebaiknya jangan gunakan suhu panas yang terlalu tinggi karena bisa memicu risiko yang kurang baik untuk kesehatan.

BACA JUGA


Gagal Ginjal Bisa Terjadi Pada Kamu yang  Berusia 20-an Tahun Loh! Terapkan 3 Kebiasaan Penting Ini untuk Mencegahnya Sejak Dini!

Gagal Ginjal Bisa Terjadi Pada Kamu yang Berusia 20-an Tahun Loh! Terapkan 3 Kebiasaan Penting Ini untuk Mencegahnya Sejak Dini!

Kamu yang masih berusia 20-an tahun pun memiliki kemungkinan untuk mengalami gagal ginjal loh

Read more..

Nah, setelah tahu ternyata salah satu kebiasaan yang sering kamu lakukan memiliki dampak yang kurang baik untuk kesehatan, Sahabat Trivia jadi lebih bisa memulai hidup sehat dan kalau bisa hindari atau minimal kurangi kebiasaan mandi dengan air hangat. Ingat ya, mencegah lebih baik daripada mengobati lho!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mandi Air Hangat Ketika Pagi? Stop, Inilah Alasan Mengapa Kita Harus Berhenti Melakukannya Mulai Sekarang". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Zaky Faz | @zakyfaz

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week