Marak Akun Medsos 'Sakit' yang Ambil Foto Secara Candid. Lakukan 5 Hal Ini  Agar Tak Jadi Korbannya!

photo credit: theepochtimes

Marak Akun Medsos 'Sakit' yang Ambil Foto Secara Candid. Lakukan 5 Hal Ini Agar Tak Jadi Korbannya!

6.3K
Di luar sana ada sekelompok predator seksual yang gemar mengambil foto-foto tanpa izin, lalu mengunggah itu ke media sosial. Duh, ngeri banget yah!

Para kaum perempuan memang sangat rentan sekali menerima perilaku yang kurang menyenangkan, seperti misalnya kasus pelecehan seksual atau perampokan. Transportasi umum seperti menjadi tempat yang juga kurang nyaman bagi perempuan, seperti yang kita tahu kalau seringkali terjadi perampokan atau pelecehan seksual saat sedang di angkot, KRL, atau bis kota. Duh, pastinya bikin kamu yang perempuan harus selalu waspada dan berhati-hati, Sahabat Trivia. Nah, belum selesai masalah tersebut, perempuan kembali dihadapkan kepada masalah baru. Kenyataannya, di luar sana ada sekelompok predator seksual yang gemar mengambil foto-foto tanpa izin, lalu mengunggah itu ke media sosial. Duh, ngeri banget nggak sih?

Jadi, foto-foto yang diambil tanpa izin ke media sosial ini, tujuannya adalah untuk memuaskan fantasi orang-orang yang 'sakit'. Pasti banyak dari kamu yang mungkin tidak habis pikir dengan apa yang mereka lakukan. Namun, inilah kenyataannya. Bahkan, di Twitter banyak sekali muncul akun-akun yang berisi foto candid perempuan-perempuan saat sedang di KRL, mengganti pakaian di kamar pas, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bahkan ada juga video-video yang di zoom ke bagian tubuh tertentu. Kejadian ini kembali mengingatkan agar kita selalu bisa waspada di mana saja. Berikut ini ada 5 tips yang bisa Sahabat Trivia lakukan agar bisa meminimalisir risiko hal-hal kurang baik, agar tidak terjadi kepadamu. Penting nih, dicatat!


Memakai masker penting juga lho!

photo credit: Anibee

Selain untuk melindungi wajah kita dari debu dan asap di jalanan, memakai masker juga bisa melindungi wajahmu dari sekelompok orang yang bermaksud tidak baik menggunakan foto-foto kita. Kalaupun mereka mengambil fotomu, setidaknya wajahmu tertutupi oleh masker.


Saat sedang mengganti baju di kamar pas, sebaiknya lihat-lihat apakah ada kamera atau benda mencurigakan

photo credit: Beritagar


Saat membeli baju agar kita tahu itu cocok atau tidak, pasti kamu harus ke kamar pas untuk mencobanya. Nah, pada saat mengganti baju inilah kamu harus lebih berhati-hati dan waspada. Lihat-lihat dulu di sekelilingmu, Sahabat Trivia. Cek apakah ada benda mencurigakan atau kamera yang mengintaimu. Sikap waspadamu, akan lebih membuat dirimu lebih mawas diri. Kalau kamu melihat ada sesuatu yang mengganjal baiknya langsung laporkan saja.


Memakai baju yang sopan

photo credit: alodita


Agar tidak menimbulkan perhatian yang berlebihan, coba deh saat kamu sedang bepergian ke tempat umum kenakan pakai yang sopan. Apalagi kalau sehari-hari kamu menggunakan transportasi umum, baiknya jangan memakai baju-baju yang mengundang perhatian.


Saat di transportasi umum agar lebih nyaman dan aman ikut ke gerbong cewek

photo credit: Tribun Timur


Nah, kalau kamu suka naik transportasi seperti KRL baiknya sih ikut ke gerombolan perempuan. Kalau naik angkutan umum dan lebih banyak laki-lakinya, lebih baik dihindari juga Sahabat Trivia.


Kalau melihat ada seseorang dengan gerak-gerik sedang foto atau memvideokan diri kita, langsung tegur saja

photo credit: Go Batam


Kalau kamu melihat ada orang-orang yang dengan jelas sengaja merekam atau foto dirimu, langsung saja tegur. Kalau hal seperti ini dibiarkan, akan membuat orang-orang di luar sana merasan aman-aman saja.

BACA JUGA


Bagaimana Jadinya Jika Internet dan Media Sosial Mengambil Alih Duniamu? Yakin Kamu Mau Begini Terus?

Bagaimana Jadinya Jika Internet dan Media Sosial Mengambil Alih Duniamu? Yakin Kamu Mau Begini Terus?

Meski sesungguhnya pengaruh media sosial begitu besar bagi kehidupan bermasyarakat di dunia maya saat ini, jangan sampai media sosial ...

Read more..

Semoga hal-hal yang seperti ini tidak menimpa kepada kamu ya, Sahabat Trivia. Ingat, kejahatan bisa terjadi di mana saja, jadi nggak ada salahnya kamu tetap waspada dengan lingkungan sekitar ya.




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Marak Akun Medsos 'Sakit' yang Ambil Foto Secara Candid. Lakukan 5 Hal Ini Agar Tak Jadi Korbannya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Qiqi NurIndahSari | @qiqinurindahsari

Hi,Q! www.qiqinurindahsari.com

Silahkan login untuk memberi komentar