Masih Ingat Senam Kesegaran Jasmani? Intip 7 Fakta Unik “SKJ” Yuk Sambil Nostalgia Bareng

Gambar: SMPN 3 Montong, Tuban, Jawa Timur - smpn3montong

Masih Ingat Senam Kesegaran Jasmani? Intip 7 Fakta Unik “SKJ” Yuk Sambil Nostalgia Bareng

1.5K
Pasti masih ingat dong bagaimana serunya tiap Jumat pagi. Kita harus pakai baju olahraga dan buru-buru ke lapangan untuk berbaris rapi. Radio dinyalakan dan satu dua tiga empat lima enam tujuh delapan!

Ayo siapa yang masih ingat Senam Kesegaran Jasmani “SKJ”? Bagi Sahabat Trivia yang bersekolah pada tahun 90-an, senam ini tentu sudah akrab di telinga. Tentu masih ingat dong bagaimana serunya tiap Jumat pagi kita harus pakai baju olahraga dan buru-buru ke lapangan untuk berbaris rapi. Radio dinyalakan dan satu dua tiga empat lima enam tujuh delapan! Ternyata banyak hal menarik di balik SKJ ini. Kita intip yuk!


1. Musiknya karya komponis ternama


Ternyata musik pengiringnya diaransemen oleh ahli musik lho. Ketika SKJ versi pertama muncul, musiknya disusun oleh Nortier Simanungkalit. Musikus ini jugalah yang menciptakan hymne SEA Games X 1979 dan Mars Pemilu 2004. Dalam versi 1996, musiknya digubah FX Sutopo yang merupakan pengajar ISI Yogyakarta. Pantas saja musiknya enak didengar dan bikin badan ingin bergoyang ya.


2. Oh, ternyata ini program pemerintah

Gambar: presidenri

SKJ ini rupanya adalah upaya pemerintah agar masyarakat tetap sehat. Pada 80-an, pemerintahan era Presiden Soeharto sedang giat dengan Gerakan Wajib Belajar 6 tahun, meningkatkan gizi keluarga, juga mengajak masyarakat gemar berolahraga. Bahkan SKJ ini diwajibkan di instansi pemerintah dan sekolah-sekolah negeri maupun swasta. Akhirnya sampai ke sekolah kita juga deh.


3. Inspirasi dari senam Jepang


Sebelum SKJ, pemerintah sempat memperkenalkan “Senam Pagi Indonesia” pada awal 70-an. SPI ini mengambil inspirasi dari senam Taisho Jepang lho. Tapi waktu itu banyak yang protes dan bilang bahwa gerakan SPI ini susah banget. Akhirnya pemerintah bikin SKJ yang gerakannya lebih sederhana. Mulai dari jalan di tempat dan gerak-gerak kepala.


4. Ada acaranya di TVRI


Saking seriusnya program ini, sampai-sampai ditayangkan di TVRI lho. Acaranya itu ya hanya senam di lapangan gitu selama belasan menit. Orang-orangnya ada puluhan dan berbaris rapi. Ada yang versi pelajar SD atau yang lebih besar. Emang waktu itu belum ada saluran TV lain sih ya. Jadi orang-orang pasti nonton.


5. Berty Tilarso pernah jadi pencipta SKJ

Gambar: bertytilarso

Siapa yang masih ingat Mbak Berty ini? Kayaknya dulu kalau sebut kata 'senam' pasti ingatnya nama dia. Selidik punya selidik, Mbak Berty ini pernah diminta oleh Menteri Pemuda dan Olahraga untuk menciptakan gerakan SKJ lho. Karya mbak Berty ini adalah SKJ 1992 dan 1994. Di samping SKJ, rupanya Mbak Berty sudah memproduksi 42 Album VCD/DVD kebugaran. Wow!


6. Ada kaset dan CD-nya lho!


Nah buat sahabat Trivia yang senang sekali dengan senam ini, ternyata kasetnya juga dijual lho. Zaman itu sih memang orang-orang masih pakai radio. Uniknya, di kasetnya ini sampai ada logo “Tut Wuri Handayani” lho. Makin ke sini, lagu-lagu ini tersedia dalam bentuk CD. Kalau sekarang sih sudah banyak lagunya dalam bentuk MP3 atau video di Youtube.


7. Wah, akan diramaikan lagi

Gambar: pixabay

Nama SKJ sekarang ini kan sudah nggak terlalu populer. Nah, ternyata pemerintah sekarang mau menggalakan senam ini lagi lho. Kementerian Pemuda dan Olahraga lagi merancang senam versi baru untuk SD, SMP, SMA, instansi pemerintah, dan perusahaan. Senamnya cuma 10 menit aja. Nanti kalau ramai lagi, Sahabat Trivia mau pada ikut lagi?

BACA JUGA


Lagu-Lagu Kenangan yang Membuat Hidupmu Lebih Menyenangkan. Pasti Senyum-Senyum Deh Kalau Dengerin Lagu-Lagu Ini Lagi

Lagu-Lagu Kenangan yang Membuat Hidupmu Lebih Menyenangkan. Pasti Senyum-Senyum Deh Kalau Dengerin Lagu-Lagu Ini Lagi

Musik adalah satu hal yang bisa membangkitkan kenangan. Membawa kita ke sebuah rasa yang menyenangkan ataupun sedih. 5 lagu kenangan ini ...

Read more..

Jadi, ditunggu yuk akan ada gebrakan apa dari senam SKJ ini.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Masih Ingat Senam Kesegaran Jasmani? Intip 7 Fakta Unik “SKJ” Yuk Sambil Nostalgia Bareng". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rio Tuasikal | @riotuasikal

Awards-nominated journalist by weekdays, gym newbie by weekend. Meet him personally @riotuasikal or riotuasikal.com

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week