Mau Nonton Film Kartini? Ketahui Dulu 5 Fakta Menarik di Balik Film Kartini Ini, Sahabat Trivia!

Photo credit: ShowBiz

Mau Nonton Film Kartini? Ketahui Dulu 5 Fakta Menarik di Balik Film Kartini Ini, Sahabat Trivia!

2.7K
Kartini merupakan pahlawan tanpa musuh yang jelas. Ia melawan keterpurukan yang menerpa kaum perempuan.

Pada zaman sekolah mungkin kita merayakan Hari Kartini dengan ikut karnaval sambil menggunakan baju kebaya atau baju tradisional Indonesia. Nah, menjelang Hari Kartini kali ini, sepertinya akan semakin seru jika kita kenang beliau dengan menonton film biopik karya Hanung Bramantyo yang berjudul Kartini ini nih, Sahabat Trivia. Film biopik garapan Hanung Bramantyo memang selalu memberi kesan yang nyata dan membuat kita terbawa dengan masa-masa dimana para tokohnya ini tumbuh. Bagaimana dengan film Kartini yang akan tayang pada bulan ini tepatnya 19 April nanti. Tapi, sebelum kamu menontonnya akan lebih seru kalau kamu tahu fakta-fakta menarik di balik film biopik yang satu ini yuk, Sahabat Trivia.


Kartini merupakan pahlawan tanpa musuh yang jelas. Ia melawan keterpurukan yang menerpa kaum perempuan

Photo credit: IndonesiaShowbiz

Nyatanya yang menjadi musuh dari Kartini sendiri tidak jelas. Bukan manusia, bukan juga makhluk hidup lainya, yang menjadi musuh utamanya adalah melawan kebodohan yang pada zamannya itu sangat nyata terhadap perempuan.


Dialek yang digunakan di film ini sempat membuat Hanung galau

Photo credit: Celeb Indonesia


Awalnya Hanung ragu ingin menggunakan bahasa Jawa atau bahasa Belanda, Namun akhirnya ia menggunakan kedua bahasa tersebut sesuai dengan kebutuhan. Menurut Hanung ia ingin film ini seperti film Lincoln. Yang jelas, film ini ingin mengedepankan bagaimana perjuangan sosok Kartini dalam melawan kebodohan pada zamannya.


Dian Sastro mengaku seperti sedang membuat skripsi saat riset tentang karakter Kartini

Photo credit: Instagram therealdisastr


Dalam mendalami perannya sebagai Kartini, Dian Sastro membaca banyak literatur yang berhubungan dengan sosok Kartini. Salah satu buku yang menceritakan tentang Kartini adalah buku karya Armjin Pane yang berjudul, Habis Gelap Terbitlah Terang. Dan Dian sendiri merasa sedang membuat skripsi saat harus mendalami peran sebagai Kartini.


Sang sutradara, Hanung Bramantyo banyak dibantu oleh karya-karya Pramoedya Ananta Toer

Photo credit: iyaa


Sutradara Hanung Bramantyo mengaku banyak dibantu oleh karya-karya sastrawan ternama, Pramoedya Ananta Toer. Lewat buku karya beliau yang berjudul Panggil Aku Kartini Saja, Hanung mendapatkan inspirasi untuk angle yang akan dia masukan ke film Kartini.


Kesamaan yang dimiliki oleh R.A Kartini dengan sosok Dian Sastro yang memerankan karakternya

Photo credit: ShowBiz

Kedua tokoh perempuan yang hebat ini memiliki kesamaan cta-cita meski lahir di zaman yang berbeda. Kartini dan Dian Sastro sama-sama memiliki cita-cita untuk bisa menempuh pendidikan yang tinggi hingga ke luar negeri. Rasa kecewa Kartini dapat tersampaikan dengan baik oleh Dian Sastro dalam film Kartini.

BACA JUGA


Alasan Film Kartini Harus Kamu Tonton Minggu Ini. Pas Banget Nih Buat Bulan Aprilmu yang Kental dengan Semangat Perjuangan Perempuan

Alasan Film Kartini Harus Kamu Tonton Minggu Ini. Pas Banget Nih Buat Bulan Aprilmu yang Kental dengan Semangat Perjuangan Perempuan

Di kalangan pecinta film, tentu film Kartini ini sudah menjadi perbincangan yang hangat dan dinantikan kehadirannya. Biar semakin penasaran ...

Read more..

Wah, jadi tidak sabar menungu film ini tayang ya, Sahabat Trivia. Jadi, akan bersama siapa kamu akan menonton film biopik, Kartini ini?




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mau Nonton Film Kartini? Ketahui Dulu 5 Fakta Menarik di Balik Film Kartini Ini, Sahabat Trivia!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rezita Rani | @rezitarani

Silahkan login untuk memberi komentar