Mau Postmu Viral? Kenali 7 Langkah Ini Buat Postingan Viral, Tapi Bertanggung Jawab!

Mau Postmu Viral? Kenali 7 Langkah Ini Buat Postingan Viral, Tapi Bertanggung Jawab!

178
Punya post viral pasti seru! Tapi, apakah postmu akan memberi kerugian untukmu atau orang lain?

Sahabat Trivia, sudah mendengar berita tentang pasangan kakak-beradik yang diduga gay yang direkam dan diviralkan oleh seorang ibu melalui akun Facebooknya? Post viral tersebut lantas mendapat banyak kecaman karena dianggap mengandung fitnah dan menyebabkan trauma bagi objek dalam video tersebut. Di satu sisi, siapa sih yang tidak mau postingannya menjadi viral? Bayangkan, postinganmu dilihat, dibaca, dibagikan, dan dibicarakan oleh banyak orang. Selain pesan yang kamu bawa dalam tulisanmu bisa sampai pada khalayak ramai, kamu juga berkesempatan memperluas koneksi dan bertemu dengan orang-orang yang mungkin akan membantumu sukses di masa depan! Wah, pasti menyenangkan sekali, ya!

Tapi, di sisi lain, postingan viral tanpa pertimbangan matang bisa berbahaya, lho. Selain nama baikmu dipertaruhkan, ancaman hukuman serius berkaitan dengan UU ITE bisa saja mengancammu. Waduh, gawat! Tapi, jangan khawatir, selama kamu selalu “sedia payung sebelum hujan”, hal-hal tidak menyenangkan yang mengintai postinganmu bisa dihindari. Apa saja, ya, “payung” yang harus kamu siapkan sebelum membuat postingan di media sosial?



1. Pastikan kamu punya sumber yang valid

Wah, ada berita bagus, nih! Pastinya bombastis dan bisa menarik banyak massa. Tapi, tunggu dulu! Kamu baca berita itu dari mana? Adakah nama penulis artikelnya? Bagaimana dengan kredibilitas sumber berita yang kamu baca? Coba cross check dan lihat di sumber lain. Benarkah kejadiannya sesuai dengan berita yang kamu baca di awal? Memastikan bahwa sumbermu adalah sumber yang kredibel dan valid akan menghindarkan kamu dari tuduhan fitnah atau pencemaran nama baik. Hal ini penting tidak hanya untuk postingan berupa berita, namun begitu juga dengan informasi. Informasi yang terkesan menarik dan mendidik juga bisa saja menyesatkan.


2. Tidak ada sumber? Nggak masalah! Tapi, cek postingan serupa yang lain, ya!

Informasi yang kamu berikan berasal dari pengalaman dan pemikiranmu sendiri? Bagus sekali! Tapi, pastikan dulu bahwa kamu tidak menyalahi hak cipta manapun ya. “Lho, buat dari pengalaman sendiri kok bisa menyalahi hak cipta?” Bisa saja! Tanpa kamu sadari, kosa kata yang kamu miliki, gaya menulis, atau bahkan informasi yang kamu punya adalah kombinasi dari berbagai informasi yang mungkin serupa yang pernah kamu lihat baca dan sebelumnya meski kamu tidak bisa mengingatnya. Mencari postingan yang serupa juga menghindarkan postinganmu menjadi postingan yang bersifat pengulangan atau terlalu mirip dengan postingan lain sehingga kurang menarik bagi pembaca baru mengakses tulisanmu.


3. Merugikan orang lain atau nggak ya?

Postinganmu seru, keren, dan pastinya bisa membuat banyak orang membicarakannya di luar sana. Tapi, coba lihat-lihat lagi, pihak mana saja yang muncul dalam postinganmu, dan bagaimana reaksi mereka kelak jika melihatnya. Meski mungkin tujuanmu untuk bercanda atau lucu-lucuan atau bahkan berniat positif, belum tentu pihak yang kamu sebut bisa melihatnya dengan cara yang sama. Daripada ada ribut-ribut setelah postinganmu dipublikasikan, lebih baik hubungi pihak terkait dan pastikan bahwa mereka bersedia ada dalam postinganmu sesuai dengan kacamata yang ingin kamu gunakan. Usahamu untuk mengontak pihak terkait juga bisa berguna untuk meluruskan isu-isu yang mungkin kamu salah terima mengenai pihak terkait. Menghindarkan diri dari kemungkinan yang akan merugikan diri kamu sendiri juga, kan?


4. Pesannya sudah menyeluruh atau belum nih?

Terutama dalam postingan berita, kamu harus memastikan bahwa kamu tidak hanya membahas satu sisi saja. Kenapa? Banyak hal yang bisa dihindari dari postingan yang bersifat satu sisi. Misalnya, meminimalisir kemungkinan adanya penggiringan isu, pesan yang ambigu, dan klaim kerugian dari pihak yang merasa keberatan dengan konten yang kamu buat. Selain itu, masyarakat umum yang melihat postinganmu juga bisa mempertimbangkan dengan logis apakah kontenmu tepat atau tidak. Hal ini meminimalisir terjadinya ‘perang’ argumen yang sering kamu lihat di kolom komentar postingan viral. Perang komentar bisa menyebabkan intisari dari postinganmu itu sendiri tidak sampai secara efektif.


5. Kolom komentar, apa kabar? Pantau terus, ya!

Seperti yang sudah disinggung di poin sebelumnya, agaknya kolom komentar sering menjadi bagian yang ‘lebih’ menarik dari sebuah postingan viral. Pasalnya, banyak ‘perang’ yang terjadi—para netizen saling melempar argumen baik yang pro maupun kontra pada postingan terkait. Tidak jarang suatu postingan malah mendapatkan banyak komentar dan memicu ‘perang’ justru bukan pada intisari itu sendiri. Nah, sebagai pembuat postingan, kamu bisa memastikan apakah pesan dari kontenmu tersampaikan dengan efisien melalui kolom komentar ini. Kamu tentunya tidak wajib bergabung dalam ‘peperangan’ yang terjadi. Tapi, kamu bisa mengedit dan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang ada dalam postinganmu, termasuk mendapatkan referensi sumber baru dari kolom komentar atau bahkan, menghapus postinganmu jika dirasa sudah tidak lagi memberi efek yang kamu harapkan kepada pembaca gara-gara melihat reaksi yang ada di kolom komentar tersebut.


6. Pembuat postingan, bertanggungjawablah!

Meski kamu sudah melakukan langkah-langkah pencegahan, kadang masih ada saja pihak yang tidak suka atau menyalahartikan postinganmu. Hal ini bisa memicu masalah di kemudian hari. Tapi, bukan berarti kamu bisa bersembunyi di balik identitas anonim dan menolak tanggungjawab ya, Sahabat Trivia! Selalu pastikan kamu bisa dikontak oleh orang-orang yang melihat postinganmu. Hal ini memungkinkan kesalahpahaman yang bisa saja muncul dari postinganmu dan dapat diselesaikan dengan baik. Selain itu, ini juga bisa dianggap sebagai sumber yang kredibel. Pada akhirnya, nama baikmu sendiri kan yang akan terangkat?


7. Jangan lupa, perbarui postinganmu secara berkala

Postingan yang viral sesaat itu jumlahnya ada banyak sekali. Di minggu ini, semua orang baca berita A. Di minggu berikutnya, bisa jadi semua orang sudah lupa pada berita A dan beralih ke berita B yang bertahan lebih lama. Nah, untuk memastikan bahwa postinganmu selalu relevan meski isunya sudah tidak lagi ‘viral’, pastikan kamu sebisa mungkin memperbaruinya atau membuat yang baru yang lebih kekinian. Hal ini memungkinkan orang-orang yang sebelumnya pernah melihat karyamu akan melihat karya barumu dan membagikannya ke lebih banyak orang. Kalau sudah begini, yang viral bukan cuma postinganmu, tapi diri kamu juga!

BACA JUGA


Iklan Thailand Ini Viral Karena Pesannya Bisa Sindir Banyak Orang. Nih, 5 Pelajaran yang Perlu Kamu Terapkan Usai Menonton Iklannya!

Iklan Thailand Ini Viral Karena Pesannya Bisa Sindir Banyak Orang. Nih, 5 Pelajaran yang Perlu Kamu Terapkan Usai Menonton Iklannya!

Bukan tidak mungkin foto atau video yang kamu bagikan, bisa memicu konflik yang berkepanjangan

Read more..

Nah, Sahabat Trivia, apakah kamu sudah siap membuat postingan viral? Jangan lupa bertanggung jawab penuh akan karyamu sendiri, ya!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mau Postmu Viral? Kenali 7 Langkah Ini Buat Postingan Viral, Tapi Bertanggung Jawab!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Natasha Adelina | @natashey

Silahkan login untuk memberi komentar