Memahami Kinerja Humas Masa Kini: Public Relations ala Millennials. Jadi Sukses dengan Cara-Cara Berikut Ini, Yuk!

Memahami Kinerja Humas Masa Kini: Public Relations ala Millennials. Jadi Sukses dengan Cara-Cara Berikut Ini, Yuk!

524
Masing-masing narasumber memberikan tips yang sangat cocok sekali dengan generasi millennials agar dapat mencuri perhatian dan memberikan kualitas terbaik sebagai seorang Public Relations. Ini dia 7 tips oke dari mereka!

Millennials menjadi generasi yang dianggap terlalu banyak keinginan, memiliki impian berlebihan, tidak loyal, dan seringkali berubah pendirian. Ada saja ciri khas dan karakter generasi millennials yang membuat generasi sebelumnya merasa kurang nyaman. Keadaan ini menarik perhatian Rumah Millennials yang peduli tentang perkembangan generasi millennials. Rumah Millennials hadir sebagai rumah inspirasi, jejaring, berbagi informasi, dan ladang prestasi generasi millennials juga post millennials. Adanya Rumah Millennials bertujuan untuk membantu generasi millennials agar dapat menemukan potensi diri, sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih bagi lingkungannya juga untuk Indonesia.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Rumah Millennials rutin mengadakan kegiatan untuk meningkatkan ilmu, skill, dan pengalaman melalui Millennials Talk. M-Talks hadir dengan semangat membangun generasi millennials agar menjadi generasi perubahan bagi bangsa Indonesia. Salah satunya adalah kegiatan M-Talks yang difokuskan untuk memahami kinerja humas masa kini.


Diadakan pada Sabtu, 26 Agustus 2017 di Kolla Space, Sabang, Jakarta, tema yang diangkat adalah “Public Relations ala Millennials” dengan 7 narasumber yang kompeten di bidangnya. Narasumber dari M-Talks kali ini adalah Ananda Wondo (Public Relations Coordinator - Hotel Indonesia Kempinski), Arninta Puspitasari (PR & Event Manager Nutrifood), Ridho Dwi Laksono (Humas - Kementerian Perhubungan), Tania Amalia (Public Relations Director - Leo Burnett Group), Andy Muhammad Saladin (Public Relations Manager - Lion Air Group), Jessica Theresia (Senior Public Relations Executive - ZALORA), dan Rahmat Fitra Wibowo (Public Relations PT Net Mediatama Televisi - NET TV).

Masing-masing narasumber memberikan tips yang sangat cocok sekali dengan generasi millennials agar dapat mencuri perhatian dan memberikan kualitas terbaik sebagai seorang Public Relations. Ini dia 7 tips oke dari mereka!


Humas harus berbicara 2 arah. Tidak boleh hanya berbicara sendiri.

Ridho Dwi Laksono, Humas Kementerian Perhubungan, menyampaikan bahwa Humas Pemerintah sekarang sudah berubah. Dulu, Humas Pemerintah hanya 'berbicara' 1 arah, tidak ingin disalahkan, dan sering menghindar. Sangat menyebalkan. Saat ini, Humas Pemerintah sudah memperbaiki diri dan mulai mendengarkan masyarakat dengan berbicara secara 2 arah.


Jadilah sosok yang percaya diri

Tania Amalia, Public Relations Director Leo Burnett Indonesia menyampaikan bahwa untuk menjadi seorang Public Relations, tipsnya sederhana, yaitu berusaha untuk mencari sisi unik diri.

Sebagai seorang PR, ada beberapa prinsip yang baiknya diingat, diawali dari menjadi adaptive dan open-minded. Lalu, setiap PR harus siap untuk dengan segala perubahan dan cepat 'move on', agar selalu siap untuk semua kebutuhan klien. Selanjutnya, sebaiknya memiliki kemampuan untuk memperhatikan setiap detail yang ada agar dapat memberikan kelebihan yang kadang tidak disadari oleh orang lain.

Saat berkenalan dengan orang lain, jadilah seorang sebagai 'teman' bukan 'partner'. Hal itu dibutuhkan agar dapat saling bekerja bersama dan berkolaborasi. Jika kamu masih merasa grogi untuk berbicara di depan banyak orang, tips dari Tania adalah rajinlah berbicara sendiri di depan kaca. Mulai dari 5 menit per hari, tambahkan terus sampai beberapa hari. Pasti kamu akan merasakan perubahannya. Jadi lebih percaya diri!


Sampaikan karakter unik dari brand/perusahaan

Ananda Wondo, Public Relations Hotel Indonesia Kempinski Jakarta berbagi rahasia nih. Menurut informasi dari Ananda, Hotel Indonesia Kempinski Jakarta adalah Hotel Bintang 5 yang pertama di Indonesia. Bahkan, ada yang bilang kalau Hotel Indonesia Kempinski Jakarta adalah Hotel Bintang 5 yang pertama di Asia Tenggara. Wow!

Sebagai PR Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Ananda sering sekali menerima tawaran review dari para blogger. Namun, tidak semua langsung diterima. Tawaran yang masuk diseleksi dan dipilihlah yang sesuai dengan target market dari Hotel Indonesia Kempinski Indonesia. Selain itu, untuk menyampaikan informasi tentang hotel, disesuaikan dengan setiap kebutuhannya, baik secara online ataupun offline. Karakter unik dari Hotel Indonesia Kempinski Jakarta harus tersampaikan dengan baik dan sesuai.


Menjawab setiap kebutuhan dengan solusi

Rahmat Fitra Wibowo, Public Relations NET TV bercerita bahwa NET TV berusaha untuk menjadi sangat dekat dengan millennials dan super peduli dengan perkembangan digital. Hal ini juga merupakan solusi dari jaringan NET TV yang saat ini belum bisa melakukan siaran di seluruh Indonesia. Selain itu, NET TV juga melakukan terobosan lainnya, seperti Citizen Journalism, TV dengan karakter Digital, Marketing 360, juga komunitas bagi anak muda bernama NET Good People.


Berikan respon dengan cepat untuk semua kondisi

Andy M. Saladin, Public Relations Manager dari Lion Air Group tentang Crisis Management berbagi tentang pengalamannya menangani krisis dan keadaan yang tidak terduga. Di dunia penerbangan, ada 2 jenis krisis, yaitu yang berhubungan dengan kecelakaan pesawat dan yang tidak berhubungan dengan kecelakaan. Untuk menghadapi krisis, kuncinya ada 2 yaitu, harus respon cepat dan tunjukkan empati.


Siap untuk menghadapi berbagai perubahan

Jessica Theresia sebagai Senior Public Relations Executive Zalora berbagi pengalaman tentang tantangan PR di e-commerce yang tentunya berhubungan langsung dengan customer. Respon positif dan negatif customer bisa dilihat langsung di media sosial yang merupakan ruang publik. Karenanya, respon untuk customer harus sangat cepat dan sesuai dengan gaya digital kini. Harus siap dengan berbagai perubahan!


Jadilah sosok yang membawa perubahan

Arninta Puspitasari sebagai PR and Event Manager Nutrifood menceritakan tips sebagai PR Corporate yang handal. Kuncinya adalah living the brand, be an influencer in the community and ready for every challenges.

BACA JUGA


Pengalaman Menulisku Bersama Trivia yang Tak Terlupakan. Tantangan-Tantangan Menulis yang Diberikan Memberikan Pemahaman Baru tentang Diriku Bahwa 'Aku Bisa'

Pengalaman Menulisku Bersama Trivia yang Tak Terlupakan. Tantangan-Tantangan Menulis yang Diberikan Memberikan Pemahaman Baru tentang Diriku Bahwa 'Aku Bisa'

Dan di usia yang sudah menginjak 2 tahun ini , semoga Trivia mampu melebarkan sayap sehingga bisa lebih menginspirasi anak muda Indonesia. ...

Read more..

Jadi, sudah siap jadi millennial yang lebih baik? Jangan lupa ikuti terus kegiatan-kegiatan Rumah Millennials yang lain melalui akun media sosial mereka ya, Sahabat Trivia!


Penulis:Talita Zahrah





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Memahami Kinerja Humas Masa Kini: Public Relations ala Millennials. Jadi Sukses dengan Cara-Cara Berikut Ini, Yuk!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Trivia | @triviaid

Real stories of real life people

Silahkan login untuk memberi komentar