Memperingati Hari Buku Internasional, 7 Cara Nggak Biasa Ini Dapat Kamu Terapkan Agar Kegiatan Membaca Tidak Membosankan

Photo Credit: shutterstock

Memperingati Hari Buku Internasional, 7 Cara Nggak Biasa Ini Dapat Kamu Terapkan Agar Kegiatan Membaca Tidak Membosankan

2.4K
UNESCO menetapkan tanggal 23 April sebagai hari buku internasional. Agar kegiatan membacamu tidak membosankan, simak 7 cara asyik memperingati hari buku internasional berikut!

Pada tanggal 23 April 1923, penulis Spanyol bernama Vicente Clavel Andres ingin menghormati penulis Miguel de Cervantes yang meninggal di tanggal yang sama dengan membuat sebuah toko buku pertama di Spanyol. Tahun 1995, UNESCO menetapkan tanggal 23 April sebagai hari buku internasional. Penetapan tanggal tersebut juga bertepatan dengan tanggal kematian William Shakespeare, Inca Garcilaso de la Vega, serta beberapa penulis terkenal lainnya.

Ada berbagai cara untuk merayakan hari buku agar kegiatan membacamu semakin menyenangkan. Berikut 7 cara asyik yang dapat kamu lakukan di hari buku!


1. Berkumpul bersama klub buku

Bergabung dengan klub buku merupakan salah satu kegiatan menyenangkan untuk menambah pengetahuanmu soal dunia buku. Selain itu, kamu juga dapat bertemu banyak orang yang dapat membantu merekomendasikan bacaan-bacaan keren untukmu. Klub buku tidak hanya menjadi tempat berkumpul penggila buku, tidak sedikit pula yang menyukai dunia tulis menulis. Nah, buat Sahabat Trivia yang ingin menjadi penulis, bergabung dengan klub buku bisa menjadi sarana untuk ‘mencuri’ ilmu dari mereka yang telah memiliki pengalaman di dunia kepenulisan. Saat ini klub buku dapat ditemukan di hampir seluruh daerah, Sahabat Trivia tinggal memilih klub mana yang memiliki kegiatan yang sesuai dengan minatmu dan bergabunglah bersama mereka!

Photo Credit: customink

2. Melakukan travel-reading dengan sahabat

Sahabat Trivia sering bosan kalau membaca sendirian di kamar? Inilah saatnya melakukan travel-reading bersama sahabat! Pilih tempat menarik yang belum pernah dikunjungi dan relatif sepi sehingga tidak mengganggu konsentrasi membaca. Wisata alam tentulah menjadi pilihan cocok untuk melakukan travel-reading. Selain mencari suasana baru dan menghilangkan penat, kegiatan ini juga dapat semakin menambah keakraban kita dengan sahabat. Jadi, di mana tempat travel-reading pilihanmu, Sahabat Trivia?

Photo Credit: kidscreativelab

3. Melakukan book date bersama pasangan

Punya pasangan yang juga suka baca buku? Coba deh lakukan book date dengannya! Kalian bisa pergi bersama ke toko buku dan mencari sebuah buku yang nantinya akan dihadiahkan pada pasanganmu. Agar tidak salah pilih, perhatikan sejenak buku apa yang kira-kira menarik perhatiannya, setelah itu langsung deh bawa ke kasir! Eits, masing-masing dari kalian tidak boleh saling mengintip ya! Setelah puas memilih kado di toko buku, kalian bisa mencari tempat yang pas untuk bertukar kado. Selamat mencoba!

Photo Credit: vancitybuzz

4. Membuat tantangan membaca

Kesibukan dan rutinitas sering membuat kamu tidak punya waktu untuk membaca buku. Maka, momen hari buku ini dapat digunakan untuk membuat tantangan membaca bagi diri sendiri, misalnya tantangan membaca dua buku dalam satu minggu berturut-turut selama satu bulan. Jika Sahabat Trivia berhasil melakukan tantangan tersebut, tidak ada salahnya kok memberi reward pada diri sendiri dengan sesuatu yang kamu sukai. Selain melakukan tantangan pada diri sendiri, Sahabat Trivia juga bisa melakukan tantangan membaca ini dengan orang lain agar kita semakin termotivasi untuk membaca.

Photo Credit: shutterstock

5. Mengulas buku di Goodreads

Sudah berapa buku yang Sahabat Trivia baca sampai hari ini? Ada tidak buku yang sangat berkesan bagi kamu? Setiap orang pasti punya pengalaman baca yang berbeda-beda dari setiap buku. Tidak ada salahnya kita berbagi pengalaman membacamu dengan orang lain melalui Goodreads. Bagi sebagian besar orang, ulasan yang ditulis di Goodreads sangat membantu mereka untuk menentukan buku apa yang cocok mereka baca. Selain membantu orang lain, Sahabat Trivia juga dapat menemukan buku-buku menarik dengan membaca ulasan dari orang lain agar tidak kecewa sebelum terlanjut membeli buku yang tidak sesuai dengan minat kamu.

Photo Credit: shutterstock

6. Menjadi bookstagram

Apakah selain membaca buku, Sahabat Trivia juga menyukai fotografi? Tidak ada salahnya mencoba menjadi bookstagram. Kamu hanya tinggal menata buku favorit yang pernah dibaca dengan tambahan aksesori unik atau menyandingkannya dengan segelas kopi, lalu mengunggahnya di akun instagram. Kamu juga dapat memberi caption berupa quotes, potongan cerita, maupun ulasan mengenai buku tersebut. Jangan lupa tambahkan tagar yang berhubungan dengan buku agar fotomu dapat diakses oleh banyak orang!

Photo Credit: buzzfeed

7. Berbagi buku

Pernahkah Sahabat Trivia membayangkan jika kamu mungkin dapat membeli atau membaca buku dengan mudah, sedangkan di luar sana banyak sahabat kita yang tidak bisa mengakses ilmu pengetahuan melalui buku? Momen hari buku sangat cocok digunakan untuk berbagi kesenangan dengan sahabat-sahabat kita yang kurang beruntung. Kamu dapat mengajak teman-temanmu atau khalayak melalui media sosial untuk mengumpulkan buku bekas layak baca untuk disumbangkan ke panti asuhan maupun sekolah atau taman baca di daerah-daerah terpencil. Kemas acara berbagi buku tersebut dengan menarik seperti menambahkan acara mendongeng atau hiburan akustik agar acara sosialmu tersebut semakin berkesan.

Photo Credit: atiwening


Selain kegiatan di atas, masih banyak cara lain untuk mengisi momen hari buku internasional. Tidak hanya mengasyikan, usahakan kegiatan yang kamu lakukan dapat memberi manfaat bagi orang lain ya! Jadi, kegiatan apa yang Sahabat Trivia pilih untuk hari buku internasional tahun ini?

BACA JUGA


Big Bad Wolf Book Sale 2017 Telah Dibuka! Sebelum Pergi, Siapkan 5 Hal Ini Agar Belanja Buku Jadi Maksimal!

Big Bad Wolf Book Sale 2017 Telah Dibuka! Sebelum Pergi, Siapkan 5 Hal Ini Agar Belanja Buku Jadi Maksimal!

Di Big Bad Wolf Book Sale 2017, pilihan bukunya pun semakin banyak dan beragam dari acara yang sebelumnya loh

Read more..





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Memperingati Hari Buku Internasional, 7 Cara Nggak Biasa Ini Dapat Kamu Terapkan Agar Kegiatan Membaca Tidak Membosankan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dini Ardianty | @diniardianty

A bibliophile, vegetarian

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week