Mencoba Satu Hal Baru Setiap Hari Membuat Saya Mendapatkan Hal-hal Menakjubkan Ini

Photo credit: youqueen

Mencoba Satu Hal Baru Setiap Hari Membuat Saya Mendapatkan Hal-hal Menakjubkan Ini

1.9K
Setiap harinya saya mencoba satu hal baru yang tidak biasa saya lakukan untuk menjaga api kreativitas tetap menyala. Kamu yang ingin keluar dari rutinitas juga bisa mencobanya.

“NOrmal=NO good”, mengutip salah satu quote Yoris Sebastian yang ia tuliskan di buku Oh My Goodness, a Personal Guide to Become a Creative Junkies. Di zaman yang penuh dengan anak-anak kreatif seperti sekarang, being a normal person is totally boring. Sekarang adalah era di mana setiap orang berlomba-lomba untuk selalu menghasilkan karya, entah melalui video, foto, maupun tulisan. Tak heran kalau profesi-profesi baru yang sebelumnya tidak pernah ada, kini mulai bermunculan. Beberapa di antaranya seperti Selebgram, Vlogger, dan juga YouTuber.

Photo credit: mindzette

Kreativitas sebetulnya perlu dimiliki oleh setiap orang, terutama bagi pekerja yang yang bergerak di industri kreatif seperti saya. Kreativitas adalah segalanya, ia lah sumber dari segala sumber yang bisa membuat saya bertahan hidup karena matinya kreativitas akan membuat saya mati gaya. Oleh karena itu, menghidupkan imajinasi dan ide-ide setiap harinya merupakan tugas yang wajib diemban, seperti menjaga nyala api lilin agar tak mati terhembus sapuan angin di kegelapan malam.

Celakanya, rutinitas merupakan salah satu hal yang bisa membunuh kreativitas. Kamu pasti sering mendengar istilah ‘kupu-kupu’ (kuliah-pulang, kuliah-pulang) ketika masa-masa kuliah kan? Kalau diteruskan sampai ke dunia kerja, kebiasaan itu bisa berakibat fatal, lho. Agar tidak terjebak pada hal mengerikan tersebut, kamu bisa mencoba melakukan satu hal baru setiap harinya. Satu aja cukup kok.


Dimulai dari hal-hal sederhana, untuk mendapatkan kejutan-kejutan selanjutnya

photo credit: youtube

Yoris Sebastian dalam bukunya kurang lebih mengatakan bahwa dibutuhkan satu langkah kecil untuk mendapatkan hal-hal yang lebih besar lainnya. Kamu bisa mulai mengubah rutinitas mulai dari mengubah hal-hal sederhana yang biasa kamu lakukan, seperti mengubah letak jam tangan dari tangan kiri ke tangan kanan, menyisir belahan rambut dari belahan rambut kiri ke belahan rambut kanan, dan lain-lain. Kedengarannya simple, tapi ketika saya mencoba mengubah letak jam tangan, rasanya sangat berbeda lho. Tak jarang jam tangan saya kepentok sesuatu karena saya yang terbiasa meletakkan jam di tangan kiri, tak sadar karena kini saya meletakkannya di tangan kanan.


Mencoba keluar dari rutinitas di waktu luang akan menjadi challenge bagi dirimu

photo credit: communitytable

Setiap orang pasti punya kebiasaan yang dilakukan di waktu luang, misalnya menengok gadget, menonton televisi, membaca koran, dan lain-lain. Saya sendiri sudah bertahun-tahun menghabiskan 30 menit dari istirahat makan siang dengan bermain game Counter Strike bersama teman sekantor, hingga pada suatu hari saya ingin terbebas dari rutinitas tersebut dan keluar dari tim. Bukannya jenuh, saya hanya ingin menantang diri saya sendiri apakah bisa melakukannya atau tidak.

Sebagai ganti karena tidak bermain game, saya bisa mengisi waktu tiga puluh menit tersebut dengan menonton YouTube, membaca artikel-artikel yang sedang tren, dan hal-hal lain yang tidak pernah saya lakukan ketika jam istirahat makan siang. Saya pun mendapatkan banyak hal yang tak kalah bermanfaat dengan mencoba ‘keluar dari jalur’ ini.


Melalui rute baru bisa menjadi sarana refreshing tersendiri

photo credit: youtube

Lingkungan di sekitar kita itu luas sekali, lho. Kalau kamu terbiasa keluar rumah belok ke kanan, coba deh keluar dari rute dan mencoba belok ke kiri. Pertama kali mencoba, kamu mungkin agak sedikit kagok dan merasa seperti orang tersesat. Tapi percayalah, dengan mencoba rute yang belum pernah atau jarang kamu lalui sebelumnya, kamu bisa mendapatkan banyak hal yang baru. Siapa tahu di rute baru tersebut ada kafe lucu yang baru dibuka dan bisa kamu kunjungi selanjutnya, ada bengkel reparasi motor yang bisa kamu datangi suatu saat jika dibutuhkan, dan lain-lain.


Mencoba tempat yang belum pernah dicoba sebelumnya seakan-akan menemukan harta karun di tengah luasnya samudera

photo credit: tanyanashphotography

Tak ada salahnya kalau kamu berubah menjadi ‘Dora the Explorer’ sesekali untuk mencoba tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya. Jika kamu terbiasa berbelanja kebutuhan di mall-mall besar, misalnya. Kamu bisa sesekali mencoba berbelanja di mall-mall kecil yang hanya pernah kamu lewati begitu saja, namun belum kamu coba masuki.

Saya mencoba melakukan hal ini di awal November. Alih-alih berbelanja di mall besar yang terletak di pusat kota, saya mencoba berbelanja di mall kecil tak jauh dari kos saya berada. Ternyata mall itu pernah eksis di tahun 90-an dan kini masih tetap eksis walaupun telah banyak bermunculan mall-mall baru. Di tempat tersebut, saya bisa menemukan banyak barang lucu-lucu yang jarang bisa saya temukan di tempat-tempat lainnya. See? Menjelajah tempat baru tak semenakutkan apa yang dibayangkan kan?


Mencicipi makanan yang belum pernah kamu rasakan sebelumnya akan mengubah duniamu jadi banyak rasa

photo credit: livelessordinary

Kuliner Indonesia itu variatif banget lho. Kalau kamu terbiasa mengonsumsi makanan manis, mengapa sesekali tak mencoba pedasnya balado khas Padang? Kalau terbiasa makan daging ayam, mengapa sesekali tak mencoba lezatnya daging kelinci? Pertama-tama, kamu mungkin tak menyukai rasa makanannya. Namun setidaknya, kamu sudah merasakan nikmatnya mencoba hal baru bukan?


Bertemu dengan orang baru akan membuatmu lebih mengerti hidup

photo credit: blogkita12

Teman-teman kantor, teman-teman kuliah, keluarga yang ditemui di rumah, life is too small kalau kamu menghabiskan waktumu dengan bertemu lingkaran yang itu-itu saja. Coba deh keluar rumah untuk bertemu dengan orang yang belum pernah kamu temui. Saya mencobanya dengan iseng jajan di kaki lima yang saya belum pernah ke sana sebelumnya. Di situ, saya bertemu dengan penjual bakso yang dandanannya cukup nyentrik dengan kalung rantai, kaos band rock berwarna hitam, dan batu akik yang memenuhi tangannya.

Awalnya saya mengira bahwa tukang bakso itu galak. Akan tetapi pandangan saya berubah ketika beliau membantu saya yang sedang kepayahan membawa banyak barang belanjaan dan menaruhnya ke atas meja. Peristiwa tersebut membuat saya tak boleh lagi menilai orang baru dari luarnya saja.


Apakah kamu juga pernah mencoba hal baru di luar rutinitasmu? Share di kolom komentar yuk pengalaman serumu.

Baca juga: Saya Berhenti Mengeluh dan Mensyukuri Hal yang Terjadi Setiap Harinya. Lalu, Ini yang Terjadi pada Hidup Saya Setelahnya


#TriviaWritersCamp #NulisTiapHari #SocialExperiment




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mencoba Satu Hal Baru Setiap Hari Membuat Saya Mendapatkan Hal-hal Menakjubkan Ini". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dea Martha Maesita | @deamaesita

Love to write since Junior High School. Work as a Social Media Specialist & Web Content Editor at one of start-up company in Jakarta. Catch me on: imajidea.com

Silahkan login untuk memberi komentar