Mengerjakan Tugas Akhir Sambil Magang Bukan Halangan. Cek Dulu Dong Kiat Suksesnya, Di Sini!

magang, tugas akhir

Mengerjakan Tugas Akhir Sambil Magang Bukan Halangan. Cek Dulu Dong Kiat Suksesnya, Di Sini!

402
Kamu dituntut harus bisa membagi waktu yang baik dan mulai mencicil tugas akhir kamu. Jangan sampai kamu telat lulus hanya karena terlau seru magang dan tugas akhirmu jadi terbengkalai.

Bisa dibilang bulan April sampai Agustus adalah musimnya anak magang, para mahasiswa tingkat akhir biasanya harus melakukan itu sebagai rangkaian kegiatan perkuliahan. Bahkan, magang juga menjadi salah satu syarat penentu seorang mahasiswa bisa lulus atau tidak dalam kuliah. Mahasiswa pada umumnya, mempunyai waktu 2 sampai 3 bulan untuk magang. Dalam jangka waktu 2 sampai 3 bulan itulah banyak ilmu dan kesempatan yang bisa kamu ambil dari tempat kamu magang. Nah, pasti seru banget dong bisa belajar di tempat baru, apalagi di perusahaan tempat kamu magang. Wah, pasti banyak hal yang tentu tidak kamu temukan di bangku kuliah. Eits, tapi saking serunya jangan sampai buat kamu lupa untuk mengerjakan tugas akhirnya ya, Sahabat Trivia. Memang sih, mengerjakan tugas akhir sambil magang itu susah-susah gampang. Kamu dituntut harus bisa membagi waktu yang baik dan mulai mencicil tugas akhir kamu. Jangan sampai kamu telat lulus hanya karena terlau seru magang dan tugas akhirmu jadi terbengkalai. Nah, bagi kamu yang sedang magang sambil mengerjakan tugas akhir, berikut ini tips buat kamu, Sahabat Trivia. Di catat ya!


1. Selalu buat deadline, ini penting agar kamu disiplin

photo credit: MPUG

Kamu harus punya deadline, karena disiplin sangat dituntut disini, kamu harus pintar-pintar membagi waktu karena kamu tidak ingin kan waktumu terbuang begitu saja. Dengan ini waktumu akan lebih efektif dan tidak sia-sia. Dengan deadline yang sudah kamu buat akan membantu kamu untuk tahu mana yang harus didahuluka. Pulang magang jangan main-main dulu deh, lebih baik langsung pulang dan kerjakan tugas akhirmu.


2. Hindari begadang

photo credit: squarespace.com

Jangan karena sedang menyelesaikan tugas akhir, itu kamu jadikan alasan untuk begadang sampai malam. Ketika larut malam, tingkat konsentrasimu akan menurun dan dapat mempengaruhi penulisan tugas akhir kamu. Kamu tidak mau kan tulisan kamu banyak revisi dan tidak selesai-selesai hanya karena banyak yang salah karena kamu tidak fokus saat mengerjakannya.


3. Kerjakan di tempat yang membuat kamu nyaman

photo credit: romston

Carilah tempat-tempat yang sekiranya nyaman buat kamu, apabila kamu nyaman mengerjakannya cukup di rumah atau di kosan kenapa tidak? Tapi jika kamu ingin mencari suasana yang berbeda, cobalah pergi ke coffee shop yang cozy, sehingga pikiranmu lebih rileks dan fokus. Baiknya jangan sering-sering, cukup sekali dalam seminggu saja karena itu akan memperbesar pegeluaran finansial kamu.


4. Jalin hubungan yang baik dengan dosen pembimbing

photo credit: okezone

Kamu jangan terpaku pada pengerjaan tugas akhir saja, kamu juga harus konsul ke dosen pembimbing lho! Kenapa? Karena dari situ kamu dapat mengetahui apakah pekerjaanmu sudah benar atau tidak. Jangan sungkan untuk minta koreksi kepada bapak atau ibu dosen pembimbing ya, Sahabat Trivia!


5. Tentukan tema atau topik yang kamu kuasai

photo credit: mcreative

Biasanya kebanyakan mahasiswa ingin mengambil topik yang belum mereka kuasai dengan dalih ingin mencari tantangan baru, seharusnya pemikiran tersebut dipertimbangkan lagi. Tugas akhir yang kamu kerjakan harus relevan dengan pekerjaan kamu sewaktu magang. Dengan itu bisa membuat kamu akan menguasai materi sehingga penyusunan tugas akhir bisa lebih terarah.


6. Jangan lupa berdoa

photo credit:Flickr

Tips di atas percuma dilakukan tanpa berdoa kepada Tuhan. Orang yang berusaha tanpa berdoa adalah sombong, sedangkan orang yang hanya berdoa tanpa bersuaha adalah sebuah kebohongan.

BACA JUGA


Website Inspiratif Tempatmu Belajar. Kamu Bisa Mengasah Skillmu di 7 Website Ini Lho!

Website Inspiratif Tempatmu Belajar. Kamu Bisa Mengasah Skillmu di 7 Website Ini Lho!

Mempelajari sebuah skill tidak harus "back to school". Dengan website ini, kamu pun bisa belajar skill apa saja secara gratis

Read more..

Tetap semangat menjalani magang dan menyelesikan tugas akhir kamu ya, Sahabat Trivia!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mengerjakan Tugas Akhir Sambil Magang Bukan Halangan. Cek Dulu Dong Kiat Suksesnya, Di Sini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Zaky Faz | @zakyfaz

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week