Mengidap Bipolar, Pengemudi Perempuan Tabrak Banyak Kendaraan di Bundaran Senayan. Yuk, Kenali Bipolar dari Sekarang!

photo credit: The Sun

Mengidap Bipolar, Pengemudi Perempuan Tabrak Banyak Kendaraan di Bundaran Senayan. Yuk, Kenali Bipolar dari Sekarang!

370
Seorang perempuan bernama Tanita Felycia menabrak sejumlah kendaraan di Bundaran Senayan, Jakarta Selatan yang ternyata diketahui mengidap bipolar.

Mobil yang dikendarai oleh seorang perempuan bernama Tanita Felycia menabrak sejumlah kendaraan di Bundaran Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (21/11/2017). Kejadian ini bermula saat Brigadir Satu Muhammad Ariel sedang melakukan pengamanan lalu lintas dan mengecek sistem ganjil-genap di sekitar Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat. Tiba-tiba saja mobil CRV berwarna putih bernomor polisi B 1738 PLO menabrak dan menerobos dirinya sampai terlempar. Setelah itu, polisi dan warga sekitar langsung melakukan pengejaran terhadap pelaku. Saat dikejar, ternyata Tanita Felycia menabrak beberapa kendaraan lain dan akhirnya berhenti setelah dia menabrak mobil derek di kawasan Bundaran Senayan. Kejadian ini memang tidak memakan korban jiwa, namun ada dua kendaraan yang rusak.

Tanita Felycia pun digelandang ke Polda dan melakukan pengecekan urine. Herannya, hasil pengecekan menunjukkan bahwa Tanita negatif menggunakan narkoba atau pun di bawah pengaruh minuman keras. Saat pihak kepolisian menghubungi orang tuanya, barulah diketahui jika perempuan berusia 24 tahun ini mengidap bipolar. Tanita Felycia pun memiliki kartu kuning yang diberikan oleh rumah sakit yang menyatakan dirinya memiliki gangguan jiwa dan memiliki emosi yang tidak stabil. Bipolar ternyata memiliki efek yang cukup membahayakan jika tidak tertangani dengan baik dan tepat.

Apakah ada orang-orang di sekitarmu yang memiliki tanda-tanda penyakit ini atau jangan-jangan kamu sendiri? Kenali dan ketahui lebih dalam mengenai penyakit ini. Berikut ulasannya!


1. Bagaimana seseorang bisa terkena bipolar?

photo credit: TheHealthSite

Sebenarnya belum ada ahli juga yang mengetahui dengan pasti apa yang menyebabkan seseorang memiliki penyakit bipolar. Kondisi seperti ini diduga bisa muncul akibat ketidakseimbangan neurotransmitter di dalam otak. Namun, jika dilihat dari faktor kemungkinannya bisa dilihat dari 3 faktor, yaitu faktor genetik, faktor lingkungan, dan faktor biologis.

a. Faktor genetik

Gangguang bipolar berkaitan dengan genetika yang diwariskan orang tua. Misalnya, ada salah satu orang tua yang memiliki gangguan mood dan sering mengalami depresi. Saat kedua orang tua sama-sama memiliki gangguan mood yang kurang bagus, anak pun memiliki 50-70% kemungkinan mengalami hal serupa.

b. Faktor lingkungan

Salah satu faktor yang paling besar mempengaruhi adalah faktor lingkungan. Misalnya, situasi lingkungan yang dapat membuatmu cepat stres. Hal tersebut tidak boleh dianggap biasa karena bisa memicu masalah psikologis yang lainnya.

c. Faktor biologis

Ternyata faktor biologis pun dapat menjadi salah satu penyebab seseorang memiliki gangguan bipolar. Hal ini dapat dilihat ketika penderita melakukan scan otak. Hasilnya dapat berbeda dengan orang yang tidak memiliki penyakit bipolar.


2. Apa ciri-ciri seseorang yang terkena bipolar?

photo credit: BetterHelp

Beberapa ciri penyakit bipolar seringkali diabaikan oleh kebanyakan orang. Awalnya, ciri yang muncul sering dianggap sebagai gejala stres dan tidak ditanggapi serius. Padahal sebenarnya bipolar disorder lebih rumit dari sekadar stres bahkan depresi. Gejala-gejala seseorang dengan gangguan bipolar adalah sebagai berikut.

a. Sering menangis tanpa alasan yang jelas

b. Sering cepat lelah dan tidak bersemangat

c. Selalu merasa bersalah

d. Berpikir untuk bunuh diri, walau tidak semua penderita bipolar memiliki pemikiran untuk bunuh diri

e. Suasana hati yang selalu sedih berkepanjangan

f. Sulit berkonsentrasi

g. Tidak memiliki nafsu makan atau justru sebaliknya, memiliki nafsu makan berlebihan

h. Merasa selalu kurang percaya diri

i. Suasana hati yang terlalu gembira atau terlalu sedih


Efek dari seseorang yang mengalami gangguan bipolar

photo credit: The Sun

Efek seseorang yang mengalami gangguan bipolar juga cukup membahayan loh. Tidak hanya untuk orang lain tapi juga bagi dirinya sendiri. Contohnya saja perilaku yang dilakukan oleh pengemudi perempuan bernama Tanita Felycia yang menabrakkan mobilnya ke kendaran lainnya. Apa yang dia lakukan bisa membahayakan dirinya dan nyawa orang lain. Belum lagi saat memang kondisi atau emosinya sedang tidak stabil. Berbagai perilaku ekstrem bisa saja dilakukan. Efeknya pun bisa sampai mengakibatkan depresi yang tinggi dan membuat dia berhalusinasi tentang kematian. Ada juga yang sampai mengalami gangguan mental, trauma sampai dengan bunuh diri.


Cara penanganan penderita bipolar

photo credit: Verywell

Bipolar adalah gangguan psikologis yang cukup mengganggu dan bersifat jangka panjang. Meskipun tidak bisa 100% disembuhkan, paling tidak si penderita bisa mengontrol mood atau emosinya dengan lebih baik. Selain itu, gangguan bipolar juga bisa dikontrol dengan menggunakan obat-obatan dan layanan terapi psikologis.

Beberapa jenis obat untuk membuat mood stabil (mood stabilizer) diberikan paa orang yang menderita bipolar. Selanjutnya adalah melakukan terapi yang bisa menjadi penunjang obat-obatan yang diberikan. Gabungan antara obat dan terapu ini bisa jadi perpaduan yang efektif. Dukungan orang-orang terdekat juga sangat diperlukan untuk membantu para penderita bipolar tetap semangat dan kuat dalam mengatasi masalah penyakitnya itu sendiri.


Ternyata para artis ternama ini juga terkena bipolar loh!

photo credit: Soompi

Tanpa disangka banyak juga tokoh terkenal yang mengidap bipolar, seperti Nam Taehyun, Lee Joon, Demi Lovato, Britney Spears, Amy Winehouse, Kurt Cobain, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kamu bisa lihat sederet nama ternama yang ternyata mengidap bipolar. Mereka tetap bisa berkarya dan meraih mimpinya. Jangan sampai penyakit bipolar ini menjadi halangan dan menghambat semua impianmu. Kamu harus bisa menunjukkan kepada dunia dengan keterbatasan yang ada tidak membuatmu menyerah begitu saja.

BACA JUGA


Derita Bipolar Disorder, Nam Taehyun dan Deretan Artis Ini Buktikan Tetap Cemerlang dan Sukses Meski Menderita Bipolar Disorder dan Gangguan Mental Lainnya!

Derita Bipolar Disorder, Nam Taehyun dan Deretan Artis Ini Buktikan Tetap Cemerlang dan Sukses Meski Menderita Bipolar Disorder dan Gangguan Mental Lainnya!

Dengan besar hati Nam Taehyun mengakui bahwa dirinya menderita insomnia dan disorder yang membuatnya hiatus sementara. Selain dirinya, ...

Read more..

Jangan anggap sepele isu tentang bipolar ini ya! Pastikan kamu mendapatkan penanganan yang tepat dan jangan sampai membuat kamu berhenti untuk mengejar semua impianmu.


Mau tahu topik-topik kekinian yang diulas secara mendalam? Cari tahu di Tahu Banget!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mengidap Bipolar, Pengemudi Perempuan Tabrak Banyak Kendaraan di Bundaran Senayan. Yuk, Kenali Bipolar dari Sekarang!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Qiqi NurIndahSari | @qiqinurindahsari

Hi,Q! www.qiqinurindahsari.com

Silahkan login untuk memberi komentar