Jadi Sukses dalam Presentasi, 7 Hal Ini Bisa Membantumu. Bersiaplah Jadi Pusat Perhatian dan Menarik Saat Presentasi

Photo credit: Steve Jobs

Jadi Sukses dalam Presentasi, 7 Hal Ini Bisa Membantumu. Bersiaplah Jadi Pusat Perhatian dan Menarik Saat Presentasi

432
Membuat semua orang fokus pada presentasi tidaklah mudah. Berikut ini 7 hal yang bisa membantu presentasi kamu menarik dan sukses!

Presentasi adalah salah satu seni berbicara dihadapan orang banyak guna menginformasikan atau mengajak mereka sesuai dengan apa yang kita inginkan. Kegunaan presentasi sangat beragam, salah satunya digunakan untuk bisnis, menyampaikan hasil studi, dan negosiasi. Tapi sebagian besar orang belum tahu cara presentasi yang baik dan benar sehingga orang yang mendengar persentasi kita bisa percaya dan antusias tentang apa yang kita sampaikan. Nah kali in trivia akan berbagi tips tentang presentasi yang baik dan benar sekaligus mengundang perhatian kepada orang yang menjadi audiens kita.


1. Buat judul semenarik mungkin agar audiens tergugah pada pandangan pertama

Photo credit: Writtent

Judul tentang statistik, hal yang viral, ataupun judul yang bersifat kontroversi akan mengundang daya tarik audiens untuk memperhatikan kamu presentasi dan semakin penasaran jika penyampaianmu bagus. Akan tetapi, kamu juga harus memerhatikan siapa audiensmu nanti, jika kita merasa tidak perlu menggunakan judul seperti yang dijelaskan tadi, gunakan judul yang autentik mengenai sudut pandang kamu sendiri.


2. Buat presentasi jangan lebih dari 10 slide agar audiens tidak mudah bosan

Photo credit: timeshighereducation

Mahasiswa yang sedang presentasi lebih tertarik jika slide yang ditayangkan banyak sekali, karena menurut mereka hal tersebut juga bisa menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Namun, hal tersebut justru akan menganggu audiens sehingga mereka mudah bosan. Sepuluh slide adalah penyampaian yang efektif guna meringkas poin-poin yang akan kamu utarakan serta tidak berbelit-belit.


3. Sebaiknya tidak lebih dari 20 menit

Photo crredit: Cermati

Jangan juga bicara bertele-tele. Jika cukup 20 menit mengapa harus setengah jam? Karena orang zaman sekarang lebih suka dengan hal yang ringkas, tapi hal ini dapat ditolong oleh cara penyampaianmu yang menarik dan tidak membosankan yang dapat membuat audiens tetap antusias.


4. Buat story-telling yang menarik dan terkesan dramatis

Photo credit: omf

Tips keempat yaitu tentang bagaimana cara kamu mengemas dan menyampaikan presentasi kepada audiens. Kemas presentasimu semenarik mungkin, ajak mereka masuk kedalam presentasi kamu dengan cara membuat story-telling yang dramatis. Sebagai contoh Steve Jobs, maskot dari perusahaan besar teknologi Apple ini dijuluki sebagai The Best Story Telling karena penyampaiannya yang epik sehingga banyak sekali orang yang menanti-nantikan presentasinya. Tentu hal ini tidak dapat didapatkan secara instan, tetapi kamu dapat melatih kemampuan ini dari tahap ke tahap.


5. Sisipkan vdeo pendek, atau gambar

Photo credit: cdn inquisitr

Video pendek berguna memberi hiburan, jangka istirahat atau kamu bisa menyisipkan video pendek menjadi hiburan sekaligus hal yang informatif kepada audiens. Banyak sekali video-video yang bertebaran di YouTube, kamu dapat menggunakannya sesuai dengan apa materi yang kamu sampaikan tentunya.


6. Gunakan quote yang inspiratif dan menarik tentunya

Photo credit: QuotationOf

Quote bersifat mempertegas apa yang kamu sampaikan, sisipkanlah quotes yang relevan terhadap audiens pada akhir presentasi, karena mereka akan menganggap hal tersebut sebagai suatu konklusi sekaligus motivasi. Jadikan gambaran saja apabila kamu sedang galau, lalu membaca suatu quotes yang sejalan dengan pikiranmu dan kebetulan tulisan tersebut menginspirasi kamu. Hal itu menjadi mood-booster kan?


7. Berinteraksi dengan audiens seperti menanyakan pertanyaan yang menarik

Photo credit: wired

Ajak audiens berinteraksi, karena mereka akan merasa dihargai keberadaannya. Buat pertanyaan atau kuis yang menarik karena itu akan menambah antusias audiens serta digunakan untuk mengecek apakah mereka mendengarkan dan memahami yang kamu sampaikan atau tidak.

BACA JUGA


Hindari 7 Kata yang Tanpa Sadar Sering Kamu Ucapkan Ini, Jika Tak Mau Tampak Bodoh Saat Presentasi

Hindari 7 Kata yang Tanpa Sadar Sering Kamu Ucapkan Ini, Jika Tak Mau Tampak Bodoh Saat Presentasi

Presentasi tidak hanya dinilai dari kesiapan diri, materi, dan juga lancarnya kita berbicara. Tapi juga pemilihan kata untuk menyampaikan ...

Read more..

Itulah beberapa tips yang dapat kamu terapkan ketika berkesempatan menyampaikan presentasi dihadapan banyak orang atau klien. Tentu hal tersebut juga memerlukan jam terbang yang cukup tinggi untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Maka dari itu jika ada kesempatan menyampaikan presentasi didepan kelas jangan malas ya, Sahabat Trivia.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Jadi Sukses dalam Presentasi, 7 Hal Ini Bisa Membantumu. Bersiaplah Jadi Pusat Perhatian dan Menarik Saat Presentasi". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Zaky Faz | @zakyfaz

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week