Menjelang Lebaran, 7 Usaha Modal Kecil Ini Cocok Buat Sahabat Trivia yang Ingin Jadi Entrepreneur. Bisa Nambah Uang Jajan Nih!

Photo Credit : rumahmesin

Menjelang Lebaran, 7 Usaha Modal Kecil Ini Cocok Buat Sahabat Trivia yang Ingin Jadi Entrepreneur. Bisa Nambah Uang Jajan Nih!

741
Buat Sahabat Trivia yang ingin menjadi enterpreneur, kesempatan ini tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Lebaran sebentar lagi. Permintaan terhadap beberapa barang biasanya akan melonjak seiring dengan kebutuhan pasar. Orang-orang biasanya telah mempersiapkan segala kebutuhan jauh-jauh hari. Namun, penerapan jam kantor yang semakin pendek di bulan Ramadan biasanya berdampak pada semakin padatnya aktivitas bekerja. Belum lagi beberapa orang tidak punya waktu untuk memikirkan keperluan yang mereka butuhkan di bulan Ramadan.

Seiring dengan perkembangan zaman, masyarakat, khususnya yang tinggal di kota besar biasanya lebih memilih untuk mencari barang kebutuhan mereka di toko online atau mempercayakannya personal buyer. Nah, buat Sahabat Trivia yang ingin menjadi entrepreneur, kesempatan ini tidak boleh dilewatkan begitu saja. Sambil mengisi liburan, beberapa usaha bermodal kecil ini cocok kamu jalankan menjelang Lebaran. Daripada penasaran, simak yuk 7 usaha menjelang Lebaran yang cukup menjanjikan ini!


1. Kue kering

Kue kering selalu menjadi camilan yang ditunggu-tunggu sewaktu Lebaran. Selain rasanya yang lezat, tampilan yang cantik, variasi yang beragam, dan ketahanan kue kering membuat makanan ini sering menjadi pilihan untuk menjamu tamu maupun sebagai hantaran kepada sanak saudara. Buat Sahabat Trivia yang hobi dan jago membuat kue kering, coba deh unggah foto hasil kreasimu di sosial media. Di zaman serba digital ini, sosial media merupakan salah satu sarana promosi ampuh yang bisa kamu manfaatkan. Jangan takut mencoba resep baru ya agar kue kering buatanmu semakin bervariasi!

Photo Credit : rumahmesin


2. Ketupat

Bagi masyarakat Indonesia, Lebaran tanpa ketupat rasanya kurang pas. Makanan berbahan dasar beras yang dibungkus dengan anyaman daun kelapa muda ini biasanya dihidangkan dengan opor ayam, sate, sambal goreng ati, rendang, atau makanan khas daerah masing-masing. Karena proses pembuatan ketupat yang cukup lama, tidak heran kebanyakan orang cenderung lebih suka membeli ketupat yang sudah jadi. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini, Sahabat Trivia! Pembuatan ketupat hampir sama seperti pembuatan lontong, kamu bisa belajar lewat video di YouTube atau meminta bantuan ibu dan saudara untuk membuatnya.

Photo Credit : wikipedia

3. Fashion

Semua orang pasti ingin tampil menarik di hari Lebaran. Tidak heran, bisnis fashion menjadi pilihan bisnis yang paling disukai menjelang Lebaran. Tidak hanya baju muslim, Sahabat Trivia juga bisa menjual aneka kebutuhan sandang lainnya seperti hijab, aneka bawahan, dan baju koko. Selain itu, alat ibadah seperti mukenah, sarung, dan sajadah juga laris manis menjelang Lebaran seperti ini. Jika tidak ingin menyimpan stok terlalu banyak, kamu bisa menjadi reseller dari produsen atau penjual yang terpercaya. Jika sudah cukup kenal dengan penjual, kamu juga bisa menawarkan diri untuk menjadi reseller dengan membawa beberapa contoh produk untuk ditawarkan pada teman-teman dan keluarga.

Photo Credit : bajumuslimmodern


4. Keperluan mudik

Mudik selalu menjadi agenda rutin yang dilakukan sebagian besar masyarakat Indonesia yang tinggal jauh dari kampung halaman. Sebelum melakukan mudik, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan, sayangnya tidak banyak orang yang bisa mempersiapkannya jauh-jauh hari karena alasan kesibukan. Kalau Sahabat Trivia berada di lingkungan orang-orang super sibuk yang tidak punya banyak waktu untuk mempersiapkan mudik, kamu bisa tawarkan untuk menjadi personal buyer yang akan membantu membeli segala keperluan mudik mulai dari tas, koper, makanan, hingga peralatan mandi. Sebelum membeli, jangan lupa catat secara detail segala keinginan mereka atas barang yang dipesan agar mereka merasa puas dengan jasa yang kamu tawarkan.

Photo Credit : Qlapa


5. Oleh-oleh khas daerah

Mudik tidak lengkap tanpa oleh-oleh. Oleh-oleh khas daerah seperti makanan, pakaian, dan kerajinan biasanya menjadi pilihan buah tangan untuk diberikan pada sanak saudara di kampung halaman. Maka, jangan ragu untuk menjadi personal buyer atau reseller dari pusat oleh-oleh khas daerahmu untuk memenuhi kebutuhan teman-teman di sekitarmu yang mencari buah tangan untuk dibawa ke kampung halamannya.

Photo Credit : kuelapissurabaya


6. Parcel

Sudah menjadi tradisi di Indonesia untuk mengirimkan parcel kepada atasan, kolega, sahabat, dan sanak keluarga sebelum Lebaran. Kalau dulu isi parcel identik dengan makanan seperti kue kering atau snack dalam kaleng, saat ini isi parcel sudah sangat beragam. Maka jangan heran jika kita menemui parcel berisi peralatan makan, alat ibadah, pernak-pernik dekorasi rumah, hingga boneka. Buat Sahabat Trivia yang hobi menghias parcel, bisa tuh memanfaatkan peluang usaha ini menjadi pundi-pundi rupiah!

Photo Credit : sentrabunga


7. Kartu Lebaran

Tradisi berkirim kartu Lebaran memang sudah lewat seiring dengan kemudahan yang ditawarkan oleh media sosial sebagai alat komunikasi yang murah dan kekinian. Namun, sebagian orang masih mempertahankan tradisi berkirim kartu Lebaran karena dianggap lebih menghormati penerima dan dapat menambah keakraban. Bagi Sahabat Trivia yang punya kemampuan di bidang desain, coba deh buat kartu Lebaran dengan konsep yang unik, seperti kartu Lebaran 3D atau kartu Lebaran dengan kata-kata yang indah dan menyentuh.

Photo Credit : dzumanjipunya

BACA JUGA


Berikut 7 Kegiatan Seru yang Bisa Kamu Lakukan Bersama Keluarga di Hari Libur

Berikut 7 Kegiatan Seru yang Bisa Kamu Lakukan Bersama Keluarga di Hari Libur

Bagi kamu yang bekerja, libur lebaran telah usai. Namun, bagi kamu yang kuliah atau sekolah, masih ada waktu untuk berlibur. Jika kamu ...

Read more..

Takut memulai bisnis karena tidak punya cukup modal? Sahabat Trivia bisa menerapkan sistem pre-order dan memanfaatkan media sosial sebagai alat promosi. Jangan lupa kemas produkmu dengan menarik untuk menambah nilai jualnya ya! Selamat mencoba!





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Menjelang Lebaran, 7 Usaha Modal Kecil Ini Cocok Buat Sahabat Trivia yang Ingin Jadi Entrepreneur. Bisa Nambah Uang Jajan Nih!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dini Ardianty | @diniardianty

A bibliophile, full time writer, and vegetarian

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week