Menonton Film Horor Malam Satu Suro. Yuk Kita Nostalgiaan. Siapkan Keberanianmu untuk Baca Ini Ya!

photo credit: ytimg

Menonton Film Horor Malam Satu Suro. Yuk Kita Nostalgiaan. Siapkan Keberanianmu untuk Baca Ini Ya!

6.4K
Kita nostalgia sama peran utamanya karena menurut saya, belum pernah ada yang menggantikannya sampai sekarang. Siapa lagi kalau bukan sundel bolong bernama Suketi yang diperankan oleh ratu film horor Indonesia, almarhumah Suzanna.

Sekarang ini wabah nonton film online lagi ngehits. Banyak sekali website yang menyediakan portal untuk nonton film online dan yang akses banyak sekali, hingga website-website tersebut pun dijejali banyak iklan. Walaupun menurut saya iklannya sering kurang jelas dan mengganggu. Jadi agak merepotkan kalau sampai buffering pas nonton. Biarpun gitu, saya tetap semangat untuk nonton salah satu film yang bikin kangen ini.

Akhir bulan Maret nanti kan, kita akan merayakan Hari Film Nasional. Pasti seru nih kalo mengingat lagi film-film Indonesia zaman dahulu kala yang paling booming. Buat mengobati kerinduanmu, saya mencoba menonton salah satu film Indonesia yang antimainstream dan pasti kamu tahu. Apalagi kalau bukan Film Malam Satu Suro.

Ada 5 adegan paling memorable dalam film ini. Selamat bernostalgia ya.


1. Adegan sundel bolong jadi anak angkat

photo credit: liputan6

Malam Satu Suro memang punya kualitas film horor yang paling jempol dalam hal menakutkannya. Awal adegan aja sudah seram banget. Pemeran dukun sakti dari Alas Roban, Jawa Tengah dengan nama Ki Rangga langsung bisa membangkitkan setan perempuan yang sering gentayangan dari kuburan. Pas si setan sudah bangkit dari kubur, Ki Rangga pun langsung bilang “Suketi, menurutlah nak, engkau akan kujadikan anak angkatku.” Lalu, adegan pun agak sedikit chaos dan berakhir saat paku keramat terpantek di kepala Sundel Bolong. Nah, adegan ini makin menyeramkan karena si Suketi itu berubah jadi Sundel Bolong yang siap menghantui siapa saja. Termasuk kamu mungkin yang lagi baca.


2. Malam pertama

photo credit: ytimg

Ini merupakan film horor romantis yang diproduksi tahun 1988. Bisa dipastikan saya belum lahir pada era itu. Salah satu pemeran pria bernama Bardo (diperankan oleh Fendy Pradana) yang sedang berburu kelinci di hutan. Tiba-tiba Ia bertemu sosok perempuan dan naksir dengan si Suketi. Langsung deh mereka menuju pelaminan yang ada di hutan dengan iringan penari-penari rekaan dalam adegan ritual mistik Jawa kuno. Pernikahan mereka itu wajib dilangsungkan tepat malam satu Suro lho. Nah, setelah adegan pernikahan.


3. Tembok Derita


Ini bukan adegan ataupun setting tempat yang penuh penyiksaan. Tembok derita itu merupakan soundtrack atau judul lagu yang dinyanyikan saat adegan si Bokir (penyanyi dangdut yang punya style ala John Lennon) dan Dorman Borisman (pengawal pribadi) menjadi korban keusilan dari Sundel Bolong di kuburan.

Nih, buat ingetin Sahabat Trivia sama lirik lagunya, mereka itu nyanyi lagu ini:

“Pak hakim dan pak jaksa, kapan saya akan disidang?”


4. Main piano

photo credit: wallpaperup

Keren pasti kalau yang main piano si Joey Alexander yang masuk nominasi Grammy Awards itu. Nah, gimana kalau tiba-tiba yang main piano itu si Sundel Bolong pas tengah malam gitu di rumah kamu. Hiii ngeriii!!!

Ada adegan Si Sundel Bolong dentingin piano sambil nyanyi lagu "Selamat Malam" punya tante Vina Panduwinata. Adegan ini menandakan kalau si Suketi sedang sedih dan kangen sama keluarganya. Makanya, dia ke rumahnya memberi kode keras dengan dentuman piano itu karena mereka sudah berada di alam berbeda. Di akhir perjumpaan, Suketi bilang "Arwahku akan gentayangan sebelum dendamku terbalas".

Hayo, Sahabat Trivia siap digentayangin juga di tengah malam dengan suara piano di rumah kalian? Seram ya!


5. Gali Kubur

photo credit: blogspot

Suketi yang dirundung duka dan dendam kemudian menggali kuburan anak perempuannya. Jarang kan ada aktris yang mau gali kuburan gitu. Suketi pun memasukkan jasad Preti ke sebuah peti mati bersama boneka kesayangan Preti. Kemudian Suketi jalan perlahan dengan menyeret peti mati tersebut. Coba kamu bayangkan kalau kamu yang diseret sama tuh Sundel Bolong, saya jamin kamu takut ke toilet sendirian.


Oke deh. Dari semua adegan di atas, yang bikin nostalgia itu dengan peran utamanya karena menurut saya belum pernah ada yang menggantikan sampai sekarang. Siapa lagi kalau bukan yang dari tadi kita sebut, si Suketi. Sundel bolong bernama Suketi ini diperankan oleh ratu film horor Indonesia, almarhumah Suzanna. Suketi dikisahkan sebagai perempuan muda yang mati bunuh diri setelah diperkosa dan hamil. Arwahnya tidak bisa beristirahat dengan tenang dan Suketi pun menjelma menjadi sundel bolong untuk balas dendam.


Itu sekilas adegan-adegan nostalgia dari aku yang baru aja nonton film horor epic yang diproduksi sama Soraya Intercine Films ini. Horor jadul ini emang ajib. Misterinya dapat walau dengan properti seadanya. Beda kan sama film horor zaman kekinian yang modern dengan make up hantu yang tebal. Biar tidak penasaran, mending kamu nonton fim Malam Satu Suro yang bisa bikin bulu kuduk merinding sendiri.

BACA JUGA


Selain Makan Mayit yang Kontroversial dan Horor, Berikut Ini Tempat Makan dengan Konsep Horor Lainnya yang Bisa Kamu Datangi

Selain Makan Mayit yang Kontroversial dan Horor, Berikut Ini Tempat Makan dengan Konsep Horor Lainnya yang Bisa Kamu Datangi

Kalau biasanya tempat makan itu ideal dengan suasananya yang nyaman dan pemandangannya yang indah, beberapa restoran ini malahan memilih ...

Read more..

#WeeklyChallenge




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Menonton Film Horor Malam Satu Suro. Yuk Kita Nostalgiaan. Siapkan Keberanianmu untuk Baca Ini Ya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Achmad Humaidy | @achmadhumaidy

Seorang yang memiliki passion dibidang membaca, menulis, dan menjelajah dunia maya* Lets follow my account: *Path & GPlus = Achmad Humaidy *Twitter = @me_idy *IG = @me_eksis *Periscope = @me_life *YT = https://www.youtube.com/channel/UC53VJ9rbX_4D

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week