Meski Dicap Sebagai Kota dengan Segudang Masalah, 7 Hal Ini Membuatmu Tetap Memilih Bertahan Hidup di Jakarta

Photo credit: kingofwallpapers.com

Meski Dicap Sebagai Kota dengan Segudang Masalah, 7 Hal Ini Membuatmu Tetap Memilih Bertahan Hidup di Jakarta

2.5K
Tersenyumlah dan katakan, "Selamat ulang tahun, Jakarta!"

Selamat ulang tahun, Jakarta! Jika kamu termasuk pendatang yang baru menghabiskan beberapa tahun di Jakarta, barangkali hubunganmu dengan ibu kota negara ini sulit untuk dijelaskan. Tentu kamu sudah terbiasa dengan kemacetan yang menjadi pemandangan sehari-hari atau kamu yang sering menaiki transportasi publik pasti lelah melihat angkutan umum yang tua dan sebenarnya sudah waktunya untuk dikandangkan. Apalagi perumahan kumuh dan pengemis ‘menghiasi’ kota. Rasanya ingin kembali ke kampung halaman.

Akan tetapi, tahun demi tahun, bahkan hingga sekarang Jakarta berusia 489 tahun, kamu masih di sini juga. Beragam keruwetan Jakarta tidak mampu membuatmu mengepak barang dan resign dari pekerjaanmu. Bisa jadi alasanmu untuk tetap tinggal di Jakarta ada dalam salah satu poin berikut.


Sebagai Pusat Pemerintahan, Jakarta Memiliki Berbagai Peluang Karir yang Menjanjikan

Kalau kamu baru lulus kuliah, kamu tentu memiliki standar tertentu saat memilih pekerjaan. Jakarta menjadi pilihan utama bagimu karena kamu pasti berpikir bahwa kebanyakan perusahaan berpusat di Jakarta. Mulai perusahaan multinasional yang menjanjikan gaji besar dan jenjang karier, hingga start-up yang membuka kesempatan lebih untukmu berkreasi. Atau mungkin juga kamu berminat bekerja di kantor pemerintahan seperti Kementerian atau BUMN. Selain Upah Minimum Regional (UMR) yang lebih besar dari kota lain, peluang untuk memajukan karir akan lebih besar ketika bekerja di Jakarta. Ya, Jakarta adalah kota untuk mengawali pencapaian mimpimu. Jadi, tak heran jika kamu pun pada akhirnya memilih untuk merantau ke Jakarta.

Baca Juga: Setelah Lulus Kuliah, Bekerja di Perusahaan yang Mapan atau Start-Up? Simak Plus Minus dari Kedua Pilihan Ini!


Ada Kebanggaan Tersendiri Ketika Mampu Bekerja di Jakarta

Photo credit: humas.kedirikab.go.id

Bukan hanya kamu sendiri yang berpikir seperti poin di atas. Untuk itu, jika ingin menempati posisi di perusahaan yang cukup baik, kamu harus mengalahkan ribuan pelamar. Setelah berhasil diterima, seperti apapun pekerjaanmu, orang-orang di kampung halamanmu pasti memujimu jika mampu bekerja di Jakarta. Opini masyarakat yang positif membuatmu memiliki kebanggaan tersendiri ketika bekerja di ibu kota. Mereka menganggap kamu mendapat gaji yang tinggi serta penghidupan yang lebih layak selama berada di Jakarta. Secara tak langsung, derajat keluargamu pun juga akan terangkat. Mungkin ini salah satu alasanmu berniat menaklukkan Jakarta selepas kuliah.

Baca Juga: Tak Kunjung Diterima Bekerja? Periksa Kembali 8 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pencari Kerja Berikut Ini


Kota yang Tak Pernah Henti Menawarkan Hiburan

Photo credit: adnstage.com

Seringkali kamu kelelahan sehabis bekerja seharian, sehingga tidak sanggup menghadapi kemacetan saat pulang kantor. Hal ini tidak menjadi masalah, kamu bisa menghabiskan waktu untuk menunggu macet reda di mall yang bertebaran di penjuru kota. Di mall, kamu bisa menonton film rilisan terbaru, karaoke, atau melihat pertunjukan musik. Pada akhir pekan, kamu bisa pergi ke berbagai tempat hiburan, atau kafe-kafe yang menawarkan beragam kuliner yang khas. Jakarta juga merupakan pilihan utama bagi musisi lokal dan mancanegara untuk mengadakan konser. Barangkali kamu pun pernah merasakan nonton konser One Direction, Bon Jovi, MLTR, atau Super Junior. Tidak ada tempat untuk perasaan sepi atau bosan. Di Jakarta, kamu akan selalu menjadi yang up-to-date untuk masalah pergaulan.

Baca Juga: Ini 7 Bahaya Terlalu Ngefans dengan K-Pop Idol yang Harus Kamu Tahu


Pembuktian pada Diri Sendiri Sebagai Pejuang yang Tangguh

Selain iming-iming hidup yang lebih baik, Jakarta juga terkenal dengan kerasnya kehidupan. Meski gaji yang diberikan jauh lebih tinggi daripada kota lain, biaya hidup juga tak bisa dikatakan rendah. Tuntutan kehidupan sosial di sekitarmu juga membuatmu berpikir keras untuk bisa mengelola keuangan dengan baik. Sebagai contoh, kamu harus mengeluarkan uang secara rutin untuk makan dan membayar uang kos. Di luar hal itu, kamu juga perlu merasakan hiburan di Jakarta bersama teman-temanmu. Belum lagi biaya transportasi baik untuk sehari-hari jika kamu ingin pulang ke rumah dari beraktivitas.

Meski terkadang kamu ingin menyerah, kamu sudah bertekad untuk berjuang hidup di Jakarta. Kamu dituntut untuk bisa menyeimbangkan kehidupan sosial bersama teman-teman tanpa lupa untuk menabung. Kerasnya hidup di Jakarta membuatmu lebih cerdas mengelola keuangan dan merencanakan masa depanmu.


Munculnya Banyak Komunitas Kreatif di Jakarta

Photo credit: alienco.net

Selain menawarkan banyak hiburan, Jakarta juga cocok buat kamu yang aktif dalam mengembangkan hobi. Banyak komunitas bermunculan di Jakarta yang berawal dari kesamaan hobi. Misalnya komunitas menulis, pecinta buku, fotografi, dan lain-lain. Kamu merasa nyaman karena merasa ada wadah untuk mengeksplorasi kegemaranmu. Poin plus lainnya, kamu bisa bertemu dengan banyak orang baru sehingga kamu bisa memperluas pergaulanmu. Dengan begitu, kamu tak pernah kesepian di Jakarta.


Hidup di Jakarta Mengingatkanmu untuk Selalu Rendah Hati

Tak semua pendatang bisa hidup layak seperti kamu. Jika kamu mampu bekerja dan memiliki penghasilan tetap, masih banyak orang yang tak bernasib seberuntung kamu. Mereka datang ke Jakarta tanpa skill yang cukup sehingga tak bisa memperoleh sebuah pekerjaan. Akibatnya, muncullah kaum gelandangan dan pengemis yang sering kamu lihat di jalanan. Karena itu, kamu selalu ingat untuk mensyukuri apa yang kamu miliki dan tidak mengeluh terhadap masalah yang datang padamu. Jika hatimu tergerak untuk membantu sesama, kamu pun dengan mudah menemukan komunitas sosial. Kamu bisa membantu mereka dalam aktivitas sesekali atau menjadi relawan. Salah satu alasan kamu bertahan di Jakarta adalah untuk menjaga kakimu tetap berada di tanah.

Baca Juga: Tertarik Ikut dalam Kegiatan Sosial? Ini 7 Alasan Kamu Harus Coba Menjadi Relawan


Kamu Sadar Betapa Berharganya Keluarga yang Kamu Miliki

Mudik menjadi hal yang dinanti saat menjelang Lebaran atau Natal. Para perantau beramai-ramai berburu tiket demi bisa bertemu keluarga di rumah. Kamu pun pasti menjadi bagian dari mereka. Seperti tahun-tahun sebelumnya, persaingan untuk mendapatkan tiket kereta di saat Lebaran menjadi pertarungan paling sengit. Kamu begadang sejak pukul 00.00 agar bisa mendapatkan tiket kereta paling murah dan nyaman. Namun, tak jarang jerih payahmu demi selembar tiket mudik harus dibayar dengan rasa kecewa lantaran kehabisan tiket. Pengalaman inilah yang membuatmu sadar akan berharganya keluarga dalah hidupmu. Hidup mandiri dan jarang pulang selama di Jakarta dapat membentukmu menjadi pribadi yang tangguh dan tabah.


Masing-masing orang memiliki cerita tersendiri tentang Jakarta. Entah itu hal yang menyenangkan, menyakitkan, menyedihkan, atau justru hal yang bisa membuat tertawa. Apakah kamu terkadang merasa Jakarta adalah sebuah kota dengan segudang masalah yang tak kunjung selesai? Cobalah untuk melihat sisi lain Jakarta yang nyatanya mampu mengubahmu menjadi sosok yang lebih baik sekarang. Bagaimana pun juga, kamu hidup di Jakarta, kota yang memberimu nafkah dan kehidupan. Tersenyumlah dan katakan, "Selamat ulang tahun, Jakarta!"




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Meski Dicap Sebagai Kota dengan Segudang Masalah, 7 Hal Ini Membuatmu Tetap Memilih Bertahan Hidup di Jakarta". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Jessica Dima | @jessicadima

Supervisor QC yang demen nulis sejak SD. Penikmat buku, musik, dan film. Masih demen nulis di sela-sela rutinitas di kantor dan pabrik. Kunjungi segala tulisan randomnya di www.agensherlockholmes.com

Silahkan login untuk memberi komentar