Millennial, Mau Kerja yang Membuatmu Terus Berkembang? Begini Pengalaman Saya Kerja di Startup Zetta Media

Millennial, Mau Kerja yang Membuatmu Terus Berkembang? Begini Pengalaman Saya Kerja di Startup Zetta Media

1.8K
Saya sadar akan tujuan hidup saya, dan ketika memasuki umur ke 25 tahun, saya ingin mempunyai mentor untuk bisa mengembangkan bisnis saya sendiri.

Menjamurnya startup di Indonesia, mungkin membuatmu mulai berpikir untuk bekerja di startup. Tapi, memang ada bedanya bekerja di startup dengan di perusahaan lain?

Kamu mungkin pernah mendengar cerita tentang pengalaman bekerja di startup, atau jangan-jangan saat ini pun kamu sedang bekerja di startup. dengar cerita tentang bagimana bekerja di startup? Banyak yang bilang bekerja di startup itu bersifat fleksibel. Kamu bisa masuk siang hari, dapat makan siang gratis, plus dapat fasilitas kantor yang nyaman seperti sofa, beanbag, dan fasilitas lain yang bisa memicu kreatifitasmu. Memang benar, banyak sekali startup yang menyediakan fasilitas seperti itu, tapi apakah semenyenangkan itu kerja di startup?


Inilah cerita saya yang bekerja di sebuah startup bernama Zetta Media. Tahun 2016, tepatnya bulan Maret, saya bergabung di Zetta Media. Sebelum bergabung dengan Zetta Media, saya sudah memiliki beberapa bisnis, tetapi saya memutuskan bergabung dengan Zetta Media karena melihat peluang belajar yang sangat besar.

Selain itu saya sadar akan tujuan hidup saya, dan ketika memasuki umur ke 25 tahun, saya ingin mempunyai mentor untuk bisa mengembangkan bisnis saya sendiri.

Ketika kesempatan bergabung ke Zetta Meda itu datang, saya pun langsung menyetujui karena mengetahui founder startup ini memiliki pengalaman, integritas dan semua kriteria seorang mentor.


Kebebasan mengeksplorasi dan menggali ilmu sebanyak-banyaknya

Di Zetta Media, saya bertanggung jawab untuk menaikan jumlah pengunjung ke 11 portal Zetta Media. Awalnya saya mencoba menaikan traffic dengan apa yang saya tahu. Pada saat itu, Maret 2016 tepatnya di bulan pertama saya bekerja, jumlah pengunjung ke portal Zetta Media hanya 1 Juta pengunjung. Tetapi di sini saya diberikan kebebasan untuk mengeksplorasi kemampuan saya. Mulailah saya mencoba mempelajari Facebook ads, SEO (Search Engine Optimization) untuk menaikan traffic, dan mempelajari lebih dalam Google Analytics untuk mendapatkan insight content yang bagus dan merekomendasikannya ke tim content.

Berkat kesempatan belajar, kolaborasi yang baik dengan tim, 1 tahun berikutnya tepatnya Maret 2017, kita berhasil mencatatkan angka yang sangat bagus, yaitu 19 juta pengunjung yang datang ke portal Zetta Media.


Selama 1 tahun dari Maret 2016 sampai Maret 2017, kita berhasil mengalami pertumbuhan jumlah pengunjung hingga 1500%. Selain dari peningkatan jumlah pengunjung ke portal Zetta Media. Kita juga berhasil membangun tim yang solid. Pada awal saya masuk, tim Jakarta hanyalah 5 orang dan 1 tahun kemudian kita berhasil membangun tim berjumlah lebih dari 20 orang dan akan terus bertambah.


Kebebasan diiringi tanggung jawab = berkembang!

Zetta Media saat annual meeting di Bali

Bekerja dan belajar di Zetta Media sangatlah menyenangkan. Kebebasan yang diberikan diiringi tanggung jawab membuat kita semakin berkembang. Dengan mengembangkan diri sendiri pastilah tempat kita bekerja dan belajar akan ikut berkembang juga.


Tak pernah berhenti berinovasi


Salah satu syarat startup bisa terus berkembang adalah tidak pernah berhenti berinovasi. Inovasi adalah salah satu value Zetta Media yang diterapkan pada setiap karyawannya. Tak heran jika portal Zetta Media pun terus bertambah dengan segmentasi yang beragam. Dengan karakteristiknya masing-masing, semua konten di dalam portal Zetta Media mau pun di semua akun media sosialnya, tentu tak pernah ketinggalan tren dong.


Tak pernah berhenti belajar dengan Bookclub


Salah satu kebiasaan yang seru di Zetta Media adalah Bookclub! Bookclub merupakan hari ketika seluruh karyawan Zetta Media pergi ke satu tempat tertentu untuk membahas buku-buku yang telah dibaca masing-masing orang di tim Zetta Media. Kegiatan ini tentu saja menjadi kebiasaan untuk mengasah skill setiap bagian di dalam tim, dengan cara yang sangat menyenangkan. Seru banget deh!


English Day yang walau bikin keki tapi tetap happy!


Nah, setiap hari Kamis di Zetta Media adalah English Day alias hari bahasa Inggris. Sesuai namanya, di hari itu setiap orang di Zetta Media wajib menggunakan bahasa Inggris baik saat berkomunikasi offline mau pun online. Nggak ada yang boleh menyalahkan atau menertawakan, saat ada yang kesulitan mengungkapkan maksudnya dalam bahasa Inggris. Saya yang nggak terlalu jago berbicara dalam bahasa Inggris, tentu saja jadi keki. Tapi, karena di sini semuanya belajar bersama-sama, jadinya malah seru.

BACA JUGA


Dear Millennial, Inilah 8 Soft Skill Penting yang Harus Kamu Miliki  Agar Sukses Taklukkan Dunia Kerja!

Dear Millennial, Inilah 8 Soft Skill Penting yang Harus Kamu Miliki Agar Sukses Taklukkan Dunia Kerja!

Dari perajalanan karier yang masih sangat pendek ini, saya sering mendengar teman yang memutuskan untuk berhenti berkarya karena banyak ...

Read more..

Itulah sepintas pengalaman saya di Zetta Media. Millennial, ketahui apa tujuan hidupmu selagi muda. Jika sudah tahu, mulailah mencari mentor dan cara untuk mengembangkan diri dalam perjalanan menuju mimpimu. Semangat terus yah, Sahabat Trivia!





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Millennial, Mau Kerja yang Membuatmu Terus Berkembang? Begini Pengalaman Saya Kerja di Startup Zetta Media". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Zidni ilmansyah Kadir | @zidnikadir

Lifelong Learner - Instagram : @zidnikadir

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week