Mistisnya Gunung-Gunung di Indonesia Ini Bikin Merinding Deh. Banyak yang Sudah Mengalaminya Lho!

Photo credit: Clara Indonesia

Mistisnya Gunung-Gunung di Indonesia Ini Bikin Merinding Deh. Banyak yang Sudah Mengalaminya Lho!

26.1K
Keesokan harinya rombongan mahasiswa ini turun gunung, namun pocong yang sempat berada di tengah-tengah mereka kembali mengikuti perjalanan mereka.

Barisan gunung yang ada di Indonesia ini memang sudan menjadi khas dari tanah air kita yang memang terkenal memiliki kekayaan alam berlimpah. Beberapa dari kita juga nampaknya sangat gemar untuk melakukan pendakian di gunug-gunung yang ada di Indonesia. Bahkan, ada juga para pendaki yang merasa tertantang untuk menaklukan gunung-gunung yang Indonesia miliki.

Tapi, seperti yang kita ketahui, kalau tempat-tempat seperti gunung, hutan, atau hamparan alam yang luas memang menjadi 'rumah' untuk para makhluk gaib.

Maka, tidak heran jika kita harus senantiasa berhati-hati jika memang berniat untuk melakukan pendakian di gunung-gunung yang ada di Indonesia.

Tidak jarang, untuk berjaga-jaga kita suka mendatangi kuncen dari gunung tersebut untuk meminta petuah bahkan dibantu agar penjalanan kita lancar. Beberapa orang juga ada yang percaya melakukan semedi di gunung tertentu dapat memberikan ketenangan batin bahkan bisa dianugerahi kemampuan yang orang lain tidak miliki. Hal ini juga mengingatkan kita dengan sosok Mbah Fanani yang belakangan sedang ramai di bicarakan. Beliau pernah melakukan semedi atau pertapa berpuluh-puluh tahun lamanya di kawasan Dieng, Jawa Tengah. Kini, sosok Mbah Fanani atau juga dikenal dengan nama Syekh Fanani yang dipercaya memiliki kemampuan yang istimewa. Hingga banyak orang yang datang padanya untuk meminta wangsit.

Kita tinggal kan sejenang kisah Mbah Fanani, karena berikut ini kita akan bahas kisah-kisah mistis gunung-gunung di Indonesia yang bikin merinding, bahkan bikin susah tidur.


Pendaki 'tambahan' di Gunung Sumbing, 3.371 MDPL

Photo credit: Satujam

Gunung Sumbing tepatnya berada di tengah 3 Kabupaten, yakni Magelang, Temanggung dan Wonosobo. Ketinggian gunung ini mencapai 3.371 Meter di bawah permukaan laut (MDPL). Seperti yang kita ketahui kalau setiap gunung di Indonesia ini memang menyimpan kisah mistis masing-masing. Bahkan, ada juga peraturan atau pantangan-pantangan yang tidak boleh dilakukan saat ingin mendaki gunung tersebut.

Gunung Sumbing sendiri memiliki peraturan untuk tidak mendaki dengan jumlah pendaki ganjil. Dan kisah ini berawal ketika segerombolan mahasiswa pecinta alam nekat untuk mendaki dengan jumlah 11 orang. Belum ada setengah perjalanan, anggota mereka bertambah 1 orang. Salah satu pendaki yang memiliki indera keenam tidak menggubris hal tersebut, ia hanya meneruskan pendakian. Saat sesampainya di puncak, anggota ke-12 ini sudah tidak ada, namun digantikan dengan penampakan yang tidak mengenakan. Seketika sesosok pocong berada di tengah-tengah para pendaki tersebut. Salah seorang yang memiliki indera keenam dan 4 orang lainnya menyadari keberadaan makhluk tersebut, namun mereka hanya mengajak teman-teman yang lain untuk berdoa dengan alasan mengucap syukur karena sudah sampai di puncak.

Keesokan harinya rombongan mahasiswa ini turun gunung, namun pocong yang sempat berada di tengah-tengah mereka kembali mengikuti perjalanan mereka. Saat sedang terus berjalan, salah satu pendaki yang memiliki indera keenam ini melihat adanya pintu yang begitu besar dan indah dengan 2 penjaga perempuan cantik di depannya yang memanggil-manggil mereka. Seluruh pendaki mendengar panggilan itu, namun mereka segera bergegas menuruni gunung tersebut.


Wanita yang hilang di Gunung Semeru, 3.676 MDPL

Photo credit: Clara Indonesia

Siapa yang tidak tahu gunung Semeru? Sejak adanya film 5 cm, gunung ini menjadi idola bagi para pecinta gunung atau para pemula yang baru ingin mendapatkan pengalaman mendaki gunung. Kisah ini berawal ketika 5 pendaki asal Madiun bersama 1 ekor anjingnya. Di tengah perjalanan, salah satu pendaki bertemu dengan seorang wanita yang katanya mendaki seorang diri. Akhirnya wanita ini diajak untuk ikut bergabung dengan kelompok pendaki lainnya. Mereka cepat sekali akrab, hingga tanpa sadar sudah hampir mendekati puncak, mereka akhirnya memutuskan untuk membuka tenda untuk berkemah.

Ketika sudah masuk malam hari, sekelompok pendaki ini secara bergantian berjaga. Pendaki yang bertemu wanita yang sekarang menjadi salah satu anggota mereka ini membawa anjing untuk berjaga jika ada binatang buas. Namun, saat tengah malam, bukannya binatang buas, ia justru melihat wanita yang baru saja bergabung dengan mereka hari itu, keluar dari tenda dan berjalan menuju hutan. Pendaki ini berusaha untuk mengejar, namun ia kehilangan bayangan perempuan tersebut. Akhirnya, ia kembali ke tenda dan membangunkan teman-temannya untuk mencari wanita tadi. Karena waktu sudah tidak memungkinkan dan keadaan sangat gelap, pencarian tersebut ditunda hingga keesokannya.

Keesokan harinya, salah seorang pendaki mencari wanita tersebut di bibir jurang, ia melihat ransel yang dibawa oleh pendaki perempuan itu. Akhirnya, ia memanggil teman-temannya untuk segera turun ke jurang dan melihat apakah terjadi sesuatu di bawah. Dan benar saja mereka menemukan ransel dan jasad yang sudah membusuk. Mereka pun segera menghubungi SAR dan membawa jasad tersebut. Kabar mengejutkan yang mereka terima adalah, ternyata jasad tersebut adalah pendaki yang hilang selama satu bulan. Mereka pun hanya bisa terdiam lemas mendengar penjelasan dari tim SAR.


'Peringatan' dari penunggu Gunung Ciremai, 3.084 MDPL

Photo credit: petani

Gunung Ciremai merupakan salah satu gunung yang memang dikenal dengan kisah-kisah mistisnya. Namun, masih banyak orang yang menjadikan gunung ini sebagai gunung favorit untuk melakukan pendakian. Kisah ini akan membuat kita jauh lebih berhati-hati lagi dan tidak sembarangan untuk memetik dan buang air di gunung ciremai. Karena hal ini pernah dilakukan oleh seorang pendaki dalam suatu keompok pecinta alam yang sedang menjajal medan Ciremai. Tiba-tiba dalam perjalanan 3 orang yang telah memetik dan buang air sembarangan ini merasakan getaran seperti gempa. Seketika mereka semua histeris. Namun, salah satu temannya justru melihat ada sosok berjubah putih di atas mereka. Ia pun segera memanjatkan doa.

Tidak sampai di sana. Saat perjalanan pulang, mereka juga disesatkan hingga melewati jalan yang sudah mereka lewati itu berkali-kali. Karena lelah, akhirnya mereka beristirahat dan terus memanjatkan doa dengan memejam kan mata. Namun, saat membuka mata, 3 temannya tersebut hilang dan ia dikelilingin oleh 7 sosok berjubah putih. Dan ia pun berusaha meminta maaf dan menyampaikan kemarahan penguhuni gunung ini kepada teman-temannya. Ternyata saat ia tidak melihat teman-temannya itu, ia dalam keadaan pingsan. Ketika tersadar, ia langsung menyampaikan apa yang ia rasakan ketika pingsan. Dan mereka pun sama-sama berdoa serta meminta maaf. Setelah itu, perjalanan mereka pun berakhir dengan lancar meski tetap ada ketegangan sisa kejadian sebelumnya.

BACA JUGA


Kisah-Kisah Para Anak Mapala yang Meninggal dalam Pendakian Gunung di Indonesia

Kisah-Kisah Para Anak Mapala yang Meninggal dalam Pendakian Gunung di Indonesia

Kegiatan mendaki gunung terdengar begitu menyenangkan sekaligus menantang. Namun, persiapan yang kurang dan tidak teliti dengan hal-hal ...

Read more..

Tidak heran jika memang beberapa pendaki mengalami kisah mistis ketika melakukan pendakian gunung. Karena gunung, hutan dan semacamnya memang menjadi 'rumah' bagi para makhluk gaib. Namun, asal kita berhati-hati dan mengikuti peraturan yang sudah ada, kemunginan besar perjalanan pendakian kita juga tidak akan diganggu oleh hal-hal semacam itu. Nah, apakah kisah-kisah di atas pernah Sahabat Trivia alami juga?




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mistisnya Gunung-Gunung di Indonesia Ini Bikin Merinding Deh. Banyak yang Sudah Mengalaminya Lho!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rezita Rani | @rezitarani

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week