Najwa Shihab dan 7 Hal yang Bisa Ditiru Perempuan Millennials darinya. Panutan Banget!

photo credit: Kaskus

Najwa Shihab dan 7 Hal yang Bisa Ditiru Perempuan Millennials darinya. Panutan Banget!

279
Tak hanya cantik dan cerdas, Najwa Shihab juga punya 7 hal lain yang patut dijadikan panutan oleh perempuan-perempuan millennials.

Siapa sih yang nggak kenal sosok Najwa Shihab? Perempuan kelahiran Makassar, 16 September 1977 ini adalah mantan pembawa acara berita serta presenter Mata Najwa, talk show yang sejak 10 Januari 2018 kemarin mulai tayang kembali di salah satu saluran televisi setelah sempat berhenti mengudara. Mengawali kariernya sebagai seorang reporter meski berlatar belakang pendidikan hukum, Najwa Shihab atau yang lebih akrab disapa Mbak Nana adalah sosok yang menjadi inspirasi banyak orang. Tak hanya bagi mereka yang menggeluti bidang jurnalistik, tapi juga banyak anak muda lainnya.

Tak hanya cantik dan cerdas, putri kedua ulama Quraish Shihab ini juga memiliki banyak hal lain yang patut membuatnya disebut inspiratif. Mulai dari keberaniannya keluar dari zona nyaman hingga mewujudkan ambisi dengan konsistensi dan persistensi, berikut 7 hal yang patut ditiru perempuan-perempuan millennials dari sosok Najwa Shihab.


1. Aktif berorganisasi demi tambah pengalaman dan perluas pergaulan

photo credit: The Jakarta Post

Sejak masa sekolah hingga kuliah, Najwa Shihab telah aktif berorganisasi dan mengikuti banyak kegiatan. Ketika mengikuti program pertukaran pelajar di Amerika, awalnya ia tidak mengenal siapapun. Namun, Najwa memutuskan untuk mengikuti banyak kegiatan seperti klub bowling dan debat demi memperluas pergaulannya. Sebagai millennials, kamu perlu juga menerapkan hal ini dalam hidup. Dengan aktif berorganisasi, kamu tidak hanya dapat memperluas lingkup pergaulan, tapi juga menambah pengalaman dan mengembangkan potensi diri.


2. Senang dan senantiasa mencoba hal-hal baru

photo credit: Tribunnews

Najwa juga senang mengeksplorasi hal-hal baru. Hal ini dibuktikannya ketika memutuskan untuk magang di salah satu saluran televisi Indonesia, RCTI, saat dirinya kuliah di jurusan hukum. Ternyata, keputusannya tersebut justru membawa Najwa kepada dirinya yang sekarang; sosok dalam bidang jurnalistik yang dikagumi dan menjadi inspirasi untuk banyak orang. Kamu pun juga harus berani untuk mencoba hal-hal baru, Sahabat Trivia. Siapa tahu kamu justru akan menemukan sesuatu yang benar-benar kamu cintai dan jati dirimu sebenarnya!


3. Berani keluar dari zona nyaman

photo credit: KapanLagi

Dengan mencoba hal-hal baru, itu artinya kamu juga harus berani untuk keluar dari zona nyamanmu. Ketika Najwa Shihab mengikuti program pertukaran pelajar di Amerika, ia harus bertahan hidup tanpa keluarga dan menjadi satu-satunya orang Indonesia serta muslim di sana. Jalan untuk mencapai kesuksesan tidaklah mudah dan membutuhkan pengorbanan, salah satunya adalah dengan keluar dari zona nyaman tanpa rasa takut. Keberanian untuk melakukan hal yang tak pernah kamu lakukan sebelumnya akan membentuk dirimu menjadi pribadi yang lebih baik dan tangguh.


4. Menemukan dan menekuni passion

photo credit: Beritagar

Keisengan Najwa Shihab magang di saluran televisi yang tidak berhubungan dengan bidang pendidikan yang ia tempuh ternyata justru membawa Najwa menemukan passion yang sesungguhnya, yaitu jurnalistik. Ketika akhirnya menemukan apa yang benar-benar ia cintai, Najwa pun menekuni bidang tersebut dengan sungguh-sungguh hingga mencapai kesuksesan. Selagi masih muda, kamu pun bisa terapkan hal serupa. Cobalah hal baru sebanyak-banyaknya, temukan passionmu, dan kerahkan segala kemampuanmu untuk menekuni passion tersebut setelah kamu menemukannya.


5. Selalu miliki ambisi serta konsisten dan persisten dalam mewujudkannya

photo credit: Okezone

Seiring dengan menekuni passion, kamu juga harus selalu punya ambisi. Dengan memiliki ambisi, maka kamu akan tahu apa yang ingin kamu capai. Penting juga untuk selalu konsisten dan persisten dalam usahamu mewujudkan ambisimu tersebut. Mengilas balik perjalanan Najwa Shihab sejak 17 tahun silam, tentu kita dapat melihat betapa gigihnya ia mewujudkan ambisinya sebagai seorang jurnalis. Ia memulai kariernya sebagai seorang reporter Metro TV, dilanjutkan dengan asisten produser, produser, dan produser eksekutif sebelum akhirnya menjadi wakil pemimpin redaksi di saluran televisi tersebut. Hal ini membuktikan kalau diperlukan konsitensi dan persistensi demi mewujudkan mimpi dan ambisi. Kata 'menyerah' tidak boleh ada dalam kamusmu!


6. Memiliki kecintaan terhadap membaca yang tinggi

photo credit: Tempo

Selain 5 hal di atas, satu hal yang patut ditiru adalah kecintaan Najwa terhadap membaca yang sangat tinggi. Ia bahkan ditunjuk oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia sebagai Duta Baca Indonesia periode 2016-2020 sejak Maret 2016 lalu. Lewat perannya ini, Najwa diembankan tugas untuk menyebar dan meningkatkan minat baca di seluruh penjuru tanah air. Nah, sebagai generasi muda, penting banget loh untuk meningkatkan minat baca. Nggak harus baca buku berat atau yang serius kok, kamu bisa memulainya dengan baca artikel-artikel menarik dan berbobot yang ada di internet. Percaya deh, nggak pernah ada orang yang mengeluh tak mendapatkan apa pun dari membaca.


7. Menjalani gaya hidup sehat

photo credit: Majalah Kartini

Untuk bisa menjalani semua itu, tentu dibutuhkan fisik dan mental yang sehat. Maka, hal terakhir yang patut ditiru dari Najwa Shihab adalah gaya hidup sehat yang ia jalani. Menjaga pola makan adalah salah satu caranya. Najwa mengaku bahwa dirinya lebih memilih untuk mengonsumsi protein nabati dan sayuran dibandingkan nasi atau makanan bertepung. Selain itu, ia juga rutin berolahraga. Dalam satu minggu, Najwa setidaknya berolahraga 4-5 kali dengan melakukan kardio dan angkat beban. Gaya hidup sehat Najwa ini patut banget dicontoh nih, Sahabat Trivia! Jangan sampai kamu bergantung sama instant atau junk food dan malas berolahraga!

BACA JUGA


Kutipan Najwa Shihab yang Bisa Bikin Anak Muda Merasa 'Tertampar'

Kutipan Najwa Shihab yang Bisa Bikin Anak Muda Merasa 'Tertampar'

Cerdas, cantik dan berjiwa besar, rasanya hal itulah yang layak untuk menggambarkan sosok Najwa Shihab, mantan presenter program Mata Najwa ...

Read more..

Sekarang, saatnya kamu terapkan 7 hal tersebut dalam kehidupanmu, dear perempuan-perempuan millennial. Ingat, dengan keberanian, konsistensi, dan persistensi, kamu pun bisa jadi Najwa Shihab versimu sendiri!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Najwa Shihab dan 7 Hal yang Bisa Ditiru Perempuan Millennials darinya. Panutan Banget!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Tasha Pribadi | @tashapribadi

Silahkan login untuk memberi komentar