Nggak Ada Internet, Nggak Perlu Mati Gaya! Masih Banyak Hiburan Lain Selain Internet, Kok. Simak Ya!

Vix

Nggak Ada Internet, Nggak Perlu Mati Gaya! Masih Banyak Hiburan Lain Selain Internet, Kok. Simak Ya!

238
Tanpa kamu sadari, hidup tanpa internet justru menuntut kamu untuk bisa berpikir lebih kreatif dan out of the box. Tak percaya?

Sahabat Trivia, pernah nggak kebayang kalau kita hidup tanpa internet meski sehari saja? Hmm, sepertinya sulit, ya. Tahu sendiri, tiap hari ada saja yang membuat kita harus menggunakan internet. Mau itu email, cek media sosial, posting foto-foto di instagram, cari informasi, dan lain-lain. Belum lagi baca-baca berita dan e-book, nonton video, nulis di blog, hingga mendengarkan musik. Hmm, apa yang akan kamu kerjakan kalau dalam sehari harus hidup tanpa internet? Kira-kira beginilah yang akan saya lakukan, Sahabat Trivia.


Coba cari hiburan lain dalam sehari

OWLS

Beruntunglah saya sangat suka membaca dan menulis. Bahkan bila lagi bokek dan nggak bisa ke mana-mana sekali pun, saya tidak akan bete. Supaya tidak mati gaya, inilah yang akan kulakukan dalam sehari bila hidup tanpa internet. Semoga bisa jadi inspirasimu juga kalau pas lagi nggak ada internet.

Saya akan bangun pagi, berdoa seperti biasa, lalu mandi, dan sarapan. Kemudian pergi ke kantor. Nggak ada media sosial karena nggak ada internet? Kembalilah membeli majalah atau koran untuk dibaca di jalan. Selain itu, saya akan lebih fokus di kantor karena jarang buka media sosial.

Istirahat siang bisa diisi dengan makan dan mengobrol sama teman-teman kantor. Positifnya, kita mungkin nggak perlu terpengaruh oleh berita dan posting-an negatif di media sosial akhir-akhir ini. Kita bisa membicarakan hal lain dan justru lebih sehat dan positif.

Pulang kantor enaknya ngapain, ya? Mengapa nggak sempatkan diri buat olahraga aja? Tidak perlu ke gym, cukup dengan ke taman kota atau lari-lari keliling kompleks juga bisa. Bisa juga dipakai untuk menekuni hobi. Saya yakin cerpen atau novel yang sedang saya kerjakan bisa lebih cepat selesai tanpa harus sedikit-sedikit mengintip laman media sosial.

Pernah saat libur di luar kota dan negeri, saya sama sekali nggak ngecek media sosial. Hasilnya? Tidur saya lebih lelap dan cepat karena saya tidak menyalakan ponsel. Nah, terasa kan nilai positif saat tidak ada internet?


Takut kehabisan bahan riset? Ke perpustakaan saja

shutterstock

Dulu waktu tidak ada internet, masih banyak orang yang ke perpustakaan, baik untuk membaca gratis atau melakukan riset untuk bahan-bahan tulisan mereka. Lagipula, di sana kamu juga bisa sekalian berinteraksi sama orang lain kok. Jadi, internet bukan menjadi satu-satunya media untuk mencari ilmu pengetahuan, bukan?


Kekurangan bahan hiburan? Nggak juga

Vix

Tanpa kamu sadari, hidup tanpa internet justru menuntut kamu untuk bisa berpikir lebih kreatif dan out of the box. Kamu masih bisa nonton konser untuk mendengarkan musik, ke bioskop atau beli DVD untuk nonton film. Kamu juga bisa jalan-jalan keluar rumah dan berinteraksi dengan alam bersama keluarga atau teman-temanmu. Jadi, nggak mengurung diri di kamar terus.

So, kata siapa hidup tanpa internet itu nggak asyik? Memang, mendapatkan segala sesuatu jadi terasa lebih lambat tanpa internet. Tapi, justru kamu akan belajar sabar dan menghargai usaha setiap orang. Lagipula, nggak semua yang instan itu sehat lho, Sahabat Trivia. Itu yang akan saya lakukan bila hidup sehari tanpa internet. Bagaimana denganmu, Sahabat Trivia?

#30DayWritingChallenge


Mau tahu topik-topik kekinian yang diulas secara mendalam? Cari tahu di Tahu Banget!





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Nggak Ada Internet, Nggak Perlu Mati Gaya! Masih Banyak Hiburan Lain Selain Internet, Kok. Simak Ya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ruby Astari | @rubyastari

Penulis "Reva's Tale" terbitan Ice Cube Publisher, pengajar Bahasa Inggris, penerjemah lepas, dan penulis lepas di beberapa media lain. Blog pribadinya: ruangbenakruby.com

Silahkan login untuk memberi komentar