Novel-novel Tentang Skizofrenia Ini Bisa Menambah Pengetahuanmu untuk Menghadapi ODS. Sudah Baca Belum?

Photo credit : psikologid

Novel-novel Tentang Skizofrenia Ini Bisa Menambah Pengetahuanmu untuk Menghadapi ODS. Sudah Baca Belum?

534
Buat kamu yang ingin tahu lebih banyak tentang skizofrenia, kamu bisa membaca novel-novel tentang skizofrenia ini untuk menambah referensimu mengenai gangguan kejiwaan ini dan penanganan yang tepat untuk ODS.

Skizofrenia merupakan salah satu istilah yang diberikan untuk seseorang dengan gangguan kejiwaan tertentu. Orang dengan skizofrenia (ODS) biasanya mendengar suara-suara yang sebenarnya tidak pernah ada. Selain itu, sebagian ODS juga ada yang seringkali paranoid karena merasa dirinya berada dalam bahaya. Untuk menghadapi ODS tentu tidak mudah, dibutuhkan kesabaran ekstra untuk dapat berinteraksi dengan mereka.

Buat kamu yang ingin tahu lebih banyak tentang skizofrenia, kamu bisa membaca novel-novel tentang skizofrenia ini untuk menambah referensimu mengenai gangguan kejiwaan ini dan penanganan yang tepat untuk ODS. Meski karya sastra bersifat fiktif, namun kita tidak boleh meremehkan pencarian data yang dilakukan penulis yang berasal dari realita sosial yang ada. Daripada penasaran, simak yuk 5 rekomendasi buku tentang skizofrenia ini!


1. Vegetarian karya Han Kang

Photo credit : dinahanan

Cerita dalam novel terbitan Penerbit Bentang Aksara Cahaya ini bermula ketika seorang tokoh mengalami mimpi buruk yang membuatnya memutuskan untuk menjadi vegetarian dan menghindari makanan yang berbahan daging. Sejak saat itu, perempuan bernama Kim Yeong Hye ini sering bermimpi buruk yang menyebabkannya berperilaku aneh dan berpengaruh terhadap lingkungan sosialnya. Ia bahkan ingin menjadi pohon dan memutuskan untuk tidak memasukan makanan apapun ke dalam tubuhnya. Novel yang meraih Man Booker International Prize tahun 2016 ini ditulis oleh penulis Korea Selatan bernama Han Kang dan telah mengalahkan penulis-penulis terkemuka seperti Orhan Pamuk, Kenzaburo Oe, dan Eka Kurniawan untuk mendapatkan penghargaan serupa.


2. Surat Panjang Tentang Jarak Kita yang Jutaan Tahun Cahaya karya Dewi Kharisma Micellia

Photo credit : tetipurwanti

Seorang perempuan, sebut saja Nona Alien, terus menunggu kabar dari teman masa kecilnya, Tuan Alien, yang berjanji untuk kembali dan mewujudkan mimpi-mimpi masa kecil mereka. Sayangnya, bukan kabar baik yang ia terima melainkan undangan pernikahan Tuan Alien dengan perempuan lain. Ia lalu menulis 37 surat yang berisi memoar dan perasaannya. Dari surat-surat tersebut tergambar bahwa Nona Alien mengalami gejala skizofrenia sejak anak-anak karena kurang mendapat perhatian dari keluarga dan lingkungan sekitarnya. Ia lalu menciptakan teman imajiner, suka menyendiri, dan mengalami gangguan lainnya yang menyebabkan delusi.

Ia juga sering merasa cemas, ingin bunuh diri, sering berhalusinasi, dan menderita insomnia serta kanker paru-paru yang akhirnya merenggut nyawanya. Novel pemenang unggulan dalam Sayembara Menulis Novel Dewan Kesenian Jakarta 2012 ini cocok dibaca oleh pembaca yang suka dengan pilihan diksi yang indah.


3. Pintu Terlarang karya Sekar Ayu Asmara

Photo credit : topsy

Novel yang telah dibuat versi filmnya ini menceritakan Gambir yang merupakan korban kekerasan dalam rumah tangga yang dilakukan oleh orang tuanya. Ibunya merupakan istri simpanan yang selalu menyesali nasibnya dan melampiaskan kekesalannya pada Gambir karena dianggap sebagai perwujudan suaminya. Peristiwa tersebut berdampak pada kondisi psikologis Gambir yang mengalami tekanan serta berbagai gangguan emosional yang menyebabkannya berhalusinasi. Halusinasi berupa suara tersebut kemudian membuatnya membunuh kedua orang tuanya dan memotong tangannya sendiri karena menganggap bahwa tangannya merupakan sumber segala bencana.


4. Bulan Nararya karya Sinta Yudisia

Photo credit : kompasiana

Seorang terapis mental bernama Nararya ingin menemukan sebuah pengobatan untuk ODS selain pengobatan secara farmakologi, yaitu melalui pendekatan transpersonal. Selain menghadapi pasien-pasiennya yang mengalami skizofrenia karena berbagai trauma yang dialaminya, Nararya juga harus menghadapi kenyataan bahwa pernikahannya harus berakhir pada perceraian. Tidak hanya itu, Nararya juga dihantui oleh teror kelopak mawar dan darah yang sering ia pikir sebagai sebuah halusinasi saja. Novel ini cukup menarik karena mengangkat skizofrenia dari sudut pandang yang berbeda dan banyak terdapat penjelasan mengenai gangguan mental lainnya.


5. Hamdim, Pistim, Yandim karya Ayun Qee

Photo credit : shintalestari

Seorang gadis bernama Kimya merasa penasaran dengan Zohal yang seringkali datang dalam mimpinya sembari mengucapkan ‘Hamdim, pistim, yandim’ dan memintanya datang ke sebuah kota di Turki bernama Konya pada tanggal 17 Desember. Kimya merupakan seorang ODS yang selalu mendengar suara-suara yang memprovokasinya dan selalu diliputi kecemasan. Ia mengalami hal tersebut setelah mengetahui perselingkuhan yang dilakukan ayahnya dengan seorang perempuan bernama Mel.

Skizofrenia yang dialami Kimya membuat kekasihnya meninggalkan dirinya. Di antara kesedihan tersebut, ia pergi ke Turki untuk memuaskan rasa penasarannya terhadap Zohal dan bertemu dengan seorang lelaki bernama Kiral yang menjelaskan maksud 3 kata yang diucapkan Zohal sebagai kata-kata simbolis yang berhubungan dengan sebuah tarian sufi.

BACA JUGA


Rekomendasi Buku Nonfiksi Dunia ala Sophia Latjuba. Perluas Wawasanmu dengan Bacaan Keren Berikut Ini!

Rekomendasi Buku Nonfiksi Dunia ala Sophia Latjuba. Perluas Wawasanmu dengan Bacaan Keren Berikut Ini!

Sophia ternyata juga hobi membaca loh. Dan bacaannya sebagian besar adalah buku non-fiksi yang jadi bestseller dunia

Read more..

Itulah 5 novel yang bisa menjadi referensi pengetahuanmu mengenai skizofrenia. Semoga bisa menjadi referensi kita jika seseorang di sekitar kita mengidap gangguan tersebut, sehingga kita bisa bercermin dari kelima novel di atas dan melakukan penanganan yang tepat. Selamat membaca!


Mau tahu topik-topik kekinian yang diulas secara mendalam? Cari tahu di Tahu Banget!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Novel-novel Tentang Skizofrenia Ini Bisa Menambah Pengetahuanmu untuk Menghadapi ODS. Sudah Baca Belum?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dini Ardianty | @diniardianty

A bibliophile, full time writer, Indonesian language teacher, and vegetarian

Silahkan login untuk memberi komentar