Nyeri Kram Saat Haid? Para Perempuan, Lakukan 7 Kebiasaan Baik Ini Agar Tetap Nyaman Saat Datang Bulan

photo credit: spectramag

Nyeri Kram Saat Haid? Para Perempuan, Lakukan 7 Kebiasaan Baik Ini Agar Tetap Nyaman Saat Datang Bulan

648
Nyeri di bagian bawah perut, saat menjelang dan saat haid memang akan sangat mengganggu kondisi psikis seorang perempuan. Jangan heran, kalau sedang di fase ini, para perempuan jadi mudah tersinggung dan marah.

Setiap bulan, para perempuan pasti mengalami yang namanya datang bulan. Nah, kalau sudah masa haid tiba, pasti sensasi kram perut yang tidak nyaman pernah kamu rasakan. Rasanya campur aduk banget deh, apalagi kalau sudah tidak tertahankan, bisa-bisa semua kegiatan menjadi tergganggu dan terbengkalai. Nyeri di bagian bawah perut, saat menjelang dan saat haid memang akan sangat mengganggu kondisi psikis seorang perempuan. Jangan heran, kalau sedang di fase ini, para perempuan jadi mudah tersinggung dan marah. Nah, supaya gangguan menyebalkan seperti ini tidak menghampiri dan ganggu aktivitas kamu. Berikut adalah 7 cara ampuh yang bisa mengatasi kram perut saat haid. Yuk, para perempuan merapat dan baca infonya berikut ini.


1. Jangan bosan konsumsi air putih

photo credit: DramaFever

Terdengar klise, namun lagi dan lagi, minum air putih menjadi salah satu hal termudah yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa sakit saat haid. Usahakan rutin dan banyak mengonsumsi air putih. Oh iya, kalau sebelum masa haid kamu cukup minum air putih, maka rasa nyeri saat haid bisa terhindarkan. Nah, saat nyeri melanda coba deh konsumsi air putih hangat, cairan hangat ini akan bisa melancarkan peredaran darah dari kulit dan membuat otot yang kram jadi lebih rileks.

Bagus juga konsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air seperti apel, semangka, pir, dan lain-lainnya.


2. Coba kompres dengan air hangat

photo credit: tokoalkes

Kalau sakitnya terasa cukup mengganggu, coba deh kompres perut kamu dengan air hangat. Bisa menggunakan handuk yang dibasahi dengan air hangat, lalu letakkan di atas perut atau pinggang kamu.


3. Konsumsi makanan yang bergizi

photo credit: The Huffington Post Australia

Saat sedang haid ada baiknya kamu mengonsumsi makanan yang mampu mengurangi rasa nyeri. Salah satunya adalah makanan yang memiliki kandungan kalsium, seperti susu, almond, sayuran hijau dan banyak lagi yang lainnya. Kalau kamu ingin ngemil, lebih baik konsumsi kacang almond, karena mengandung mangan yang kaya akan mineral dan dapat membantu mengurangi rasa sakit atau kram perut. Konsumsi makanan berlemak, alkohol dan kafein, hanya akan memperparah rasa sakitmu.


4. Lagi haid, bukan berarti nggak olahraga!

photo credit: Panduan Hidup Sehat

Bukan berarti kalau lagi haid, malas-malas dan jadi malas berolahraga, Sahabat Trivia. Malahan, dengan kamu olahraga tubuhmu akan mengeluarkan endorfin, yaitu zat yang fungsinya bisa meningkatkan mood. Salah satu olahraga yang bisa kamu lakukan adalah yoga. Banyak gerakan yoga yang mampu membantu mengurangi rasa kram dan nyeri para perutmu saat haid. Selain itu, kamu pun bisa menjadi relaks dan tenang, sehingga kram perut pun bisa perlahan-lahan berkurang. Ayo, gerak!


5. Kamu harus istirahat dengan cukup

photo credit: Alodokter

Di sela-sela kegiatanmu, coba deh luangkan waktu untuk beristirahat. Cara ini cukup mudah dilakukan untuk mengatasi nyeri yang berlebihan saat haid. Jadi, istirahat yang cukup adalah penting untuk kamu, Sahabat Trivia.


6. Rutin mengonsumsi kunyit asam

photo credit: CekSehat

Minuman yang alami memang banyak manfaatnya untuk kesehatan kita, salah satunya adalah kunyit asam. Minuman yang segar ini ternyata mampu lho untuk membantu mengurangi kram perut. Saat hari pertama, kamu bisa langsung meminumnya, akan lebih berkhasiat lagi saat kamu menyeduhnya dengan air panas dan minum selagi hangat.


7. Kamu harus menghindari memakai pakaian yang terlalu ketat

photo credit: pakerok

Nah, yang satu ini harus kamu hindari selama kamu sedang haid. Kurangi untuk mengenakan pakaian yang terlalu ketat, apalagi kalau kamu sedang mengalami nyeri atau perut kram yang sangat sakit. Pakaian yang terlalu ketat malah akan semakin memperparah rasa sakitnya.

BACA JUGA


Gagal Ginjal Bisa Terjadi Pada Kamu yang  Berusia 20-an Tahun Loh! Terapkan 3 Kebiasaan Penting Ini untuk Mencegahnya Sejak Dini!

Gagal Ginjal Bisa Terjadi Pada Kamu yang Berusia 20-an Tahun Loh! Terapkan 3 Kebiasaan Penting Ini untuk Mencegahnya Sejak Dini!

Kamu yang masih berusia 20-an tahun pun memiliki kemungkinan untuk mengalami gagal ginjal loh

Read more..

Kalau cara-cara di atas masih belum bisa mengatasi kram atau nyeri di perutmu, coba periksakan ke dokter ya, Sahabat Trivia. Semoga, cara-cara berikut ini bisa membantu kamu agar terhindar dari kram perut yang menyiksa.




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Nyeri Kram Saat Haid? Para Perempuan, Lakukan 7 Kebiasaan Baik Ini Agar Tetap Nyaman Saat Datang Bulan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Qiqi NurIndahSari | @qiqinurindahsari

Hi,Q! www.qiqinurindahsari.com

Silahkan login untuk memberi komentar