Obat Penyakit Mag, Inilah 7 Bahan Alami yang Ampuh Sehatkan Lambungmu!

Photo credit : sarahtsafuadah

Obat Penyakit Mag, Inilah 7 Bahan Alami yang Ampuh Sehatkan Lambungmu!

16.7K
Selain mengkonsumsi obat generik, kita juga dapat menggunakan bahan alami untuk mengurangi tingginya asam lambung yang merupakan salah satu penyebab sakit mag dan mempercepat pengobatan.

Penyakit mag tidak bisa disepelekan begitu saja. Jika tidak ditangani dengan benar, penyakit yang disebabkan iritasi lambung ini dapat berakibat fatal. Maka, lebih baik kita berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat penanganan dan pengobatan yang benar. Selain mengonsumsi obat generik, kita juga dapat menggunakan bahan alami untuk mengurangi tingginya asam lambung yang merupakan salah satu penyebab sakit mag dan mempercepat pengobatan. Berikut 7 bahan alami yang efektif mengurangi asam lambung, simak yuk!


1. Daun jambu biji

Selama ini kita mengenal daun jambu biji untuk mengobati diare, tapi ternyata daun jambu biji yang kaya akan senyawa anti-mutagenic ini juga dapat mengurangi bahkan menghilangkan sakit mag lho! Sahabat Trivia hanya tinggal merebus daun jambu biji yang sudah dicuci dengan tiga gelas air dan meminum air rebusan tersebut saat pagi dan malam hari. Saat meminumnya, lebih baik saat perut sudah terisi agar perut tidak perih.


Photo credit : sarankesehatan


2. Susu kedelai

Susu kedelai mengandung antioksidan kaya akan nutrisi, vitamin, protein, dan lemak. Lemak yang terkandung dalam susu kedelai lebih sedikit daripada lemak dalam susu sapi dan susu kambing, sehingga jenis susu ini aman bagi kalian yang menderita sakit mag. Caranya mudah kok, kamu hanya perlu minum susu kedelai hangat secara teratur setiap hari.


Photo credit : pengobatanhipertensi


3. Temulawak

Selain berfungsi sebagai obat jerawat, anemia, mengobati usus buntu tanpa operasi, dan pencegah kanker, temulawak juga dapat mengobati mag. Kandungan minyak atsiri dan kurkumin dalam temulawak berfungsi sebagai penambah nafsu makan dan anti radang, jadi sangat cocok untuk menjaga kesehatan lambung. Untuk mengobati mag, kamu bisa merebus potongan temulawak dan meminumnya dalam keadaan hangat satu kali sehari secara rutin.


Photo credit : merahputih


4. Lidah Buaya

Penelitian menyebutkan bahwa meminum jus lidah buaya secara rutin dapat mengatasi tukak lambung dan mengurangi asam lambung berlebih. Sahabat Trivia dapat membuat jus lidah buaya ini dari campuran daging lidah buaya, air, serta madu. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi daging lidah buaya secara langsung. Agar mendapatkan hasil maksimal, disarankan untuk mengonsumsinya dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore.

Photo credit : familinia


5. Kacang Hijau

Kacang hijau banyak digunakan sebagai bahan dasar berbagai makanan di Indonesia. Ternyata kacang hijau sangat baik untuk mengurangi asam lambung berlebih lho! Selain dapat dikonsumsi secara langsung, kamu juga bisa mengolahnya menjadi berbagai makanan seperti bubur kacang hijau, kolak, sari kacang hijau, dan masih banyak lagi. Konsumsi kacang hijau 3 kali sehari untuk membantu mengurangi asam lambung berlebih penyebab sakit mag ini.

photo credit: Klikdokter

6. Madu

Madu yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati sakit mag adalah madu asli, tanpa campuran apapun. Kamu cukup meminum madu asli secara rutin setiap hari. Selain untuk mengobati sakit mag, madu juga berfungsi untuk menambah stamina. Tapi, untuk kamu yang menderita diabetes, sebaiknya tidak mengkonsumsi madu dan beralih ke 6 bahan lainnya ya, Sahabat Trivia!

Photo credit : sarahtsafuadah


7. Alpukat

Daging buah alpukat memang baik untuk mengobati berbagai penyakit. Buah berwarna hijau kekuningan ini mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E yang berfungsi untuk mempercepat penyembuhan luka pada dinding lambung. Mengkonsumsi setengah buah alpukat sebelum makan bermanfaat untuk menghilangkan rasa perih pada lambung dan menormalkan kadar asam lambung yang tinggi.

Photo credit : newsday

[readmore]http://trivia.id/post/belajar-dari-dokter-ryan-thamrin-kenali-lebih-jauh-penyakit-mag-1502064760[/[readmore]

Ternyata bahan-bahan alami di sekitar kita bermanfaat sekali untuk menurunkan asam lambung yang tinggi dan mengobati sakit mag ya! Meski begitu, Sahabat Trivia juga harus tetap berkonsultasi dengan dokter mengenai makanan apa yang paling cocok dengan kondisi kesehatanmu. Selamat mencoba!





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Obat Penyakit Mag, Inilah 7 Bahan Alami yang Ampuh Sehatkan Lambungmu!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dini Ardianty | @diniardianty

A bibliophile, full time writer, Indonesian language teacher, and vegetarian

Silahkan login untuk memberi komentar