Olahraga Itu Nggak Susah. Berikut 4 Olahraga Simpel untuk Mempersehat Tubuhmu. Yuk, Mulai Olahraga dari Sekarang!

photo credit: Sehatista

Olahraga Itu Nggak Susah. Berikut 4 Olahraga Simpel untuk Mempersehat Tubuhmu. Yuk, Mulai Olahraga dari Sekarang!

210
Untuk tetap sehat bukanlah hal yang sulit. Namun, banyak orang suka beralasan untuk menghindari berolahraga. Padahal cukup beberapa olahraga simpel untuk tetap sehat.

Sahabat Trivia, menjaga kesehatan tubuh itu sangat penting karena tidak hanya biaya pengobatan sangat mahal, kamu harus ingat bahwa sembuh dari sakit juga bukan hal yang mudah. Seperti kata pepatah mencegah lebih baik dari mengobati. Maka, pencegahan penyakit harus dilakukan. Nah, tapi tidak mudah untuk menjaga pola makan, terutama dengan begitu banyak junk food yang sekarang beredar. Tidak perlu ke gym untuk berolahraga untuk tetap sehat. Cukup lakukan beberapa olahraga ringan dan simpel untuk membantu sistem kekebalan tubuh kamu.


Plank

photo credit: Live Strong

Mungkin olahraga ini terdengar seperti agak aneh karena berarti papan dalam bahasa Ingris. Namun, memang mirip dengan papan karena latihan plank dilakukan dengan posisi tengkurap. Angkat tubuhmu hanya dengan kekuatan lengan dan kakimu, dan kencangkan perutmu sambil mempertahankan tubuh untuk tetap lurus. Olahraga ini cukup dilakukan selama 20 detik, paling sedikit 10 detik. Jika kamu sudah merasa cukup mampu, kamu boleh menambahkan 5 detik pada latihannya. Untuk hasil maksimal 30 detik adalah targetmu. Latihan plank bisa membantu postur tubuh kamu dan memperkecil perutmu.


Sit up

photo credit: Get Healthy

Melakukan sit up sangat simpel. Duduk dan lipat lutut kamu. Letakkan tangan kamu menyilang di depan dada atau meletakan tangan di kepalamu untuk menjaga keseimbanganmu saat sit up. Biarkan tubuh bagian atas terlentang. Lalu, kencangkan otot perutmu, dan angkat tubuhmu hanya dengan kekuatan punggung, dimulai dari kepala baru punggung. Lakukan sekitar 5-10 kali sudah cukup untuk pemula. Jika kamu sudah merasa mampu, maka kamu bisa tambah 1-2 set. Targetmu adalah 3 set sehari. Jika kamu kesulitan, minta seseorang untuk menahan kakimu. Latihan sit up bisa membantu mengencangkan otot perut. Ingat ya, mengencangkan bukan mengecilkan.


Push up

photo credit: Parkour

Mirip dengan olahraga plank, namun kali ini letakan tanganmu menghadap tanah seperti ingin mendorongnya. Letakkan sedikit lebih lebar dari bahumu dan dorong tubuhmu naik hanya dengan lenganmu. Pastikan postur tubuhmu tetap tegak saat melakukan push up. Setelah itu, turun ke posisi semula, namun tahan saat cukup dekat dengan tanah dan lakukan berulang 5-10 kali untuk pemula. Jika kamu merasa cukup mampu, tambahkan 1-2 set. Sama seperti sit up, targetmu adalah 3 set sehari. Ingat, kamu berniat untuk sehat, bukan untuk menjadikan tubuhmu seperti Arnold Schwarzenegger. Latihan push up bisa membantu proses metabolisme tubuh.


Squat jump

photo credit: Popsugar

Squat jump dilakukan dengan posisi berdiri. Saat posisi berdiri tegak, jongkok, dan dorong tubuhmu dengan kakimu. Saat pendaratan, usahakan untuk menggunakan jari-jari kakimu dan lakukan berulang. Untuk pemula, cukup lakukan selama 10 detik. Jika sudah merasa lebih mampu, kamu boleh menambahkan 10 detik lagi. Targetmu adalah squat jump selama 30 detik. Latihan squat jump bisa membantu pembakaran kalori dan pembentukan otot kaki.

BACA JUGA


Gerakan Olahraga Ini Bisa Kamu Lakukan di Rumah Lho. Yuk, Ikuti Gerakannya dan Hidup Sehat Dimulai dari Sekarang!

Gerakan Olahraga Ini Bisa Kamu Lakukan di Rumah Lho. Yuk, Ikuti Gerakannya dan Hidup Sehat Dimulai dari Sekarang!

Buat kamu yang mungkin malas untuk keluar rumah buat olahraga, ternyata kamu tetap bisa kok melakukan olahraga dan dilakukan di rumah

Read more..

Nah, itulah empat olahraga simpel untuk membantumu mempersehat tubuhmu, Sahabat Trivia. Tidak perlu waktu yang lama dan tidak perlu alat-alat tambahan. Kamu bisa melakukannya di pagi hari atau malam hari karena kamu tidak perlu apa pun. Namun, perlu diingat bahwa melakukannya berlebihan bisa fatal, sehingga lakukan dengan sederhana. Tidak perlu memaksakan diri. Kamu sendiri yang menentukan batasnya. Untuk lebih aman, mintalah seseorang untuk mengawasi dan membantumu olahraga.





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Olahraga Itu Nggak Susah. Berikut 4 Olahraga Simpel untuk Mempersehat Tubuhmu. Yuk, Mulai Olahraga dari Sekarang!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Anata Phindhika | @anataphindhika

Silahkan login untuk memberi komentar