Olahraga Ringan di Kantor Ini Sangat Dibutuhkan. Lakukan Ini Untuk Menjagamu Tetap Sehat di Tengah Kesibukan

photo credit: americanpfta

Olahraga Ringan di Kantor Ini Sangat Dibutuhkan. Lakukan Ini Untuk Menjagamu Tetap Sehat di Tengah Kesibukan

9.9K
Olahraga adalah salah satu kunci hidup sehat. Walaupun di tengah kesibukan, jangan sampai lupa melakukan olahraga ringan ini, ya!

Pekerja kantoran umumnya jarang punya waktu luang untuk berolahraga. Masuk kantor jam 8 pagi, pulang jam 5 sore, sampai rumah sudah lelah dan ingin beristirahat. Kalau sudah begini, olahraga pasti dikesampingkan, padahal menggerakkan badan adalah kunci agar kita tetap bugar. Beberapa cara di bawah ini bisa dijadikan referensi supaya kamu tetap bisa berolahraga tanpa mengganggu waktu kerja. Simak, yuk!


Berjalan kaki ke kantor

Berjalan Kaki Ke Kantor - photo credit: ordnancesurvey
photo credit: ordnancesurvey

Jalan kaki adalah olahraga yang murah meriah dan mudah dilakukan. Kalau kantormu lumayan dekat dengan tempat tinggal, berjalan kaki bisa jadi pilihan. Jika kantormu jauh, kamu bisa naik angkutan umum dan turun di tempat yang sekiranya tidak seberapa jauh dari kantor, lalu melanjutkan perjalananmu dengan berjalan kaki. Sekalipun tampak sepele, berjalan kaki punya banyak manfaat, lho. Salah satunya adalah memperlancar peredaran darah di tubuh.


Hindari lift, naik tangga aja

Hindari Lift, Naik Tangga Aja - photo credit: thetimes
photo credit: thetimes

Jika kantormu terdiri dari beberapa lantai, kamu bisa memanfaatkan tangga sebagai alat olah ragamu. Jauhi lift dan biasakan untuk naik-turun tangga. Kamu bisa memulai kebiasaan ini secara bertahap. Selain membakar lemak, naik-turun tangga juga bermanfaat untuk membentuk dan menguatkan otot, lho!


Peregangan leher

Peregangan Leher - photo credit: readersdigest
photo credit: readersdigest

Berjam-jam menatap komputer bisa mengakibatkan leher kaku karena berada pada posisi yang sama terus-menerus. Jangan lupa untuk melakukan peregangan leher dengan cara memiringkan kepala ke kanan dan kiri, hingga telinga menyentuh pundak, lalu tahan beberapa detik.


Push up dengan meja

Push Up Dengan Meja - photo credit: verifiedforskolin
photo credit: verifiedforskolin

Push up dengan meja bisa dilakukan dengan cara berdiri beberapa langkah di depan mejamu dengan kaki rapat. Letakkan telapak tanganmu di tepi meja, beri jarak selebar bahu seperti jika kamu hendak melakukan push up biasa. Bawa dadamu turun ke dekat sisi meja seperti melakukan push up. Ulangi 20 kali.


Peregangan kaki

Peregangan Kaki - photo credit: expertrain
photo credit: expertrain

Sambil duduk di kursi seperti biasa, lakukan peregangan pada kaki. Naikkan kaki dari lantai hingga lutut lurus sempurna dan otot-ototnya berkontraksi. Ulangi dan lakukan beberapa kali. Selain mengencangkan otot paha, gerakan ini juga bisa membantu mengencangkan otot perut, lho!


Sehatkan mata

Sehatkan Mata - photo credit: essaywow
photo credit: essaywow

Kalau sudah fokus dengan pekerjaan, pandangan kamu tidak akan teralihkan dari layar komputer. Untuk menjaga kesehatan mata, alihkan fokus dan perhatian dari layar komputer setiap 30 menit atau lebih dengan melihat pemandangan lain seperti jendela, jam, meja atau pintu. Lebih baik lagi, usahakan melihat hal yang jauh, ini akan membantu meningkatkan gerakan mata dan mengurangi kemungkinan iritasi mata.


Bersepeda ke kantor

Bersepeda Ke Kantor - photo credit: globalcool
photo credit: globalcool

Selain jalan kaki, sepeda juga bisa dijadikan alternatif untuk pergi-pulang kantor sekalian berolahraga. Harga sepeda relatif terjangkau, dan tidak memerlukan ruang yang besar untuk disimpan di rumah. Bersepeda baik untuk kesehatan jantung, memperkuat otot kaki, dan melatih pernapasan.


Itu tadi beberapa tips olahraga ringan untuk kamu-kamu yang sibuk di kantor. Tak ada alasan untuk meninggalkan olahraga, ya. Menjaga kesehatan itu wajib hukumnya dan olah raga adalah salah satu kunci pentingnya. Selamat berolahraga, Sahabat Trivia!


#NulisTiapHari #TriviaWritersCamp



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Olahraga Ringan di Kantor Ini Sangat Dibutuhkan. Lakukan Ini Untuk Menjagamu Tetap Sehat di Tengah Kesibukan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Aulia Rachma | @Rachaulia

love. travel. kind. ASN. writer. blogger. learner. | ceritatentangpelangi.blogspot.com

Silahkan login untuk memberi komentar