Oleh-Oleh Khas Kota Medan yang Tahan Lama. Jangan Lupa Bawa Pulang untuk Orang Tersayang

Photo credit: Resep dan Masakan

Oleh-Oleh Khas Kota Medan yang Tahan Lama. Jangan Lupa Bawa Pulang untuk Orang Tersayang

1K
Sudah jalan-jalan, saatnya beli jananan dan oleh-oleh khas Medan yuk!

Memang asyik banget deh kalau sudah jalan-jalan ke kota terbesar ke empat yang Indonesia miliki ini nih, Sahabat Trivia. Selain karena banyak sekali lokasi atau destinasi wisata yang kece dan instagrammable, kuliner yang unik dan selalu bikin kangen, Medan juga memiliki banyak sekali makanan atau camilan yang bisa kamu bawa pulang sebagai buah tangan untuk keluarga, teman, dan pacar. Sudah puas berjalan-jalan mengelilingi kota Medan yang menyimpan banyak pesona, kini saatnya kamu beli jajanan dan oleh-oleh khas kota Medan nih, Sahabat Trivia! Tapi, kira-kira apa ya buah tangan yang terjangkau dan tahan lama untuk orang rumah? Nah, berikut ini 7 pilihan oleh-oleh yang bisa kamu bawa sebagai buah tangan alias oleh-oleh untuk keluarga nih. Selamat berbelanja!


1. Bika Ambon

Photo credit: Resep dan Masakan

Jangan tanya lagi ya kenapa namanya bika ambon padahal panganan ini khas kota Medan! Lupakan soal asal usul nama dari bika ambon, kue khas Medan ini. Karena yang pasti, kalau sudah datang ke Medan, makanan yang wajib dijadikan oleh-oleh adalah bika ambon. Harganya tidak mahal namun bika ambon bisa sangat awet hingga 4 hari lamanya. Jadi aman deh kalau kamu memebeli oleh-oleh ini.


2. Teri Medan

Photo credit; Tokopedia

Jangan lihat dari ukurannya, meski kecil, tapi teri Medan ini banyak sekali loh penggemarnya. Dan kalau sudah mampir ke Medan, salah satu makanan yang juga wajib kamu santap ya teri Medan. Apalagi kalau kamu mengolahnya bersama sambal kacang. Sandingkan dengan nasi hangat, pasti rasanya dijamin membuat lidah kamu bergoyang.


3. Bolu Meranti


Oleh-oleh inilah yang paling sering 'ditodong' sama keluarga dan teman-teman yang tahu kalau kita sedang ada di Medan, bolu Meranti. Entah apa yang membuatnya berbeda dari bolu gulung yang lain, yang pasti rasanya selalu mampu membuat kita ingin makan lagi dan makan lagi. Paling pas kalau makan bolu Meranti bersama teh manis hangat atau kopi.


4. Durian Medan

Photo credit; Ucok Durian

Sudah tidak ada lagi deh yang meragukan kelezatan durian asli dari Medan ini. Rasanya yang manis, tekstur dagingnya yang lembut dan tebal membuat durian Medan ini menjadi salah satu oleh-oleh yang dinantikan oleh orang-orang rumah.


5. Kain Ulos

Photo credit; Simarmata

Oleh-oleh satu ini memang bukan makanan, tapi paling pas dijadikan oleh-oleh untuk orang tersayang. Kain ulos merupakan kain yang menjadi kebanggaan bagi warga Sumatera Utara. Nah, kalau mampir ke Yogyakarta kamu bisa membeli batik, kalau ke Medan kamu akan bertemu deh dengan kain ulos. Kain ini sangat akrab dengan upacara-upacara khusus di Medan, misalnya upacara pernikahan. Namun, memang harga kain ulos asli memang terbilang mahal, namun mengingat proses pembuatannya yang rumit dan memakan waktu yang cukup lama, rasanya harga yang mahal terasa pantas untuk kain ulos yang indah. Apalagi kalau memang kamu membelinya untuk keperlun mengikuti upacara tertentu.


6. Kacang Sihobuk

Photo credit; food

Oleh-oleh selanjutnya yang tidak kalah wajb dibawa pulang ke ibu kota adalah kacang Sihobuk. Kacang yang berasal sari Desa Sihobuk, Tarutung, Tapanuli Utara ini rasanya manis dan gurih. Teksturnya yang renyah membuat kita tidak bisa berhenti mengunyah hingga habis kacangnya. Kacang sihobuk merupakan kacang pilihan dengan kualitas terbaik, sehingga rasanya sudah dijamin enak.


7. Manisan jambu

Photo credit; bukalapak

Kalau kamu mencicipinya sekali saja, pasti akan langsung ketagihan dan tidak rela kehabisan manisan jambu khas Medan ini. Ternyata, jambu biji yang masih muda lebih nikmat jika iolah menjadi manisan loh. Dan rasanya, sudah pasti akan membuat kamu ingin makan lagi dan lagi. Pokoknya, manisan jambu ini menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib kamu pulang untuk disantap bersama dengan keluarga. Manisan jambu juga bisa tahan hingga 3 hari loh, jadi aman deh!

BACA JUGA


Medan Menyimpan Banyak Pesona. Berikut Pesona Medan yang Perlu Kamu Tahu

Medan Menyimpan Banyak Pesona. Berikut Pesona Medan yang Perlu Kamu Tahu

Bosan ke Bandung, Jogjakarta atau Surabaya? Coba dong terbang lebih jauh lagi, Medan bisa banget lho kamu jadikan destinasi liburanmu ...

Read more..

Nah, sudah tidak bingung ingin membawakan oleh-oleh apa untuk sanak keluarga, sahabat, dan pacar yang menantimu di ibu kota bukan?




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Oleh-Oleh Khas Kota Medan yang Tahan Lama. Jangan Lupa Bawa Pulang untuk Orang Tersayang". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rezita Rani | @rezitarani

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week