Pakai Tinder atau Aplikasi Kencan Lainnya untuk Cari Jodoh? Jangan Lakukan Hal-Hal Berikut Ini Yah!

Photo credit: womenshealthmag

Pakai Tinder atau Aplikasi Kencan Lainnya untuk Cari Jodoh? Jangan Lakukan Hal-Hal Berikut Ini Yah!

4.9K
Pakai aplikasi kencan untuk cari jodoh sudah bukan hal yang baru lagi sekarang. Jika kamu baru mau menggunakan atau sudah mulai bertanya-tanya mengapa belum juga menemukan jodohmu walau sudah menggunakan aplikasi ini. Coba cek jangan-jangan kamu melakukan 8 kesalahan ini.

Kalau jodoh memang tidak akan kemana-mana, tapi kalau tidak kemana-kemana bagaimana mau dapat jodoh? Beruntung zaman sekarang segalanya jadi serba mudah dengan adanya berbagai aplikasi dan koneksi internet yang menghubungkan segalanya termasuk calon jodoh.

Bagi para single yang ingin mendapatkan pasangan menggunakan aplikasi kencan bisa jadi solusinya. Kamu tidak perlu lagi memasang biodatamu pada kolom kontak jodoh di surat kabar untuk menemukan the right one-mu. Kamu mungkin sudah pernah mendengar atau bahkan menggunakan aplikasi kencan seperti Tinder, Wavoo, Badoo, Hinge, atau aplikasi sejenis lainnya. Tidak sedikit kok kisah sukses dari para pencari pasangan melalui dating aplikasi ini, seperti pengalaman Maqeba dan Irvan yang berakhir di pelaminan.

Jika kamu sudah tertarik mencoba aplikasi kencan atau mulai bertanya-tanya mengapa belum juga menemukan jodohmu walau sudah menggunakan aplikasi ini. Coba cek jangan-jangan kamu melakukan 8 hal terlarang ini.

Jika kamu mau sukses menemukan pasangan idamanmu melalui aplikasi kencan, pastikan kamu tidak melakukan hal-hal berikut ini.


1. Menggunakan Foto yang Tidak Menggambarkan Dirimu


Kita semua tahu kesan pertama terutama melalui media dating, berawal dari mata, look first, think later. Kamu pun baik sengaja atau tidak mungkin menilai melalui foto terlebih dulu. Memang benar menggunakan foto yang menarik adalah salah satu kuncinya. Tapi jauh lebih penting jika foto yang kamu pasang cukup merepresentasikan dirimu. Jika fotomu menggunakan lipstik berwarna merah membuatmu tampak kece, tapi sebenarnya kamu tidak nyaman menggunakannya dalam hidupmu sehari-hari sebaiknya jangan gunakan foto itu. Karena bisa saja kamu memang menarik perhatian banyak laki-laki, tapi besar kemungkinan bukan “dirimu” yang benar-benar dia sukai, sebaliknya dia pun bisa jadi memang bukan tipemu.

Foto dengan wajah tersenyum ramah bisa menjadi nilai plus. Pastikan wajahmu terlihat jelas tanpa menutupinya dengan kacamata hitam atau menggunakan foto bersama teman-temanmu.


2. Membiarkan Deskripsi Profil Tidak Lengkap


Sebelum memulai interaksi, seseorang perlu mengetahui siapa dirimu. Foto yang menarik tidak tapi dengan data profil yang tidak lengkap atau bahkan kosong akan menimbulkan keraguan. Jika kamu memang berniat menemukan jodohmu, maka sempatkan waktu 10 hingga 15 menit untuk melengkapi data dirimu. Informasi seperti hobi, film favorit, dan sejenisnya juga berguna untuk membuat orang dengan ketertarikan yang sama, menemukanmu.

Selain itu informasi yang lengkap dan spesifik akan memudahkan orang yang tertarik padamu dalam mencari topik pembicaraan.


3. Mengawali Percakapan dengan “Hai”


Berdasarkan data dari laporan Hinge, sapaan ‘hai’ mendapatkan respon yang sangat kecil. Sekedar kata “hai” tidak akan membuat penerima pesan merasa tertarik untuk segera menjawab. Selain terkesan membosankan, kamu juga akan terlihat tidak terlalu cerdas karena tidak bisa mengangkat topik yang menarik.

Daripada “hai” kamu bisa mengawali percakapan dengan pertanyaan unik yang akan membuatmu terlihat menarik. Menurut data dari Hinge, perempuan cenderung lebih tertarik ketika mendapat pertanyaan yang berkaitan dengan makanan.


4. Terlalu Lama Memberi Respon


Berdasarkan laporan dari aplikasi Hinge, diketahui bahwa ketertarikan laki-laki akan menurun hingga 25% ketika pesannya direspon lebih dari 6 jam. Berbeda dengan perempuan yang lebih sabar (hanya turun sekitar 5%), laki-laki tidak suka menunggu terlalu lama. Jadi jika kamu memang tertarik dengan orang tersebut, tidak perlu mengulur-ngulur waktu untuk membalas pesannya. Karena lamanya respon bisa ditangkap sebagai tanda ketidaktertarikan sehingga membuat laki-laki menjadi malas melanjutkan.


5. Terlalu Banyak Bercerita tentang Dirimu


Mungkin kamu bertemu orang yang tepat dan menyenangkan diajak bicara, tapi bukan berarti kamu bisa langsung menceritakan segalanya tentangmu. Akan lebih baik jika kamu juga mencoba menggali informasi tentangnya dengan juga bertanya bukan hanya bercerita. Menceritakan dirimu terlalu banyak juga akan menjadikanmu orang yang membosankan.


6. Tidak Percaya Diri untuk Memulai Obrolan

Photo credit: datetricks.com

Jika biasanya kamu malu-malu mengawali obrolan duluan, sebaiknya kamu cukup percara diri mengawali obrolan saat menggunakan aplikasi kencan ini. Tidak perlu ragu untuk menyapa duluan kok, asal kamu tidak melakukan kesalahan seperti di poin 3, kamu yang terlihat percaya diri justru memberimu nilai plus.


7. Bersikap Terlalu Terburu-Buru


Jika akhirnya kamu merasa telah menemukan the right one-mu, maka selamat! Tapi tunggu dulu, jangan sampai rasa senang yang kamu rasakan membuatmu terburu-buru dalam mengambil tindakan. Walau obrolan terasa menyenangkan bukan berarti kalian harus segera melakukan kencan di dunia nyata sesegera mungkin. Semua hal butuh proses, nikmati saja dulu interaksimu sampai kalian berdua sama-sama yakin. Sikap yang terburu-buru seperti memaksanya segera bertemu atau menyatakan perasaanmu terlalu cepat justru akan membuatnya ketakutan.


8. Berpura-Pura Menjadi Orang Lain


Demi menyesuaikan ketertarikan, kamu berpura-pura hobi membaca dan padahal kamu tidak suka membaca? Duh, jangan sampai deh kamu sampai berpura-pura jadi orang lain. Jika kamu memang berniat mencari jodoh yang sesuai denganmu, maka menjadi diri sendiri adalah pilihan terbaik. Kamu tentu tidak mau menipu orang lain dan dirimu terus-terusan, kan?

Selain menghindari 8 hal ini, kamu juga tetap perlu selalu waspada. Manfaatkan browser dan koneksi internetmu untuk mengecek kebenaran orang yang kamu temui di aplikasi kencan. Walaupun tidak 100% akurat, paling tidak kamu punya informasi tambahan sebagai bahan pertimbanganmu. Selain calon jodoh, bukan tidak mungkin kamu juga dapat menemukan banyak teman baru dari aplikasi-aplikasi ini. Selamat mencoba!

Baca juga: Tips Dapat Jodoh dari Henry Manampiring untuk Perempuan Pintar yang Sulit Dapat Pasangan


Nah, sudah tahu kan tips jitu mencari jodoh menggunakan aplikasi online? Sekarang coba cari jodohmu di bawah ini yuk! Ikuti cara mainnya, karena tersedia saldo Go-Pay senilai Rp. 500.000 untuk 10 orang yang beruntung!





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Pakai Tinder atau Aplikasi Kencan Lainnya untuk Cari Jodoh? Jangan Lakukan Hal-Hal Berikut Ini Yah!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ulfa Sekar Langit | @ulfasekar

Psychology student at Universitas Indonesia. https://starinthebox.blogspot.com

Silahkan login untuk memberi komentar