Para First Lady Amerika Serikat Ini Sangat Berpengaruh dan Dikenang Masyarakat. Tak Kalah dengan Presiden Ya

photo credit: huffpost

Para First Lady Amerika Serikat Ini Sangat Berpengaruh dan Dikenang Masyarakat. Tak Kalah dengan Presiden Ya

941
First Lady adalah jabatan yang diberikan kepada istri presiden Amerika Serikat yang sedang menjabat. Yuk kenalan dengan para First Lady yang berpengaruh dan sangat dikenang berikut ini.

Tanggal 20 Januari yang lalu, Amerika Serikat mengadakan inagurasi untuk presiden terpilih Donald Trump. Istri Presiden Trump, yakni Melania Trump pun resmi menyandang jabatan sebagai First Lady, gelar yang diberikan kepada istri presiden yang sedang menjabat. Selama pasangannya menjabat sebagai presiden, para First Lady pada umumnya turut berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Berikut Trivia rangkum tujuh First Lady Amerika Serikat yang sangat berpengaruh dan jasanya masih dikenang sampai saat ini.


1. Abigail Adams

 1. Abigail Adams - Photo Credit: Mentalfloss
Photo Credit: Mentalfloss

Abigail Adams adalah istri dari presiden kedua Amerika Serikat, John Adams. Abigail Adams merupakan First Lady Amerika Serikat pertama yang tinggal di Gedung Putih. Dia berperan besar dalam masa-masa awal berdirinya Amerika Serikat karena menjadi rekan diskusi suaminya. Abigail Adams bahkan sering dijuluki sebagai 'Mrs. President' atau Ibu Presiden karena pengaruhnya yang cukup kuat.


2. Eleanor Roosevelt

2. Eleanor Roosevelt - Photo Credit: Quietrev
Photo Credit: Quietrev

Eleanor Roosevelt adalah istri dari presiden Amerika Serikat ke-32, Franklin D. Roosevelt. Dia menjadi First Lady terlama yakni selama 12 tahun. Sama seperti Abigail Adams, Eleanor Roosevelt sangat berkontribusi membantu sang suami dalam masa kepemimpinan, khususnya selama Perang Dunia II terjadi. Selepas menjabat sebagai First Lady, Eleanor masih terus berkontribusi dengan menjadi delegasi Amerika Serikat untuk Persatuan Bangsa-Bangsa.


3. Jacqueline Kennedy

3. Jacqueline Kennedy - Photo Credit: Huffpost
Photo Credit: Huffpost

Jacqueline Kennedy atau yang sering disapa Jackie adalah istri dari Presiden John F. Kennedy, presiden Amerika Serikat ke-35. Sebagai sosok yang yang mencintai seni, Jackie berkontribusi dalam upaya mempromosikan dan melestarikan kesenian Amerika Serikat. Selain itu, Jackie adalah sosok yang kuat dimana dia tetap tegar meskipun suaminya dibunuh. Dalam masa perkabungan, dia juga menyemangati bangsanya untuk tetap menatap ke depan. Ketegaran ini membuatnya menjadi sosok First Lady yang sangat dikenang. Bahkan, Hollywood telah membuat film biografi mengenai dirinya yang diperankan oleh Natalie Portman.


4. Nancy Reagan

4. Nancy Reagan - Photo Credit: Variety
Photo Credit: Variety

Sebagai istri presiden ke-40 Amerika Serikat, Nancy Reagan menjadi First Lady yang giat mempromosikan gerakan anti narkoba. Kampanyenya yang terkenal adalah kampanye 'Just Say No' atau 'Katakan Tidak'. Dia bahkan menjadi First Lady pertama yang diundang dalam United Nations General Assembly dan menjadi pembicara untuk masalah narkoba di kancah internasional. Selain itu, cinta Nancy kepada suaminya, Ronald Reagan, juga membuatnya dikenang masyarakat. Dia secara sukarela menjadi pelindung sang suami terutama setelah suaminya mendapat ancaman pembunuhan.


5. Hillary Clinton

5. Hillary Clinton - Photo Credit: Abcnews
Photo Credit: Abcnews

Nama Hillary Clinton tentu tidak asing lagi di telinga Sahabat Trivia. Kandidat presiden Amerika Serikat ini sempat menjadi First Lady saat suaminya, Bill Clinton, menjadi presiden Amerika Serikat ke-42. Hillary Clinton memang sosok yang aktif di dunia politik. Saat menjadi First Lady, dia mengadvokasi reformasi sistem kesehatan serta mengatasi isu-isu yang berkaitan dengan anak-anak dan wanita. Setelahnya, ia masih tetap aktif dengan menjadi Senator New York, Sekretaris Negara Bagian, dan mencalonkan diri sebagai presiden ke-45 Amerika Serikat. 


6. Laura Bush

6. Laura Bush - Photo Credit: Huffingtonpost
Photo Credit: Huffingtonpost

Laura Bush adalah istri dari George W. Bush, presiden ke-43 Amerika Serikat. Sebelum menjadi First Lady, Laura adalah seorang guru dan pustakawan. Dia menjadi populer karena kontribusi konkretnya di bidang pendidikan. Laura meluncurkan program 'Ready to Read, Ready to Learn' yang fokus pada upaya peningkatan minat baca masyarakat. Dia juga mendorong perekrutan guru-guru berkualitas untuk meningkatkan mutu pendidikan Amerika Serikat. 


7. Michelle Obama

7. Michelle Obama - Photo Credit: History
Photo Credit: History

First Lady satu ini populer karena kecerdasan dan kepeduliannya di banyak aspek kehidupan masyarakat. Sebagai istri presiden ke-44 Amerika Serikat, dia menunjukkan kepemimpinan yang tak kalah baik dari sang suami. Michelle membuat berbagai aksi nyata di bidang sosial seperti mengatasi obesitas pada anak-anak, meningkatkan kesejahteraan veteran, serta mendukung pendidikan untuk wanita muda. Karena kepeduliannya ini, banyak masyarakat yang secara terang-terangan berharap ia untuk mencalonkan diri sebagai presiden Amerika Serikat berikutnya.

BACA JUGA


Selain Melania Trump, Kecantikan 7 Ibu Negara Ini Juga Banyak Dibicarakan Orang

Selain Melania Trump, Kecantikan 7 Ibu Negara Ini Juga Banyak Dibicarakan Orang

Nah, selain karena memberikan inspirasi untuk bagi para rakyat di negaranya masing-masing, para ibu negara ini ternyata memiliki sisi lain ...

Read more..

Itulah tujuh First Lady Amerika Serikat yang berpengaruh dan dikenang oleh masyarakat. Mereka mampu menginspirasi dalam pelayanan mereka menjadi Ibu Negara. Adakah sosok First Lady lainnya yang menjadi inspirasi sahabat Trivia? Yuk bagikan kisahnya di kolom komentar!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Para First Lady Amerika Serikat Ini Sangat Berpengaruh dan Dikenang Masyarakat. Tak Kalah dengan Presiden Ya". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Yoana WK | @YoanaWida

In love with stars, sea, and woods. Addicted to exchange currency with experience. Full time traveler, part time social worker. Follow my journey on Instagram: yoana.widkris

Silahkan login untuk memberi komentar