Para Hacker Mencuri Film Terbaru Disney. Film Tentang Malware dan Hacker yang Terinspirasi Kisah Nyata Ini Cocok Kamu Tonton Sekarang

Photo credit: Gendol Movies

Para Hacker Mencuri Film Terbaru Disney. Film Tentang Malware dan Hacker yang Terinspirasi Kisah Nyata Ini Cocok Kamu Tonton Sekarang

103K
Film-film ini diangkat dari kisah nyata yang bisa memicu adrenalin sekaligus membuat penontonnya waspada terhadap serangan siber yang bisa datang kapan saja.

Hari-hari ini kita mendapat banyak kabar tentang instansi maupun perseorangan dari berbagai belahan dunia yang terkena serangan virus Ransomware Wannacry, semacam malware atau virus komputer yang menyerang sistem operasi Windows. Rupanya industri hiburan Hollywood juga tidak luput dari serangan siber ini. Dilansir dari laman Hollywood Reporter, CEO Walt Disney, Bob Iger, pada hari Senin lalu mengungkapkan bahwa film terbaru Disney yang baru saja akan dirilis di bioskop telah dicuri oleh para hacker.

Ia tidak mengakatakan secara terang film apa yang telah dicuri, namun santer terdengar bahwa itu adalah film Pirates of The Caribbean: Dead Men Tell No Lies. Jika memang benar, maka film tentang para bajak laut itu telah dibajak.

Kabarnya, para hacker ini meminta sejumlah uang tebusan, alias ransom yang besar dalam bentuk BitCoin, sejenis mata uang virtual yang bisa diakses hanya dengan cara online. Mereka mengancam akan membocorkan lima menit pertama film tersebut lalu dua puluh menit selanjutnya sampai tuntutan mereka terpenuhi. Meski demikian, pihak Disney menolak untuk membayarkan sejumlah ransom yang diminta para hacker tersebut dan memilih jalur hukum yaitu bekerja sama dengan para penyidik federal.

Sebelumnya, para hacker juga melakukan hal serupa pada serial Web TV Orange Is The New Black beberapa minggu yang lalu. Mereka mengunggah 10 episode terbarunya ke Pirate Bay setelah Netflix menolak membayar sejumlah uang tebusan.

Episode tersebut diunggah di Pirate Bay enam minggu menjelang peluncuran resmi 9 Juni nanti.

Bicara tentang malware dan hacker di industri hiburan, sebenarnya kita tidak asing dengan aksi para hacker. Tema-tema tentang serangan siber beberapa kali diangkat ke dalam film dokumenter hingga layar lebar. Film-film ini diangkat dari kisah nyata yang bisa memicu adrenalin sekaligus membuat penontonnya waspada terhadap serangan siber yang bisa datang kapan saja. Dua film inilah yang populer di kalangan para penikmat film.


1. Zero Days (2016)

Video credit: Youtube kanal Madman Films

Film dokumenter ini disutradarai adalah Alex Gibney yang sebelumnya membuat film tentang Steve Jobs, Wikileaks, dan sejumlah film konspirasi lainnya. Cerita dalam film Zero Days fokus pada malware bernama Stuxnet.

Virus komputer yang muncul pada tahun 2010 ini menyerang piranti lunak Siemens dan sistem operasi Microsoft Windows. Kebanyakan, virus ini menginfeksi komputer-komputer di Iran sehingga menimbulkan kecurigaan keterlibatan AS dan Israel.

Serangan siber tersebut melumpuhkan seperlima tabung pengayaan uranium milik Iran, fasilitas industri dan sipil lainnya. Selain itu, Stuxnet diklaim bisa hinggap ke segala komputer di dunia, bahkan ketika tidak tersambung ke internet serta mengandung beberapa 'zero day exploits', yang artinya ia bisa menjalankan misi tersembunyinya tanpa adanya peringatan atau pengiriman sinyal dari luar. Film ini menyuguhkan berbagai pendapat ahli spesialis keamanan online serta spionase dan operasi rahasia yang melibatkan para tokoh dunia.


2. Who Am I: No System Is Safe (2014)

Video credit: Youtube kanal Movieclips Trailers

Film yang disutradarai oleh Baron bo Odar ini bercerita tentang aksi para peretas di Berlin yang pernah meneror negara Jerman. Bukan hanya adegan kejar-kejaran antara Intel Eropa dan hacker yang diangkat dalam film ini, melainkan juga sisi psikologis tokohnya. Adalah Benjamin, sang tokoh utama yang digambarkan sebagai introvert dan sering di-bully di dunia nyata tetapi ia cukup disegani di dunia maya berkat kemampuannya dalam urusan coding.

Ia kemudian bertemu rekan-rekan baru lalu membentuk grup hacker bernama CLAY (Clowns Laughing At You) dan adu kehebatan dengan grup hacker FR13NDS. Mereka membobol sistem keamanan perusahaan farmasi hingga BND, Badan Intelijen Federal Jerman.

Film ini semakin seru menggunakan alur yang maju mundur. Penonton pasti dibuat terkejut dengan ending yang tidak terduga.

BACA JUGA


Film-FIlm tentang Detektif Ini Akan Bikin Pikiran Kamu Penuh dengan Teka-Teki. Ini Dia Rekomendasinya Buat Kamu, Sahabat Trivia

Film-FIlm tentang Detektif Ini Akan Bikin Pikiran Kamu Penuh dengan Teka-Teki. Ini Dia Rekomendasinya Buat Kamu, Sahabat Trivia

Film yang genrenya romantis, horor, komedi, atau animasi mungkin sudah bosan dan biasa. Kenapa nggak kamu menonton film tentang detektif? ...

Read more..

Nah, Sahabat Trivia, film tentang malware dan hacker ini menyadarkan kita di era digital ini agar selalu waspada terhadap serangan siber yang bisa datang kapan saja. Menanggapi arahan Kominfo terkait Ransomware Wannacry, baiknya kita senantisa memproteksi komputer masing-masing serta segera mengamankan berbagai file penting sebagai langkah antisipasi jika kemungkinan terburuk terjadi.





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Para Hacker Mencuri Film Terbaru Disney. Film Tentang Malware dan Hacker yang Terinspirasi Kisah Nyata Ini Cocok Kamu Tonton Sekarang". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Henny Alifah | @hennyalifah

Writer and Knitter

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week