Para Hacker yang Berhasil Meretas dan Mencuri Perhatian Dunia. Dari Indonesia Juga Ada Nih, Sudah Tahu Belum?

photo credit: Sukses Muda

Para Hacker yang Berhasil Meretas dan Mencuri Perhatian Dunia. Dari Indonesia Juga Ada Nih, Sudah Tahu Belum?

7.7K
Ada yang melakukannya karena motivasi untuk mendapatkan keuntungan tapi ada juga yang melakukannya hanya sebagai tantangan.

Dalam dunia komputer, istilah hacker sudah tidak asing lagi di telinga. Hacker sendiri artinya adalah orang yang mempelajari, analisis, modifikasi, dan juga menerobos komputer serta jaringannya. Ada yang melakukannya karena motivasi untuk mendapatkan keuntungan tapi ada juga yang melakukannya hanya sebagai tantangan. Hacking skala rendah seperti hacking email, Facebook atau media sosial lainnya. Namun, ada lagi yang sampai meretas website-website penting sehingga sampai mencuri perhatian dunia. Ada yang sampai membuat kerugian negara sampai jutaan dollar karena kerusakan sistem yang telah mereka buat, namun ada juga yang malah mendapatkan penghargaan karena bisa mengembangkan sistem jaringan internet. Di antara para hackers yang ada, berikut ini adalah 5 hacker yang paling berbahaya yang ada di dunia.


Jim Geovedi

photo credit: republiku

Jim Geovadi menjadi salah satu hacker asal Indonesia yang namanya menyita perhatian dunia. Jim bukan hacker biasa, bukan website toko online yang dia retas, tapi dia mampu meretas satelit. Ternyata hal ini dilakukannya bukan tanpa alasan, jadi dulu dia pernah menjadi pembicara dalam sebuah bahasan tentang isu keamanan satelit di BBC News pada tahun 2006. Dari situlah dia mencoba untuk mempelajari sistem dan juga proses kerja dari satelit. Sampai akhirnya dia berhasil meretas satelit tersebut.

Bukan hanya meretas, dia juga sampai bisa mengubah arah gerak dan menggeser satelitnya lho. Wow keren banget ya!

Pria kelahiran 28 Juni 1979 ini, ternyata pernah juga mencuri data-data penting seperti laporan keuangan perusahaan, transaksi bank bahkan mengamati sistem pertahanan negar juga lho. Jim pun pergi ke London untuk mendirikan sebuah perusahaan jasa sistem keamanan teknologi informasinya dengan rekannya. Wah, coba saja orang yang berkompeten seperti Jim Geovadi bisa dimanfaatkan dengan baik maka teknologi IT di negara ini tidak akan kalah juga dengan negara lain.


Dani Firmansyah

photo credit: rubik

Nama Dani Firmansyah atau yang lebih dikenal dengan panggilan Xnuxer di dunia maya ini berhasil melakukan serangan dan membuka tampilan 24 partai politik peserta pemilu. Xnuxer mencoba untuk melakukan tes sistem security kpu.go.id melalui XSS (cross site scripting) dari IP 202.158.10.117, namun website KPU belum sampai tembus atau rusak, hanya menampilkan pesan low risk dari sisi keamanan. Untungnya lagi Xnuxer hanya ingin menguji keamanan servertnp.kpu.go.id, tanpa adanya unsur muatan politik.


Hmei7

photo credit: rubik

Nah, satu lagi nih hacker asal Indonesia yang juga berhasil menyita perhatian dunia, yaitu berinisial Hmei7. Ternyata, Hmei7 ini pernah mengacak-ngacak sistem dari blogspot, Wordpress dan juga berhasil meretas deface ribuan situs yang ada di dunia. Dalam kurun waktu 2 hari dia sudah bisa melumpuhkan lebih dari 5000 website yang ada di dunia, Sahabat Trivia. Dari semua ulah yang sudah dilakukannya ini, tidak heran kalau dia dikenal dengan sebutan Mass Defacer dunia.


Jonathan Joseph James

photo credit: Wake Up Your Mind

Tahu nggak sih kabarnya hacker yang satu ini sudah meninggal pada tahun 2008 yang lalu. Ada yang mengatakan juga penyebabnya adalah karena bunuh diri.

Semasa hidupnya, Jonathan telah menorehkan sejarah karena bisa meng-crack komputer milik NASA. Dia mencuri software senilai 1,7 juta US dollar. Hal ini membuat NASA harus mematikan server-nya selama tiga minggu dan mencapai kerugian sampai 600 juta rupiah.

Wah, ada-ada saja ya!


Adrian Lamo

photo credit: jalantikus

Adrian lamo yang juga berprofesi sebagai jurnalis, namun dia bisa menjadi hacker atau cracker. Nama Adrian dikenal saat dia berhasil untuk menjebol komputer di The New York Times, Yahoo! dan Microsoft di tahun 2002. Canggihnya, Adrian pun mengidentifikasi kekurangan juga keamanan jaringan komputer dari perusahaan ternama.

BACA JUGA


Virus Ransomware WannaCry Serang Dunia, Termasuk Indonesia! Tak Perlu Panik, Ini Dia 5 Tips Sederhana Amankan Komputer dan Datamu dari Serangan Cyber

Virus Ransomware WannaCry Serang Dunia, Termasuk Indonesia! Tak Perlu Panik, Ini Dia 5 Tips Sederhana Amankan Komputer dan Datamu dari Serangan Cyber

Gara-gara virus Ransomware bernama WannaCry, file-file skripsi kamu mendadak tak bisa diakses? Mimpi buruk semua mahasiswa deh

Read more..

Itu tadi 5 profile hacker yang mampu mencari celah keamanan, mulai dari website biasa hingga komputer milik NASA. Ada yang berminat jadi hacker, Sahabat Trivia? Tentunya hacker white hat atau hacker yang sengaja meretas untuk menguji dan meningkatkan keamanan sistem yah.




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Para Hacker yang Berhasil Meretas dan Mencuri Perhatian Dunia. Dari Indonesia Juga Ada Nih, Sudah Tahu Belum?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Qiqi NurIndahSari | @qiqinurindahsari

Hi,Q! www.qiqinurindahsari.com

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week