Pelajaran Sukses untuk Millennial dari Jack Ma, Orang Paling Kaya di Cina. Kamu Wajib Tahu Nih!

bphoto credit: Business Pundit

Pelajaran Sukses untuk Millennial dari Jack Ma, Orang Paling Kaya di Cina. Kamu Wajib Tahu Nih!

1K
Jack Ma juga pernah mengalami kegagalan berkali-kali, sebelum akhirnya bisa mencapai kesuksesannya saat ini.

Siapa yang pernah mengira kalau seorang anak laki-laki yang dulunya miskin, sekarang menjadi orang yang paling terkaya di Cina. Kisah ini mungkin sering kamu temukan di beberapa film, namun percayalah kisah ini dialami secara nyata oleh seseorang bernama Jack Ma. Jack Ma adalah pria sukses berasal dari Cina yang terkenal sebagai pendiri perusahaan penjualan via online, bernama www.alibaba.com. Dulunya, dia bahkan dibesarkan dalam sebuah komunitas miskin di Tiongkok. Bukan hanya itu, dia juga pernah mengalami kegagalan berkali-kali, sebelum akhirnya bisa mencapai kesuksesannya saat ini. Kisah suksesnya pun saat ini sedang banyak dibicarakan. Bayangkan saja kekayaan Jack Ma mencapai $25 miliar. Wah, ada berapa ya nolnya jika dirupiahkan, Sahabat Trivia?

Namun, perlu diingat Sahabat Trivia, untuk bisa sesukses sekarang, tentu ada begitu banyak jalan berliku yang harus dilewati oleh Jack Ma. Ingat ya, jalan hidup tidak pernah semulus itu kawan! Pada saat memulai usahanya pun tak semulus yang dibayangkan. Begitu banyak penolakan yang diterima, tapi itu bukan malah menjadikannya berhenti dan menyerah. Itu justru menjadi suntikan semangat baginya.

Begitu banyak pelajaran yang bisa kamu ambil dalam perjalanan kisah hidupnya, khususnya buat kamu generasi millennial. Para kaum muda perlu tahu, jika sukses itu tidak bisa diraih hanya dalam waktu semalam. Jika saat ini ada batu-batu kerikil yang sedang menerjangamu, jangan langsung down dulu dong! Coba nih lihat, pelajaran-pelajaran yang bisa kamu ambil, Sahabat Trivia.


Begitu banyak penolakan yang datang

bphoto credit: Business Pundit

Buat kamu yang kemarin tidak lulus SNMPTN, jangan sedih dan patah semangat. Kamu tahu nggak sih, kalau Jack Ma yang menjadi orang terkaya sekalipun, pernah mengalami gagal ujian masuk perguruan tinggi bukan hanya sekali tapi dua kali. Pria kelahiran Hangzhou 15 Oktober 1964 ini pernah juga mengalami ditolak dari puluhan perusahaan. Bahkan, ketika baru akan memutuskan untuk memulai Alibaba saja, dari 24 orang yang dimintainya pendapat hanya ada 1 orang yang setuju. Sisanya menentang dan tidak menolak keras, termasuk para keluarganya. Di tahun 1995, internet di Cina masih baru mulai berkembang. Namun, tidak ada yang tahu juga akan seperti apa nasib perusahaan yang menggantukan dirinya pada jaringan internet.


Kalau belum kita coba, bagaimana bisa tahu hasilnya

photo credit: Business Insider

Meskipun dengan berbagai kegagalan dan juga penolakan yang pernah ia alami, tekadnya tak pernah berhati dan terus maju melangkah. Pada saat itu, meskipun hanya satu orang yang mendukungnya, namun Jack Ma tidak peduli dengan orang-orang yang sudah merendahkan idenya. Ada perkataan yang membuat Jack terinspirasi dan akhirnya berani untuk memulai. "Kalau kamu ingin mencobanya, lakukan saja. Jika di kemudian hari hasilnya tidak sama dengan apa yang kamu inginkan, kamu tinggal kembali ke hal yang kamu telah lakukan sebelumnya." Jangan remehkan setiap kesempatan yang ada di depanmu.

Dari sini kita bisa belajar, kalau kamu yakin akan sesuatu tidak ada salahnya untuk mencobanya dulu. Yang akan paling penting adalah bagaimana kita maksimal dalam melakukannya karena sebuah hasil sebenarnya tidak akan mengkhianati sebuah proses. Jangan kalah sebelum berperang, Sahabat Trivia. Sebenarnya, untuk apa pun hasilnya nanti, gagal atau berhasil, kamu sudah bisa mendapatkan satu pengalaman besar yang tidak akan orang lain pernah dapatkan.

“Kalau masih miskin sampai umur 35, itu salahmu sendiri!”

Kata-kata dari Jack Ma di atas pasti sangat menohok buat kamu, Sahabat Trivia. Masa muda seperti saat ini memang harus dimaksimalkan untuk melakukan yang terbaik dan mencari banyak pengalaman. Kalau gagal, coba lagi. Gagal, coba lagi. Masih gagal, coba terus. Dengan begitu, kamu bisa belajar dari banyak kesalahan dan memperbaikinya agar tidak terulang. Kamu pun semakin piawai dan bisa menjadi bibit-bibit menjadi orang sukses di kemudian hari.


Lawan rasa takutmu!

photo credit: New Media Central

Mungkin kalau pada saat itu Jack Ma tidak berani mengambil risiko dan takut gagal menjalani Alibaba, dia tidak akan berada pada posisinya yang sekarang. Hal besar yang tanpa sadar menjadi penghalang bagi diri kita adalah rasa takut itu sendiri. Takut dalam mengambil risiko, takut gagal, takut dianggap berbeda, dan takut juga untuk diremehkan. Yakinlah pada dirimu sendiri, keluarkan apa yang kamu lakukan semaksimal mungkin dan buang semua rasa takut. Just do it and do your best, Sahabat Trivia! Kalau takut terus, kapan majunya?


Berjuanglah kawan, dunia terlalu ramai untuk manjakanmu

photo credi: The Independent

Siapa lagi yang akan memperjuangkan hidupmu, kalau bukan dirimu sendiri. Lihat saja Jack Ma, dia kerja keras untuk bisa keluar dari kehidupannya yang dulunya miskin, lalu kin bertransformasi menjadi orang yang banyak dibicarakan dan menjadi panutan. Berjuanglah untuk dirimu sendiri, hidupmu akan seperti apa tergantung dari apa yang sudah dilakukan. Maka dari itu, penting jika sedari muda kita sudah selalu berjuang dan tidak mengenal patah arang. Habiskan saja masa gagalmu, hingga saat tua nanti kamu sudah bisa menikmati kesuksesan yang telah dirintis sejak muda dulu.


Memiliki ambisi itu perlu!

photo credit: Vulcan Post

Setiap orang punya ambisinya masing-masing untuk bisa mendapatkan kehidupan yang ideal. Ambisi itu semacam amunisi yang akan mendorong kamu untuk terus mewujudkan mimpi-mimpi besar yang kamu inginkan dalam hidup. Dengan ambisi, kamu akan punya rencana-rencana yang harus dilakukan untuk tujuan tertentu di depan sana. Buatlah ambisimu, hidupkan dan wujudkanlah impian-impianmu, Sahabat Trivia. Dalam hidup, memang tidak semua dapat dipecahkan, namun semua masih bisa diselesaikan.

BACA JUGA


Jadi Sukses di Usia Remaja dengan Melakukan Cara-Cara Berikut Ini. Banyak Remaja yang Bisa Sukses di Usia Belia. Kamu Juga Bisa Lho!

Jadi Sukses di Usia Remaja dengan Melakukan Cara-Cara Berikut Ini. Banyak Remaja yang Bisa Sukses di Usia Belia. Kamu Juga Bisa Lho!

Banyak remaja-remaja di Indonesia yang sudah terlihat kesuksesannya pada usia muda. Seperti Prilly Latuconsina, remaja kelahiran 1996 ini ...

Read more..

Ayo, buat kamu para generasi millennial, jangan lupa terapkan poin-poin di atas dalam kehidupan sehari-hari ya. Selamat mewujudkan mimpi-mimpi, Sahabat Trivia!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Pelajaran Sukses untuk Millennial dari Jack Ma, Orang Paling Kaya di Cina. Kamu Wajib Tahu Nih!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Qiqi NurIndahSari | @qiqinurindahsari

Hi,Q! www.qiqinurindahsari.com

Silahkan login untuk memberi komentar

Vanesa Sasa | @vanesasasa

FREECHIP TANPA di undi Rp 50.000,- BBM >> 7AC8D76B gak ada syarat banyak.. (s1288poker. co)