Pelajaran yang Bisa Kamu Dapat dari Film Wonder. Bukti Bahwa Kebaikan di Masa Kecil Bukanlah Hanya Sebuah Mitos

500 Days of Film

Pelajaran yang Bisa Kamu Dapat dari Film Wonder. Bukti Bahwa Kebaikan di Masa Kecil Bukanlah Hanya Sebuah Mitos

181
Begitu mahalnya sebuah kebaikan. Tapi, semahal apa pun itu, kita pernah memilikinya. Bahkan, sering kita lakukan di masa kecil.

Dulu kita sering mendengar ajaran tentang kebaikan saat kecil. Misalnya, berteman secara jujur, mengutamakan nilai berbagi, serta selalu pengertian terhadap teman. Tapi, kesibukan sebagai orang dewasa membuat kita lupa akan kebaikan-kebaikan tersebut. Untungnya, Stephen Choosky lewat filmnya berjudul "Wonder", mengajak kita mengingat ketulusan dan kejujuran yang sering kita lakukan di saat kecil. Apa saja ya, Sahabat Trivia? Simak yuk ulasannya berikut ini!


Pilihlah kebaikan daripada kebenaran

Pilihlah Kebaikan Daripada Kebenaran - photo credit: ytimg
photo credit: ytimg

Di antara pesan lainnya yang ada di film "Wonder", mungkin pesan ini yang paling diingat para penonton. Di dalam kelas yang dipimpin oleh Mr. Browne, salah satu teman perempuan Auggie Pullman yang bernama Summer, memberikan pesan yang menggambarkan prinsipnya. Ucapnya dengan intonasi yang sangat yakin, “When you given the choice between being right or being kind, choose kind.”


Jangan sekadar memberikan rasa iba. Tapi, tunjukkan juga perhatianmu

Jangan Sekadar Memberikan Rasa Iba. Tapi, Tunjukkan Juga Perhatianmu - photo credit: gannett-cdn
photo credit: gannett-cdn

Di usia dewasa, terlalu banyak argumentasi yang keluar di kepala kita ketika kita ingin memberi. Tapi, Jack Will, dalam film "Wonder", mengajak kita mengikuti kata hati dan mengabaikan rasa khawatir yang ada di kepala kita. Saat Auggie Pullman dikucilkan teman-temannya karena wajahnya yang buruk, dia terpanggil untuk duduk satu meja dengan Auggie saat makan siang. Dia tak peduli omongan teman sekelas lainnya. 


Jika kamu tidak suka keadaanmu sekarang, bayangkan saja keadaan yang kamu inginkan

Jika Kamu Tidak Suka Keadaanmu Sekarang, Bayangkan Saja Keadaan Yang Kamu Inginkan - photo credit: Kool FM
photo credit: Kool FM

Saat hidup adalah pilihan, Auggie Pullman lahir dengan pilihan yang pahit. Dia terkena craniofacial diseaseyang membuat wajahnya terlihat sangat aneh. Wajar jika ia merasa aneh di hari pertama masuk sekolah. Untungnya, di saat yang sama, dia mengingat nasihat ibunya, untuk selalu menerima keadaan saat ini sambil tetap membayangkan keadaan yang lebih baik di hari berikutnya.



Tidak mudah membenci, biasakan mengenali

Tidak Mudah Membenci, Biasakan Mengenali - photo credit: Twitter
photo credit: Twitter

Film "Wonder" memotret permasalahan yang terjadi di bangku sekolah dengan sangat detail. Problem dengan sahabat dekat yang dialami Olivia Pullman, gengsi yang kadang membuatmu harus berbohong agar menarik perhatian orang lain yang dialami Miranda, serta kemiskinan yang membuat Jack Will terpaksa menjadi anak baik. Masalah tersebut kadang membuat kita mudah membuat membenci orang lain. Tapi, film "Wonder" mengajak kita mengenali latar belakang sebuah masalah sebelum membenci seseorang karena masalah tersebut.

BACA JUGA


2018 Tinggal Menghitung Hari, Ini 5 Film yang Wajib Kamu Tonton! Siap-Siap Menabung Ya, Sahabat Trivia!

2018 Tinggal Menghitung Hari, Ini 5 Film yang Wajib Kamu Tonton! Siap-Siap Menabung Ya, Sahabat Trivia!

2018 akan menjadi tahun yang baik bagi para pecinta film di Indonesia. Beberapa film terbaik sudah siap menghibur calon penontonnya

Read more..

Selama 113 menit, film yang diangkat dari novel dengan judul yang sama ini mengajak kita menjadi diri kita masing-masing saat masih duduk di bangku sekolah. Kebaikan itu tidaklah mahal. Hanya saja, semakin bertambahnya usia, kadang kita melihat hidup hanya sebatas kompetisi. Iri hati terhadap prestasi teman kantor membuat kita lupa akan kebaikannya. Terlalu banyak memikirkan omongan orang lain membuat kita lebih mendahulukan diam daripada rasa iba.

Jika kamu belum mempunyai resolusi di tahun 2018 nanti, tidak ada salahnya “menjadi orang baik” kamu masukkan dalam resolusi yang ingin kamu raih. Setuju kan, Sahabat Trivia?





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Pelajaran yang Bisa Kamu Dapat dari Film Wonder. Bukti Bahwa Kebaikan di Masa Kecil Bukanlah Hanya Sebuah Mitos". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Naqib Najah | @naqibnajah

Silahkan login untuk memberi komentar