Pendaftaran SNMPTN 2017 Dimulai. Berikut Tips Sukses Menghadapi dan Lulus SNMPTN yang Harus Kamu Coba

photo credit: KapanLagi

Pendaftaran SNMPTN 2017 Dimulai. Berikut Tips Sukses Menghadapi dan Lulus SNMPTN yang Harus Kamu Coba

4.4K
Tinggat kesulitan soal SNMPTN bisa dibilang 2-3 kali lipat dari soal unas. Jadi, buat kamu yang mau mengikuti pendaftaran SNMPTN, biar lulus dan sukses, berikut ini Trivia mau kasih tipsnya buat kamu. Simak yuk!

Ujian nasional kurang dari satu bulan lagi nih, Sahabat Trivia. Buat kamu yang duduk di bangku senior alias kelas 12 pasti sudah tahu dong nanti mau melanjutkan ke mana setelah lulus. Sebagian besar lulusan SMA di Indonesia hendak melanjutkan pendidikan mereka di Universitas. Pasti nggak asing kan dengan istilah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)?

Sebagian besar dari kalian lebih memilih masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) karena memang biaya yang dikeluarkan cukup rendah bila dibanding Perguruan Tinggi Swasta. Tapi, tentu saja test yang akan kamu hadapi tidak mudah. Tingkat kesulitan soal SNMPTN bisa dibilang 2-3 kali lipat dari soal UN. Jadi, kamu perlu persiapan yang matang untuk bisa lolos test yang berstandar nasional ini. Buat kamu yang akan menghadapi SNMPTN, biar sukses dan lulus, berikut ini Trivia mau kasih tipsnya buat kamu. Simak yuk!


1. Belajar dengan sistem mencicil

photo credit: pinterest
1

Mulai dari guru, orang tua selalu mengingatkan untuk jangan belajar dengan sistem kebut semalam. Tidak bisa dipungkiri, jika hal tersebut memang benar. Belajar dengan waktu hanya semalam dan materi yang banyak bukanlah hal yang disarankan. Belajarlah jauh-jauh hari sebelum ujian dimulai. Paling tidak 2 sampai 3 bulan sebelum SNMPTN dilaksanakan. Dengan begitu, kamu bisa lebih tenang dan percaya diri dalam menghadapi ujian nantinya. Ayo, semangat!


2. Gunakan buku latihan khusus

photo credit: pinterest
1

Biar kamu lebih terlatih dan mantap menghadapi model-model soal SNMPTN, sangat disarankan untuk beli buku khusus latihan SNMPTN. Oh iya, kamu juga bisa pinjam lho ke kakak kelas, teman, atau mungkin saudaramu yang memiliki buku ini. Di buku-buku tersebut biasanya terdapat banyak soal-soal yang bervariasi dan bisa membuatmu makin lihai dalam berbagai tipe soal nantinya.


3. Mengulang kembali pelajaran

photo credit: 8Tracks

Jangan karena kamu sudah kelas 12, bukan berarti melupakan pelajaran di kelas 10 dan 11. Malahan kamu harus lebih rajin buat membongkar buku-buku lamamu. Karena biasanya materi test SNMPTN banyak mengambil soal-soal yang setipe dari kelas-kelas 10 dan 11 juga. Jadi, dari sekarang mulai buka-buka lagi ya bukumu.


4. Membuat tantangan, mengerjakan 30 soal dalam 1 hari

photo credit: KapanLagi

Nah, kalau kamu sudah mulai untuk mengulang-ulang kembali pelajaran dan berlatih soal di buku SNMPTN. Coba deh, untuk membuat tantangan untukmu sendiri dengan target harus bisa mengerjakan minimal 30 soal dalam sehari, lebih banyak lebih baik. Lakukan ini sampai menjelang ujian SNMPTN diadakan. Jika dalam satu hari kamu bisa mulai berlatih soal dan bisa menjawabnya, itu berarti dalam kurun waktu 1 bulan pun kamu sudah cukup bisa mengetahui berbagai tipe-tipe soalnya. Bisa karena terbiasa. Yuk coba lebih rajin lagi semangatnya!


5. Kurangi kegiatan yang kamu sukai untuk sementara

photo credit: Dramabeans

Wah, ayo ngaku yang poin ini kok kelihatannya cukup berat ya! Kalau diminta menyebutkan apa saja hal yang kamu sukai pasti banyak banget deh, seperti misalnya main media sosial, nonton drama Korea, hangout bareng teman-teman, atau bahkan main games seharian. Nah, menjelang ujian nasional dan SNMPTN, ada baiknya kamu harus sudah bisa mengatur waktu dan mulai mengurangi hal-hal tersebut. Nggak ada ruginya kok kalau kamu mencoba untuk mengurangi kesukaan kamu ini untuk sementara waktu. Kalau nanti bisa lulus ujian dan masuk perguruan favorit kan kamu juga yang bangga. Benar nggak?

BACA JUGA


Saatnya Wujudkan Cita-Citamu dan Raih Kesuksesan, Segera Upgrade Diri dengan 7 Langkah Ini!

Saatnya Wujudkan Cita-Citamu dan Raih Kesuksesan, Segera Upgrade Diri dengan 7 Langkah Ini!

Kini, kamu harus lebih optimis dan semangat ya, karena ternyata sebelum kamu menjadi orang sukses kamu harus mulai upgrade diri untuk jadi ...

Read more..

Jadi, mulai sekarang sudah harus dipersiapkan ya, Sahabat Trivia. Kesuksesanmu itu bukan orang lain yang tentukan tapi diri kamu sendiri. Agar masa depanmu pun gemilang, maka kamu sudah harus mulai mengatur mana yang bermanfaat dan mana yang tidak. Ayo, jangan kasih kendor ya belajarnya!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Pendaftaran SNMPTN 2017 Dimulai. Berikut Tips Sukses Menghadapi dan Lulus SNMPTN yang Harus Kamu Coba". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Qiqi NurIndahSari | @qiqinurindahsari

Hi,Q! www.qiqinurindahsari.com

Silahkan login untuk memberi komentar