Pengalaman Menulisku Bersama Trivia yang Tak Terlupakan. Tantangan-Tantangan Menulis yang Diberikan Memberikan Pemahaman Baru tentang Diriku Bahwa 'Aku Bisa'

photo credit: photo credit: thesweetsetup

Pengalaman Menulisku Bersama Trivia yang Tak Terlupakan. Tantangan-Tantangan Menulis yang Diberikan Memberikan Pemahaman Baru tentang Diriku Bahwa 'Aku Bisa'

335
Dan di usia yang sudah menginjak 2 tahun ini , semoga Trivia mampu melebarkan sayap sehingga bisa lebih menginspirasi anak muda Indonesia. Selalu berjaya, selalu menjadi tempat belajar, dan mengembangkan potensi diri anak bangsa. Terima kasih, Trivia!

Pertama mengenal Trivia hanya berupa sebuah situs yang kerap kali di link yang dibagi di halaman beranda sosial media Facebook yang isi kontennya kebanyakan informasi-informasi unik dan tak jarang berisi kisah-kisah menarik dalam bentuk cerita pendek.


Tantangan menulis yang bagiku adalah jalan untuk mengasah dan berlatih kemampuanku dalam menulis

Bisa di bilang aku suka menulis, tapi hampir tidak pernah mempublikasikan hasil tulisanku ke mana-mana. Terlalu banyak hal yang aku takutkan, menghadapi kritikan negatif misalnya. Aku tak pernah siap.Hingga di bulan Mei lalu, tanpa sengaja aku membaca info mengenai lomba 30 Day Writing Challenge yang diadakan oleh Trivia. Jadi pada lomba ini, bisa dikatakan peserta diminta untuk membuat sebuah artikel sesuai dengan tema-tema yang sudah ditentukan selama 30 hari. Jujur membayangkannya cukup menakutkan. Menulis secara konsisten setiap hari itu tidak mudah untukku, terlebih dengan tema-tema yang sudah ditentukan. Tidak bisa sembarangan bukan?

Sebelum memutuskan siap menjalani challenge tersebut, ada suatu ikrar yang kutanamkan secara sembunyi-sembunyi dalam diriku, yaitu aku tidak boleh menyerah meski seburuk apapun hasil tulisanku kelak. Kuanggap challenge ini sebagai media pengasah diri, media yang kujadikan alasan untuk tetap menulis setiap harinya.

photo credit: thesweetsetup

Dan selama 30 hari itu, untuk membuat satu artikel per harinya ternyata membuatku kepayahan. Menggali data artikel yang harus dibuat berdasarkan tema tidak semudah mengetikkan kata kunci di kolom pencarian browser. Kadang, hari ini bisa menulis dengan lancar, kadang esoknya aku memilih untuk mendistraksikan diri dengan hal lain karena mood yang sedang jelek. Alhasil, aku jadi banyak berhutang. Pernah juga dalam rentang waktu itu, selama seminggu aku skip menulis artikel dan konsekuensinya di akhir pekan aku harus mengebut lima artikel sekaligus untuk dipublish.

Di akhir challenge, akhirnya aku berhasil menuntaskan challenge dengan mengirim 30 artikel meski kesemuanya yang benar-benar berhasil dipublish di situsnya sendiri masih bisa dihitung dengan jari. Ada satu kepuasan tak terkira yang kurasakan, yang bahkan tak bisa kugambarkan dengan benar. Kepuasan dimana aku nyatanya bisa berhasil menantang diriku sendiri dalam ajang ini dan kepuasan selanjutnya adalah ketika melihat namaku muncul menjadi salah satu pemenang challenge., yang dapat kuyakini merupakan buah dari ketekunanku selama ini.

Ah, entah seberapa banyak dan besar rasa terima kasih yang cukup pantas seharusnya kuhaturkan kepada Trivia karena secara tidak langsung Trivia menjadi jembatan antara diriku dengan egoku. Trivia memfasilitasi orang-orang sepertiku untuk mengasah kemampuan menulis sebebas-bebasnya.


Bertemu dan berkumpul dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama. Di sini aku mendapatkan energi yang lain, energi yang lebih kuat dan memberikanku semangat.

photo credit: faithstreet

Hampir sebulan yang lalu, tim admin Trivia mengajakku untuk bergabung dalam Trivia Writer Club. Dan luar biasanya, isi club tersebut tidak bisa dibilang sedikit. Mereka adalah para penulis yang biasa mempublish artikel-artikel pada Trivia. Mereka bisa dikatakan orang-orang yang sangat aktif menulis. Langsung saja aku merasa betapa aku sangat kecil sekali di antara mereka. Sebuah tekanan yang seharusnya bisa memotivasiku lebih giat lagi dalam menulis. Banyak informasi aktivitas menarik yang dibagikan antar anggotanya dan bahagianya lagi adalah punya teman belajar bersama dalam menulis. Mereka ini saling memberi semangat dan menginspirasi satu sama lain.

BACA JUGA


Selamat Ulang Tahun, Trivia! Inilah Pengalaman-Pengalaman yang Mendewasakan Saya Melalui Menulis di Trivia

Selamat Ulang Tahun, Trivia! Inilah Pengalaman-Pengalaman yang Mendewasakan Saya Melalui Menulis di Trivia

Hobi menulis saya bisa tersalurkan lewat Trivia. Bahkan, keinginan saya untuk berbagi kisah sederhana dan inspiratif bisa saya tuangkan ...

Read more..

Dan di usia yang sudah menginjak 2 tahun ini , semoga Trivia mampu melebarkan sayap sehingga bisa lebih menginspirasi anak muda Indonesia. Selalu berjaya, selalu menjadi tempat belajar, dan mengembangkan potensi diri anak bangsa. Terima kasih, Trivia!


#WeeklyChallenge #UltahnyaTrivia




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Pengalaman Menulisku Bersama Trivia yang Tak Terlupakan. Tantangan-Tantangan Menulis yang Diberikan Memberikan Pemahaman Baru tentang Diriku Bahwa 'Aku Bisa'". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Hamdatun Nupus | @hamdatunnupus

Silahkan login untuk memberi komentar