Penggila Buku Fiksi? Berikut 7 Buku Keren Wajib Baca yang Terbit di Tahun 2017!

Penggila Buku Fiksi? Berikut 7 Buku Keren Wajib Baca yang Terbit di Tahun 2017!

4.9K
Buku mengisi jam-jam kita yang kosong dengan percakapan yang mungkin tak akan pernah selesai, tapi membuat kita tahu: kita hanyalah penafsir tanda-tanda, di mana kebenaran menerakan jejaknya. Itu sebabnya kata pertama yang menakjubkan adalah: "BACALAH" —Gunawan Mohamad

Bagi seorang kutu buku, membaca buku adalah makanan sehari-hari. Setelah cukup banyak dimanjakan buku-buku bagus di tahun 2016, tahun ini dunia penerbitan kembali diramaikan oleh buku-buku keren yang sayang untuk dilewatkan. Novel-novel pemenang Sayembara Dewan Kesenian Jakarta 2016 tentu menjadi buku yang paling ditunggu pembaca. Selain itu, dua novel lain yang ditulis oleh dua penulis senior juga tidak kalah menarik untuk dibaca. Apa saja lima buku keren yang terbit tahun 2017? Berikut ulasannya!


1. Semua Ikan di Langit – Ziggy Zesyazeoviennazabrizkie


Photo Credit : vemale

Semua Ikan di Langit karya Ziggy Zesyazeoviennazabrizkie merupakan pemenang pertama Sayembara Novel Dewan Kesenian Jakarta 2016. Novel yang baru saja dirilis pada bulan Februari 2017 ini memantik banyak pujian dari pembaca. Pembaca diajak berjalan-jalan menembus batas waktu oleh tokoh saya yang merupakan sebuah bus dan tokoh anak kecil yang dalam novel ini disebut beliau. Gaya bahasa dan penceritaan yang dinilai di atas rata-rata menjadi poin plus dari novel yang diterbitkan oleh Penerbit Grasindo ini.


2. Tanah Surga Merah - Arafat Noor

Arafat Noor kembali mengusung tema politik dengan latar belakang konflik Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dalam novelnya yang berjudul Tanah Surga Merah. Novel yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama dan telah bulan Januari 2017 ini merupakan pemenang unggulan Dewan Kesenian Jakarta 2016 bersama empat naskah lainnya.



3. 24 Jam Bersama Gaspar - Sabda Armandio

photo credit: Twitter Armandhani

Masih dari pemenang unggulan ajang yang sama, setelah sukses mencuri perhatian pecinta buku dengan novel Kamu: Cerita yang Tak Perlu Dipercaya, novel Sabda Armandio yang berjudul 24 Jam Bersama Gaspar: Sebuah Cerita Detektif akan diterbitkan oleh Penerbit Buku Mojok. Novel ini menceritakan usaha Gaspar yang ingin mencuri pecahan meteroit bertuah milik juragan emas. Kita tunggu saja tanggal rilisnya, Sahabat Trivia!


4. Drupadi – Seno Gumira Ajidarma

Siapa yang tidak kenal Seno Gumira Ajidarma? Penulis senior yang mulai dikenal pada tahun 1980-an ini telah menerbitkan banyak karya. Novel terbarunya yang berjudul Drupadi telah diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama awal Januari lalu. Novel ini mengangkat cerita salah satu tokoh pewayangan, Drupadi. Seno memilih tokoh Drupadi karena ia berani membela haknya atas ketidakberpihakan perempuan.


5. Novel terbaru Andrea Hirata

Andrea Hirata, dirilis dari situs web Bentang Pustaka belum mau membocorkan lebih lanjut mengenai novel terbarunya yang rencananya akan rilis awal tahun ini. Ia hanya menjelaskan bahwa proses menulis novel tersebut dilakukan di Pulau Moorea, Tahiti. Ia menjelaskan bahwa dirinya sangat terinspirasi oleh kebudayaan lokal pulau yang terletak di Samudera Pasifik tersebut.

Photo Credit : Tempo

BACA JUGA


Novel Indonesia Pilihan Ini Dapat Membuat Kamu Memaknai Hidup dengan Cara yang Berbeda

Novel Indonesia Pilihan Ini Dapat Membuat Kamu Memaknai Hidup dengan Cara yang Berbeda

Buku-buku ini memang ada yang baru terbit, tetapi ada pula yang sudah terbit beberapa tahun silam, ingat, jangan lihat siapa yang menulis, ...

Read more..

Lima buku di atas mungkin hanya sebagian kecil buku yang telah dan akan terbit tahun 2017 ini. Beberapa penulis senior seperti Eka Kurniawan dan intan Paramaditha juga telah menyatakan bahwa akan ada karya baru mereka tahun ini. Sayang mereka tidak mau memberi penjelasan lebih lanjut. Jadi buku mana yang telah dan akan kamu baca saat ini? Buruan ke toko buku sebelum kehabisan!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Penggila Buku Fiksi? Berikut 7 Buku Keren Wajib Baca yang Terbit di Tahun 2017!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dini Ardianty | @diniardianty

A bibliophile, vegetarian

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week