Pengin Belajar dan Punya Pengalaman Hidup di Luar Negeri? Pelajari Dulu Infonya di 5 Situs Ini!

photo credit: aiesec.org

Pengin Belajar dan Punya Pengalaman Hidup di Luar Negeri? Pelajari Dulu Infonya di 5 Situs Ini!

975
Jangan sampai kamu menyesali masa mudamu yang berlalu begitu saja. Cek kelima situs ini untuk mengetahui informasi seputar kegiatan di luar negeri. Ikuti seleksinya dan raih pengalamannya!

Saat-saat menjadi mahasiswa merupakan saat di mana kamu memiliki banyak kesempatan untuk mengembangkan dirimu. Salah satunya caranya adalah dengan melakukan perjalanan ke luar negeri. Sebagai mahasiswa, kamu juga memiliki banyak sekali kegiatan yang bisa diikuti agar bisa ke luar negeri lho. Lomba internasional, konferensi, menjadi relawan, hingga magang bisa menjadi peluangmu untuk ke luar negeri sebagai perwakilan dari kampusmu atau bahkan sebagai perwakilan daerahmu. Berikut ini 5 situs yang bisa kamu kunjungi untuk informasi kegiatan di luar negeri. Dijamin makin membuatmu ingin segera menyusun rencana!


1. AIESEC

photo credit: aiesec.org

AIESEC adalah organisasi internasional yang fokus pada tujuan pengembangan kepemimpinan dari pemuda. Markas AIESEC ada di Belanda dan tersebar ke seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Bagi kamu yang sering mencari informasi soal volunteer, AIESEC mungkin sudah tidak asing bagimu. Beberapa teman saya pernah menjadi volunteer di luar negeri melalui AIESEC ini. Meskipun kamu perlu mengeluarkan biaya sendiri, namun harus diakui, menjadi volunteer di negara orang sungguh menghasilkan pengalaman yang berharga.


2. PCMI

photo credit: pcmijogja.com

PCMI merupakan singkatan dari Purna Caraka Muda Indonesia. PCMI ini didirikan oleh para alumni pertukaran pemuda antar negara yang memiliki panitia pusat di Jakarta. PCMI tersebar di beberapa provinsi di Indonesia. Bila kamu mengunjungi situs PCMI, kamu akan menemukan informasi beberapa program pertukaran pemuda ke beberapa negara, contohnya Malaysia, Jepang, dan Korea Selatan. Masing-masing program memiliki kriteria yang berbeda-beda, jadi pastikan kamu membaca dengan teliti semua kriterianya, ya.

Program ini sepenuhnya dibiayai oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Oleh karena itu, di tahap seleksinya pun akan mementingkan prestasi kandidat yang berkaitan dengan kepemudaan. Setiap tahunnya, seleksi pertukaran pemuda akan diumumkan di sekitar bulan Maret–April. Jadi pastikan untuk mengecek situs PCMI provinsimu di sekitar bulan itu ya!


3. Indonesia Global Network

photo credit: ign.or.id

Indonesia Global Network (IGN) merupakan organisasi independen yang aktif mempromosikan kegiatan kepemimpinan, entrepreneur, atau budaya dari seluruh dunia. Di situs ini, kamu bisa menemukan kegiatan-kegiatan apa yang akan diadakan dalam waktu dekat. Selain memberikan informasi soal kegiatan di luar negeri, IGN juga sering memposting informasi soal budaya-budaya dari negara lain. Berbeda dari dua situs sebelumnya, situs ini bersifat mengumpulkan dan bukan merupakan bagian dari panitia penyelenggara.


4. Icampus Indonesia

photo credit: icampusindonesia.com

Icampus Indonesia merupakan media yang memberikan informasi seputar pendidikan, baik di dalam maupun di luar negeri. Di situs ini, kamu bisa menemukan hampir semua informasi pendidikan, lho. Bukan hanya workshop atau summit di luar negeri, kamu juga bisa menemukan informasi beasiswa, informasi seputar kampus Indonesia maupun luar negeri, hingga lowongan pekerjaan. Komplit! Selain itu, Icampus Indonesia juga memiliki sosial media yang aktif memberikan informasi sehingga sangat mempermudah kamu untuk memperoleh informasi. Sama seperti IGN, Icampus Indonesia juga media yang mengumpulkan informasi menjadi satu dan bukan merupakan panitia penyelenggara.


5. Youcan Indonesia

photo credit: facebook.com/youcan.id

Saya pertama kali mengetahui soal Youcan dari teman saya yang mengikuti seleksi salah satu programnya. Youcan Indonesia merupakan organisasi independen yang didirikan dengan fokus utamanya adalah kepemudaan. Meskipun sebagian besar programnya ditujukan untuk daerah-daerah di Indonesia, namun beberapa program lainnya juga berlokasi di luar negeri. Bila kamu berminat untuk berpartisipasi dalam program Youcan, kamu akan melalui serangkaian seleksi. Bila terpilih, kamu diwajibkan mengikuti pelatihan yang kelak akan berguna saat diterjunkan ke masyarakat. Program Youcan Indonesia ini hampir semuanya gratis, kamu hanya akan dikenakan biaya pendaftaran.

BACA JUGA


Berikut 5 Cara Raih Beasiswa Ke Luar Negeri Walau Nilai Pas-Pasan

Berikut 5 Cara Raih Beasiswa Ke Luar Negeri Walau Nilai Pas-Pasan

Melanjutkan pendidikan di luar negeri bisa jadi impian semua orang. Siapa yang tidak mau mengenyam pendidikan berkualitas dengan iming-iming ...

Read more..

Selain kelima situs di atas, sebenarnya, kamu bisa mendapatkan informasi soal kegiatan workshop, summit, volunteer, atau internship di luar negeri dari mana saja. Sebagai langkah paling awal, kamu bisa mencari informasi di kampusmu sendiri. Biasanya kampus-kampus tertentu memiliki kerjasama dengan kampus dari negara lain untuk pertukaran mahasiswa. Selain itu, kamu juga bisa mencari informasi melalui kampus/perusahaannya langsung. Misalnya saja, kamu ingin mengikuti summer school dari sebuah universitas, kamu bisa langsung mengecek informasinya di situs kampus yang bersangkutan. Tapi, bila kamu berminat untuk internship, kamu bisa menanyakan informasinya ke kontak perusahaan yang kamu mau. Selamat mencoba!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Pengin Belajar dan Punya Pengalaman Hidup di Luar Negeri? Pelajari Dulu Infonya di 5 Situs Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Sofiati Mukrimah | @sofiatimukrimah

Penyuka kucing, keju mozzarella di pizza, dan make up. Enggak baperan, kecuali dipancingnya keterlaluan.

Silahkan login untuk memberi komentar