Pentingnya Mempelajari Digital Parenting Mulai dari Sekarang. Siapa Tahu Kamu Bisa Bantu Adik Kamu yang Mulai Kecanduan Gadget Sejak Kecil!

Pentingnya Mempelajari Digital Parenting Mulai dari Sekarang. Siapa Tahu Kamu Bisa Bantu Adik Kamu yang Mulai Kecanduan Gadget Sejak Kecil!

113
Meski belum menikah, tidak ada salahnya kamu mempelajari digital parenting sejak muda. Seiring perkembangan zaman yang semakin canggih, kelak kamu pun dituntut untuk bisa mendidik anakmu dengan baik.

Selamat datang di era digital parenting. Digital parenting adalah pola pengasuhan bagi anak-anak yang aktif menggunakan platform online atau media sosial dalam kesehariannya. Bagi kamu yang masa kecilnya gemar bermain ular tangga, lompat karet, atau monopoli, mungkin di zaman sekarang permainan itu sudah tidak lagi dimainkan oleh anak-anak. Kehadiran media sosial menyebabkan anak-anak menjadi melek gadget, sehingga memilih dirinya untuk bermain di layar smartphone dengan memanfaatkan jejaring sosial. Apakah adikmu di rumah juga mulai kecanduan gadget? Simak deh beberapa hal tentang digital parenting berikut yang mungkin bisa membantumu.


Mengontrol penggunaan media sosial pada anak-anak

Mengontrol Penggunaan Media Sosial Pada Anak-anak -

Buat kamu yang memiliki adik, kamu harus belajar digital parenting untuk mengontrol media sosial apa yang mereka gunakan. Dari situ kamu bisa tahu media sosial apa yang mendidik maupun yang tidak mendidik. Jadi, jangan sampai adik kamu terlalu asyik dengan media sosial hingga kelewat batas. Sebagai kakak, kamu bisa memonitoring penggunaan media sosialnya dan pastikan semua aman.


Mengenalkan media sosial atau website yang edukatif

Mengenalkan Media Sosial Atau Website Yang Edukatif -

Kalau kamu menemui adik kamu sedang berada dalam kecanduan internet, khususnya game, sebaiknya kamu mulai riset tentang media-media sosial atau website apa saja yang bisa memberikan edukasi supaya adik kamu tidak main games melulu. Sebagai kakak yang baik, kamu harus rajin-rajin mengawasi adikmu supaya tidak kecanduan internet ya!


Alokasikan waktu tertentu untuk bermain gadget

Alokasikan Waktu Tertentu Untuk Bermain Gadget -

Kamu tidak bisa terus-terusan membiarkan adikmu bermain gadget. Kamu bisa melakukan pendekatan kepada adikmu untuk tidak bermain sepanjang hari. Berikanlah rentang waktu kapan saja adikmu bisa menggunakan gadget. Buat jadwal misalnya dalam sehati hanya boleh memegang gadget maksimal dua jam saja.



Bijak dalam memilih gadget

Bijak Dalam Memilih Gadget  -

Di saat orang tua kamu ingin membelikan gadget baru untuk adikmu, kamu bisa ikut memilihkan gadget apa yang sesuai untuk adikmu. Tak perlu yang mahal-mahal, cukup disesuaikan spesifikasinya bagi pemula.


Be a good digital role model

Be A Good Digital Role Model -

Sebagai pengguna media sosial yang aktif, kamu harus memberikan contoh yang baik kepada adikmu bagaimana kamu menggunakan media sosial. Ceritakan alasanmu mengapa kamu menggunakan media sosial tertentu dan tunjukkan kalau kamu bisa have fun dengan gadget-mu tanpa membuang-buang waktu!

BACA JUGA


Instagram Stories Dian Sastro Rekor Banget Deh Timelinenya! Menurutmu Penting Nggak Sih Semua Momen Direkam di Media Sosial?

Instagram Stories Dian Sastro Rekor Banget Deh Timelinenya! Menurutmu Penting Nggak Sih Semua Momen Direkam di Media Sosial?

Menjauhkan yang dekat dan mendekatkan yang jauh, mungkin ungkapan yang pas untuk si media sosial. Seru rasanya bisa berbagi kebahagiaan ...

Read more..

Nah, tidak sulit kan belajar digital parenting? Percaya deh, ketika kamu memilih belajar mulai dari sekarang, kelak kamu pun bisa lebih bijak dalam mengenalkan gadget kepada anakmu! 


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Pentingnya Mempelajari Digital Parenting Mulai dari Sekarang. Siapa Tahu Kamu Bisa Bantu Adik Kamu yang Mulai Kecanduan Gadget Sejak Kecil!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Gita Swasti | @gitaswasti

Penulis di gitaswasti.com yang bercita-cita menjadi seorang auditor.

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week