Penulisan Daftar Riwayat Hidup Agar HRD Terkesan. Wajib Buat Kamu yang Mau Ngelamar Kerja atau Magang

photo credit: sheknows

Penulisan Daftar Riwayat Hidup Agar HRD Terkesan. Wajib Buat Kamu yang Mau Ngelamar Kerja atau Magang

753
Ada baiknya kamu perlu tahu bagaimana standar penulisan CV di Indonesia.

Setiap negara tentu punya standar sendiri dalam membuat daftar riwayat hidup, sama halnya di Indonesia. Maka dari itu, ada baikya kamu perlu tahu bagaimana standar penulisan CV di Indonesia. Nah, di bawah ini adalah urutan penulisan daftar riwayat hidup yang sering digunakan di Indonesia.


photo credit: forbes

1. Identitas

Identitas yang dicantumakn harus lengkap, mulai dari nama lengkap, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, alamat rumah, dan lain sebagainya. Jangan lupa cantumkan pula kontak yang kamu miliki seperti nomor telepon, nomor handphone, atau alamat email agar mudah dihubungi saat HRD tertarik denganmu.


2. Riwayat pendidikan

Ada dua jenis pendidikan yang perlu dicantumkan, yakni pendidikan formal dan pendidikan non formal. Tapi cantumkan lebih dulu pendidikan formal baru kemudian cantumkan pendidikan non formal, seperti pelatihan atau kursus. Kedua hal ini akan menjadi bahan pertimbangan bagi perusahaan yang kamu lamar.


3. Kemampuan

Ketika mencantumkan kemampuan, jelaskan secara singkat kemampuan apa yang kamu miliki. Jelaskan bidang apa saja yang kamu kuasai. Jangan sekali-sekali mencantumkan kemampuan yang sama sekali tidak kamu kuasai hanya karena ingin terlihat keren. Karena itu hanya akan membuat kamu jadi terlihat buruk lantaran sudah memalsukan jati dirimu.

photo credit: sheknows

4. Riwayat pekerjaan

Jika kamu sudah punya pengalaman sebelumnya, maka cantumkanlah secara singkat dan lengkap dengan periodenya. Hal ini juga akan jadi bahan pertimbangan. Pengalaman kerja akan sangat berpengaruh pada posisi yang akan kamu isi. Jika sesuai, maka tentu hal itu akan jadi pertimbangan. Karena posisi yang akan kamu isi harus sesuai dengan kemampuanmu.


5. Pengalaman organisasi

Hal ini juga penting karena sebenarnya sebuah perusahaan juga terbentuk karena adanya organisasi. Tapi, saat mencantumkan pengalaman organisasi, sebaiknya cantumkan saja yang sesuai dengan posisi yang akan kamu lamar. Jadi, pengalaman organisasi lainnya tidak perlu dicantumkan.

BACA JUGA


Jadi Sukses di Usia Remaja dengan Melakukan Cara-Cara Berikut Ini. Banyak Remaja yang Bisa Sukses di Usia Belia. Kamu Juga Bisa Lho!

Jadi Sukses di Usia Remaja dengan Melakukan Cara-Cara Berikut Ini. Banyak Remaja yang Bisa Sukses di Usia Belia. Kamu Juga Bisa Lho!

Banyak remaja-remaja di Indonesia yang sudah terlihat kesuksesannya pada usia muda. Seperti Prilly Latuconsina, remaja kelahiran 1996 ini ...

Read more..

Demikianlah urutan penulisan daftar rimayat hidup yang perlu kamu tahu. Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa juga ya perhatikan ke mana lamaranmu akan dikirim. Kalau ke perusahaan di bidang non-kreatif, lamaran dibuat dengan format resmi. Tapi, kalau kamu melamar ke perusahaan yang bergerak di bidang kreatif, kamu bisa buat CVmu dengan konsep yang lebih kreatif. Selamat mencoba ya!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Penulisan Daftar Riwayat Hidup Agar HRD Terkesan. Wajib Buat Kamu yang Mau Ngelamar Kerja atau Magang". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Arif Gunawan | @arifmanunited

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week