Perbandingan Film Zombie I Am a Hero dan Train to Busan. Mana yang Lebih Ngeri?

Image source: variety

Perbandingan Film Zombie I Am a Hero dan Train to Busan. Mana yang Lebih Ngeri?

720
Zombie kini mulai merambah film-film Asia. I Am a Hero dan Train to Busan adalah contohnya.

Akhirnya, Asia memiliki film tentang zombie, nih. Negara pelopor perkembangan film Asia di kancah dunia, yaitu Jepang dan Korea, masing-masing telah merilisnya dalam waktu berdekatan. Jepang lebih dulu menayangkan film bertema zombie ini pada April 2016 dengan judul I Am a Hero, disusul kemudian pada bulan Juli 2016 oleh Korea dengan judul Train to Busan. Mari kita bandingkan dua film ini, Sahabat Trivia!


1. Pemeran dan karakternya

Image source: The Grand

I Am a Hero menggandeng sejumlah pemain kenamaan seperti Yo Izumi, Kasumi Arimura, dan Masami Nagasawa. Mereka diceritakan sebagai orang asing yang berbeda profesi dan kemudian saling mengenal karena sama-sama menghadapi ancaman zombie. Mereka adalah Hideo Suzuki seorang komikus, Hiromi Hayakari seorang pelajar SMA, dan Yabu seorang perawat.


Image source: variety

Train to Busan juga tak main-main memilih pemainnya. Sebut saja Gong Yoo yang menjadi karakter utama sebagai Seok Woo, seorang manajer investasi.


2. Plot

Image source: The Hollywood Reporter

Sama-sama bercerita tentang zombie, kedua film ini memiliki alur yang berbeda. I Am a Hero mengisahkan perjalanan Hideo dan Hiromi dalam menghadapi zombie sampai mereka bergabung dengan Yabu dan sekelompok orang yang menyelamatkan diri di sebuah camp di daerah pegunungan.


Image source: Daily Express

Train to Busan mengisahkan perjalanan sekelompok penumpang kereta menuju Busan. Pada detik-detik keberangkatannya, seseorang yang telah tergigit zombie melompat naik sehingga satu per satu penumpang di gerbong kereta tersebut menjadi zombie.


3. Tingkat baper

Image source: Open the Kpop

Untuk urusan baper alias mengaduk-aduk perasaan, siapapun tentu tidak menyangkal bahwa Korea adalah juaranya. Termasuk untuk film Train to Busan. Ending-nya benar-benar di luar dugaan dan sanggup menguras air mata. Kamu pasti terharu menyaksikan perpisahan ayah dan anak dalam film ini.


Image source: AlloCiné

Namun, bukan berarti I Am a Hero juga nggak bikin baper. Sama seperti Train to Busan, karakter-karakter dalam I Am a Hero juga banyak yang mengorbankan dirinya demi keselaman teman.


4. Zombie Jepang vs zombie Korea

Image source: newspim

Pada dasarnya kedua zombie di negara ini sama-sama suka menggigit dan orang yang terkena gigitannya akan turut berubah menjadi zombie. Para zombie ini juga mengandalkan suara untuk mengenali calon korbannya. Namun, jika lebih diperhatikan, keduanya memiliki perbedaan.

Pada film I Am a Hero, diketahui bahwa zombie ini disebabkan oleh virus ZQN dan konon virusnya mati jika dikarantina di Gunung Fuji. Orang yang menjadi zombie secara brutal menjadi lebih jujur terhadap perasaan mereka sendiri. Mereka juga tahan banting meskipun tubuhnya dipukul sampai peyok dan juga mereka tidak pernah tidur. Para zombie ini hanya akan mati jika kepalanya dihancurkan. Mereka bahkan juga masih bisa memikirkan cara-cara brilian untuk menangkap mangsanya. Selain itu, ada pula setengah zombie, yaitu dia yang digigit bayi tak punya gigi. Setengah zombie ini masih cukup sadar untuk mengenali kawan dan lawan meskipun fisiknya mengalami perubahan.


Image source: manapop

Pada film Train to Busan tidak diketahui secara detail apa penyebab adanya zombie, tetapi kemungkinan disebabkan oleh penelitian sebuah perusahaan IT yang gagal. Sekali menjadi zombie, ia tidak akan mengenali lagi siapa dirinya. Kelemahan zombie yang ini terletak pada cahaya. Mereka tak bisa melihat dan mendadak diam ketika berada di ruang yang gelap.

BACA JUGA


Film Horor Gerbang Neraka Vs Pengabdi Setan, Mana yang Lebih Mencekam? Cari Tahu di Sini!

Film Horor Gerbang Neraka Vs Pengabdi Setan, Mana yang Lebih Mencekam? Cari Tahu di Sini!

Dua film ini bisa dibilang sangatlah berani karena mulai menggabungkan genre horor dengan genre lainnya

Read more..

Secara garis besar, zombie di I Am a Hero diceritakan lebih detail daripada zombie di Train to Busan. Alur I Am a Hero lebih memiliki banyak waktu daripada Train to Busan yang hanya ada dalam perjalanan kereta. Zombie ala Jepang tersebut punya banyak kesempatan untuk diceritakan. Bisa dikatakan zombie Jepang lebih mengerikan.

Kalau menurut kamu, zombie mana yang lebih mengerikan, Sahabat Trivia?




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Perbandingan Film Zombie I Am a Hero dan Train to Busan. Mana yang Lebih Ngeri?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Henny Alifah | @hennyalifah

Writer and Knitter

Silahkan login untuk memberi komentar