Perbedaan Pecel, Lotek, Gado-Gado, dan Karedok. Kamu yang Sering Tertukar, Wajib Baca Nih!

trivia.id

Perbedaan Pecel, Lotek, Gado-Gado, dan Karedok. Kamu yang Sering Tertukar, Wajib Baca Nih!

2.4K
Pecel, lotek, gado-gado, dan karedok adalah makanan yang berbeda. Memang apa sih perbedaannya?

Hai Sahabat Trivia! Kamu pasti tidak asing, kan, mendengar nama makanan, pecel, lotek, gado-gado, dan karedok? Selain enak, makanan-makanan ini adalah makanan asli Indonesia yang sehat karna kaya akan sayuran. Nah, masih banyak orang tidak dapat membedakan ke empat makanan ini. Meski jenisnya hampir sama, ternyata, makanan-makanan tersebut berbeda loh! Kamu yang sering tertukar membedakannya, wajib membaca sampai habis!


Gado-Gado


Jenis makanan satu ini banyak dijumpai di berbagai daerah di Indonesia. Ada gado-gado khas Betawi, Jawa Timur, Padang, dan di Manado pun kamu juga dapat menemukannya. Dalam bahan campuran gado-gado, rata-rata sayurannya telah direbus terlebih dahulu. Di beberapa daerah, Gado gado menggunakan telur rebus dan kentang sebagai komponen pokoknya. Berbeda dengan lotek dan pecel yang membuat telur rebus sebagai bahan tambahan. Sedangkan dalam proses penyajiannya, Gado gado biasanya disajikan di dalam piring dengan nasi atau lontong sebagai temannya dan juga tidak lupa emping asin atau kerupuk sebagai pelengkap.



Karedok


Tidak berbeda dengan gado-gado, bumbu karedok juga sama dengan bumbu pada gado-gado, pecel atau pun lotek. Yang membedakan dari semuanya adalah, karedok menggunakan sayuran mentah. Sayuran mentah tersebut dilumuri dengan bumbu kacang yang terdiri dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam, dan terasi. Karedok biasanya disajikan dengan kerupuk udang atau kerupuk kecil. Karedok biasanya langsung bisa dimakan tanpa ditemani dengan nasi, lontong, maupun ketupat. Kamu akan sering menjumpai karedok di prasmanan adat betawi saat pernikahan.



Pecel


Pecel merupakan jenis makanan yang bahan utamanya adalah sayuran matang dan bumbu kacang. Makanan ini akan sangat sering kamu temukan di daerah asalnya, Jawa Timur, tepatnya di daerah eks Karisidenan Madiun, dimana banyak orang yang memang mengetahui pecel terkenal adalah Pecel Madiun. Dalam istilah bahasa Jawa, pecel dapat diartikan tumbuk atau dihancurkan dengan cara ditumbuk. Pecel pada umumnya menggunakan sayuran matang dan pelengkap seperti telur ceplok, rempeyek teri atau rempeyek kacang, tahu dan tempe bacem, dan jangan ketinggalan tempe mendoan! Bumbu kacang untuk pecel lebih terasa aroma daun jeruknya dibandingkan dengan yang lain dan dalam penyajiannya, Pecel biasanya disajikan dipincuk atau dialasi dengan daun pisang atau di Madiun sendiri, pecel disajikan di daun Jati. Sedap banget kan?


Lotek


Berbeda dengan gado-gado dan karedok, lotek yang merupakan makanan khas Jawa Barat ini hampir sama dengan pecel, namun di dalam lotek sayuran wajib yang ada di dalamnya antara lain bayam, kacang panjang, kapri, dan daun kacang kedelai. Jika bumbu pecel lebih terasa aroma daun jeruknya, lotek lebih menonjolkan aroma kencurnya. Sedangkan pada umumnya, lotek disajikan dengan lontong, tetapi ada yang melakukan variasi lain seperti nasi, ketupat, atau bahkan dengan mie.

Baca juga: Terlihat Menyehatkan, Ternyata 5 Kombinasi Makanan Ini Justru Membahayakan Kesehatan

Nah, setelah mengetahui ke empat jenis makanan tersebut, kamu tidak akan salah memesan kan? Jadi, mana yang paling kamu suka?


#NulisTiapHari #TriviaWritersCamp



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Perbedaan Pecel, Lotek, Gado-Gado, dan Karedok. Kamu yang Sering Tertukar, Wajib Baca Nih!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Hairul Anam | @hairul

Bagiku, yang sejak kecil menginjakkan tanah dan beratapkan langit Indonesia, makan dan minum dari hasil Tanah Air bangsa ini, memutuskan menjadi Pengajar Muda dari Gerakan Indonesia Mengajar adalah keharusan.

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week