Perihal Pekerjaan dan Passion yang Sering Diributkan Banyak Orang, Ternyata yang Perlu Kamu Lakukan Hanyalah Bekerja dan Berusaha Sebaik-Baiknya

Photo credit: GettyImages

Perihal Pekerjaan dan Passion yang Sering Diributkan Banyak Orang, Ternyata yang Perlu Kamu Lakukan Hanyalah Bekerja dan Berusaha Sebaik-Baiknya

373
Di luar dugaan, bekerja sesuai passion tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Sembilu yang dulu biarlah berlalu

Bekerja bersama hati

Kita ini insan bukan seekor sapi

Sembilu yang dulu biarlah berlalu

Berkarya bersama hati

Kita ini insan bukan seekor sapi

Lagu milik Fourtwnty tersebut menjadi playlist saya beberapa hari ini. Selain irama yang rancak, lirik lagu yang menjadi soundtrack Filosofi Kopi 2 ini memiliki makna yang dalam dan sesuai dengan apa yang saya rasakan. Lagu ini lantas membuat memori saya kembali ke masa setelah saya mengenakan toga dan mendapatkan gelar sarjana beberapa tahun yang lalu.


Dulu, saya memang asal ambil pekerjaan. Itu pula yang dilakukan kebanyakan orang.

Apalagi yang dicari seorang sarjana muda selepas wisuda jika tidak sebuah pekerjaan yang bisa dibanggakan? Saya belum pernah bekerja di sektor formal. Maka, tak heran saya cukup kewalahan untuk menentukan jenis pekerjaan yang harus saya prioritaskan. Dalam pikiran saya saat itu, saya hanya ingin memperoleh pekerjaan dan menganggap bahwa saya akan melepaskan pekerjaan tersebut jika saya mulai tidak nyaman. Pemikiran seperti itu nyatanya bukan hanya saya miliki, namun juga dimiliki oleh sebagian besar sarjana muda yang belum memiliki pengalaman bekerja seperti saya.

Photo credit: santaferelo

Bekerja sesuai passion adalah impian setiap orang, begitu pula saya

Siapa pula yang tidak ingin bekerja sesuai passion? Ibarat kata, bekerja sesuai passion merupakan kesenangan tersendiri karena melakukan hobi yang dibayar. Saya ingin bekerja sesuai passion. Impian itu tidak hanya saya miliki ketika saya belum memiliki pekerjaan, namun juga ketika saya telah memiliki pekerjaan tetap. Alasan ini pula yang membuat saya iri dengan orang lain yang menyambut hari baru dengan senyuman. Tidak seperti saya yang memulai hari dengan keluhan dan segala pikiran mengenai tugas-tugas kantor yang harus saya selesaikan.

Photo credit: Good&Co

Bertahan atau melepaskan? Yang kita butuhkan hanyalah berkompromi dengan diri sendiri.

Saya sempat mengalami depresi dan ingin resign dari tempat kerja ketika berada di titik jenuh. Setelah meminta saran dari beberapa sahabat, ada dua sikap yang harus saya pilih untuk masalah ini, yaitu bertahan atau melepaskan. Saya kemudian melepaskan dan berkompromi dengan diri sendiri untuk memulai petualangan baru.

Photo credit: simplemindfulness

Ingin bekerja sesuai passion? Kamu harus punya bekal mental dan finansial yang memadai

Di luar dugaan, bekerja sesuai passion tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ukuran keberhasilan seseorang memang tidak bisa hanya diukur dengan materi. Untuk bekerja sesuai dengan passion, saya perlu bekal mental dan finansial yang memadai. Apalagi jika saya memulai segala sesuatunya dari bawah. Saya perlu hati sekuat baja.

Photo credit: Shutterstock

Jangan asal bekerja. Bekerja dan berkaryalah!

Pada akhirnya saya sadar. Bekerja sesuai passion atau tidak memiliki tantangan masing-masing. Maka tidak perlu saya sibuk melirik keberhasilan orang lain. Yang perlu saya lakukan adalah berlari untuk menggapai mimpi-mimpi yang telah saya susun rapi. Maka, untuk kamu yang memilih untuk bekerja sesuai passion ataupun memiliki pekerjaan yang jauh dari kesenangan yang kamu bayangkan, lakukan saja apa yang ada di depan mata kamu dengan sebaik-baiknya. Jangan hanya asal bekerja, bekerja dan berkaryalah karena kamu insan bukan seekor sapi.

Photo credit: GettyImages

Sahabat Trivia, jangan pernah mengeluh pada pekerjaanmu yang sekarang ya. Percayalah, apapun jenis pekerjaannya, semua harus dilakukan dengan hati. Berkaryalah dengan tulus dan pasti hasilnya akan membuatmu bahagia!

BACA JUGA


Meski Tidak Bekerja Sesuai Passion, Menulis Membuatku Belajar Menghargai Pekerjaan yang Saya Miliki Sekarang

Meski Tidak Bekerja Sesuai Passion, Menulis Membuatku Belajar Menghargai Pekerjaan yang Saya Miliki Sekarang

Jalan kita mungkin berputar. Tapi, suatu saat, entah kapan, kita pasti punya kesempatan jadi diri sendiri - Perahu Kertas, Dee Lestari

Read more..



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Perihal Pekerjaan dan Passion yang Sering Diributkan Banyak Orang, Ternyata yang Perlu Kamu Lakukan Hanyalah Bekerja dan Berusaha Sebaik-Baiknya". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dini Ardianty | @diniardianty

A bibliophile, full time writer, Indonesian language teacher, and vegetarian

Silahkan login untuk memberi komentar