Perjalanan Hidup Mark Zukerberg, Orang Terkaya Kelima di Dunia. Yuk, Belajar dari Kisah Suksesnya!

photo credit: Facebook

Perjalanan Hidup Mark Zukerberg, Orang Terkaya Kelima di Dunia. Yuk, Belajar dari Kisah Suksesnya!

5.5K
Siapa yang menyangka, kalau ternyata Mark Zukerberg mulai membangun Facebook bersama beberapa teman sekamarnya di asrama.

Siapa yang tidak kenal dengan Mark Zukerberg? Kalau kamu sering main media sosial Facebook pasti tahu dong, Sahabat Trivia? Kesuksesannya membangun jejaring sosial bernama Facebook, berhasil menjadikan namanya masuk ke dalam list orang terkaya ke-5 di dunia lho, Sahabat Trivia. Tidak banyak orang bisa sukses seperti Mark, tentu kesuksesan ini tidak didapatkannya dengan mudah. Ada kerja keras yang dia tempuh untuk meraih apa yang sudah dapat hari ini. Dari perjalanan seorang Mark Zukerberg kita bisa belajar, kamu penasaran seperti apa perjalanan dari orang nomor 1 di Facebook ini? Simak baik-baik di bawah ini ya, Sahabat Trivia.


Dibesarkan di Dobbs Ferry, New York

photo credit: businessinsider

Lahir dari pasangan suami istri yang berprofesi sebagai dokter gigi dan psikiater. Mark Zukerberg memiliki tiga saudara kandung yaitu Randi, Donna, dan Arielle.


Di usianya yang masih 12 tahun dia sudah bisa membuat program pengolah pesan bernama Zucknet

photo credit: businessinsider

Kepintaran seorang Mark memang terlihat sejak dirinya masih muda, di usianya yang masih 12 tahun dia sudah bisa membuat program pengolah pesan bernama Zucknet. Sewaktu remaja Mark tidak hanya sekedar menjadi kutu buku tapi juga pecinta film-film klasik.


Zuckerberg memulai masa kuliahnya Universitas Harvard pada tahun 2002

photo credit: businessinsider

Mark Zuckerberg melanjutkan pendidikannya di Universitas Harvard pada tahun 2002 dan di sini ketrampilannya pun semakin terasah. Face mash adalah salah satu aplikasi buatannya saat itu, sebuah aplikasi hot-or-not-style yang menggunakan gambar-gambar teman sekelasnya. Dia mendapatkannya dengan menghack file yang ada di asrama sekolah tersebut, namun setelah diketahui pihak Harvard pun memintanya langsung diturunkan dengan alasan kemanan dan juga hak cipta.


Mulai membangun Facebook dengan teman sekamarnya di asrama

photo credit: businessinsider

Siapa yang menyangka kalau ternyata Mark mulai membangun Facebook bersama beberapa teman sekamarnya di asrama. Di tahun keduanya berkuiah, dia pun memutuskan untuk berhenti kuliah dan memilih fokus untuk mengembangkan Facebook.


Dari tahun ke tahun pengguna Facebook pun semakin melesat

photo credit: businessinsider

Pilihannya untuk fokus membangun Facebook ternyata sedikit demi sedikit membuahkan hasil, dalam kurun waktu 5 bulan sudah berhasil menjaring sebanyak 30 kampus. Di akhir tahun 2004, pengguna Facebook pun sudah mencapai 1 juta, dan dari situlah semakin meningkat. Melihat semakin terbukanya peluang yang ada, Mark dan teman-temannya pun memutuskan untuk melebarkan jaringan Facebook untuk para siswa sekolah menengah. Lanjut di tahun 2006, Facebook pun membuka jaringan untuk para pekerja kantoran. Nah, baru di bulan September 2006 Facebook pun membuka pendaftaran untuk umum dengan syarat harus memiliki email untuk mendaftar.


Mark dan Chan bertemu di pesta

photo credit: businessinsider

Sebelum akhirnya dia berhenti dari kuliahnya, di universitas inilah akhirnya dia bertemu dengan seorang perempuan bernama Priscilla Chan, yang saat ini menjadi istrinya. Mark bertemu dengan tambatan hatinya ini saat keduanya sama-sama sedang menghadiri pesta frat. Sejak itulah keduanya berkencan sampai akhirnya Mark berhasil mendirikan Facebook, di momen pernikahannya mereka pun mengundang Billie Joe Armstrong dari Green Day tampil di pesta pernikahan mereka. Selain itu, Mark pun mendesain khusus cincin pernikahannya untuk Priscilla Chan. Wah, so sweet ya! Keduanya pun langsung berbulan madu di hotel bintang lima, Portrait Suites, Italia. Di tahun 2015 yang lalu, keduanya pun mengumumkan kalau baru saja memiliki seorang bayi perempuan menggemaskan, yang diberi nama Max.


Menjual 99% saham Facebook dan menyalurkannya untuk kegiatan sosial

photo credit: businessinsider

Kesuksesan yang telah Mark dapat bukan berarti menjadikan dirinya lupa untuk berbagi. Mark Zuckerberg mengumumkan jika akan menjual 99% saham Facebook dan akan disalurkan untuk aksi-aksi sosial seperti, membantu penyembuhan penyakit orang-orang yang membutuhkan.


Sosoknya yang selalu sederhana

photo credit: businessinsider

Di usianya yang masih 33 tahun, Mark sudah sukses dan menjadi orang terkaya ke-5 di dunia. Meskipun bergelimang harta, kehidupannya jauh dari kata mencolok. Sang CEO yang sukses itu selalu memakai hoodie atau kaos abu-abu dengan jeans.


Jalannya pun tak selalu mulus

photo credit: businessinsider

Bahkan seorang Mark Zuckerberg tidak selalu mendapatkan apa yang dia inginkan, saat dirinya ingin membeli Snapchat seharga $3 Miliar di tahun 2013, namun ditolak oleh CEO Snapchat, Evan Spiegel. Tapi, kini justru hampir seluruh fitur yang serupa dengan Snapchat ada dalam Facebook dan Instagram. Wah, benar-benar cerdas yah!

BACA JUGA


Mark Zuckerberg Akhirnya Lulus Kuliah. Para Pejuang Skripsi, Ayo Jangan Nyerah!

Mark Zuckerberg Akhirnya Lulus Kuliah. Para Pejuang Skripsi, Ayo Jangan Nyerah!

Founder Facebook ini kembali ke kampusnya yaitu Universitas Harvard dan secara resmi mendapatkan gelar akademis

Read more..

Semoga kamu pun bisa belajar dari kisah hidup Mark Zuckerberg, orang sukses dan terkaya ke-5 di dunia ini. Dalam mencapai suksesnya dia juga banyak melewati jatuh bangun, namun tetap harus diingat kalau proses dan kerja keras yang kita lakukan akan membuahkan hasil yang manis dikemudian hari.




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Perjalanan Hidup Mark Zukerberg, Orang Terkaya Kelima di Dunia. Yuk, Belajar dari Kisah Suksesnya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Qiqi NurIndahSari | @qiqinurindahsari

Hi,Q! www.qiqinurindahsari.com

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week