Perjuangan Menjadi Seorang Santri yang Perlu Kamu Ketahui. Mari Kenalan dengan Komunitas Sarung dan Peci Ini!

photo credit: NU Online

Perjuangan Menjadi Seorang Santri yang Perlu Kamu Ketahui. Mari Kenalan dengan Komunitas Sarung dan Peci Ini!

297
Hari Santri Nasional beberapa waktu yang lalu membuatku mengingat masa-masaku di pesantren yang penuh dengan kenangan dan tidak akan hanya tinggal kenangan.

Pesantren menjadi rumah yang tidak akan pernah dilupakan. Buat kamu yang pernah mengalami masa-masa sulit di sepanjang hidup kamu, itu tidak akan sesulit yang pernah dialami oleh santri saat mereka bertahan hidup di sebuah pesantren. Kenapa? Karena tempat yang biasa dijuluki dengan penjara suci ini merupakan tempat berjuang mengadu nasib. Penasaran kenapa bisa begitu? Yuk, simak!


Kehidupan anak pesantren

photo credit: Cakrawala Media

Menjadi seorang santri berarti berani untuk menjadi orang yang lebih baik dan bermanfaat untuk orang lain. Di pesantren, santri akan membekali diri dengan bebagai macam ilmu, mulai dari sinilah para santri diharapkan mampu ikut serta dalam segala macam peradaban zaman.

Kamu pernah tinggal di sebuah asrama? Kehidupan di pesantren lebih ketat dari sebuah asrama. Setiap jam di pesantren punya jadwal yang sudah ditentukan loh. Mulai dari jadwal salat wajib lima waktu yang harus dilakukan secara berjamaah, lalu mengaji Al-Quran dan kitab kuning. Semuanya harus kamu ikuti dan laksanakan, jika kamu tertinggal satu saja momen yang sudah dijadwalkan, siap-siap saja ya, Sahabat Trivia. Kamu akan segera mendapatkan hukuman atau yang biasa disebut dengan takziran.

Cara bergaul di pondok pesantren bukanlah hal yang sulit. Kamu akan dengan mudahnya mendapatkan teman seperjuanganmu. Bahkan, cara mereka menyapamu akan sangat sopan sekali, santri akan terlihat lebih anggun, dan menghormati kamu dengan gaya khasnya yaitu menunduk. Jika kamu adalah orang yang ternyata lebih tua darinya dan jika kamu merupakan orang yang lebih muda dari dia, siap-siap menjadi orang paling bahagia karena santri punya sejuta bahkan lebih guyonan yang bisa membuatmu tertawa terpingkal-pingkal.


Suka duka tinggal di pesantren

photo credit: Pondok Pesantren Roudhotul Quran

Hal yang paling menyedihkan tapi sangat menguatkan ketika kamu ada di pesantren adalah ketika kamu berada di masa awal kamu masuk dunia pesantren. Kamu akan berasa seperti seorang anak yang hidup sebatang kara loh, Sahabat Trivia. Apalagi buat kamu yang pemalu, siap-siap mengalami masa kesepian. Bagaimana tidak? Pada awalnya, kamu akan merasakan bagaimana hidup tanpa uluran kasih dan sayang dari kedua orangtuamu. Selanjutnya kamu harus bisa mengatur pengeluaran kamu dengan uang saku yang telah diberikan oleh orang tua belum lagi jika harus beradaptasi dengan lingkungan yang benar-benar religius, kamu harus rajin dan menaati pearturan yang berlaku di pesantren. Nah, buat kamu yang masuk dunia pesantren untuk pertama kalinya, siapkan mental dan yakin saja kalau kamu bisa bertahan di sana, jangan pernah terbesit pikiran kalau kamu ingin pulang dan segera mengakhiri drama kesepianmu.

Indahnya tinggal di pesantren adalah ketika kamu mampu beradaptasi dengan cepat di pesantren, mengenali satu anak kamarmu, mengenali nama pengurus pondok apalagi seksi keamanannya, dan juga hafal nama kakang pondok yang gantengnya luar biasa dari pada artis Korea. Satu lagi kebahagiaan anak pesantren, yaitu ketika dijenguk oleh orangtuanya, dibawakan banyak makanan, dan uang jajan yang ditambah karena kamu semakin giat belajar di pesantren. Nah, asyik banget kan ternyata, Sahabat Trivia. Yakin nggak mau mencoba merasakan suka duka di pesantren nih?


Fakta tentang pesantren

photo credit: NU Online

Peraduan yang sangat menenangkan hati, jiwa, dan akal ini dikenal dengan tempat yang keramat loh, Sahabat Trivia. Hal tersebut bisa dilogika kenapa banyak sekali setan-setan pengganggunya. Kenapa? Yang pertama, pesantren adalah tempat mencari ilmu yang mana akan ada banyak godaan dan juga cobaan yang harus dialami oleh santri dan semua orang pada umumnya saat mencari ilmu, ada godaan setan untuk berhenti mencari ilmu, bahkan ingin pulang dari pesantren ke rumah.

Yang kedua, lingkungan yang sepi ketika semua santri sedang mengaji, salat jamaah, atau aktivitas lain di luar pesantren. Kamu yang menjadi pemalas ketika kamu ada di pesantren akan menjadi sasaran mahluk halus loh untuk digoda, ditakuti, bahkan dia bisa menampakkan wajudnya hanya agar kamu mau mengaji. Nah, uji nyali juga, kan?

Yang ketiga, ketika kamu melakukan satu saja kejahatan, seperti contohnya mengambil hak orang lain seperti mencuri sandal orang lain, nanti kamu juga akan dapat balasannya. Bisa setimpal atau bahkan lebih memprihatinkan. Jadi, jangan sampai ya kamu melakukan hal-hal yang merugikan orang lain ya, Sahabat Trivia.

Kalau tadi sudah dibahas mengapa pesantren itu telihat keramat, sekarang fakta lain dari pesantren adalah tempat yang sangat menenangkan jiwa loh. Kamu yang tinggal di pesantren akan merasakan jiwa yang damai dan sangat dekat dengan Tuhan, Allah SWT sang pencipta. Kamu akan menjadi orang yang tahu tentang agama, mengetahui cara beribadah yang sesuai madzhab, dzikir, hingga amalan untuk membuatmu menjadi orang sukses yang kalau di pesantren biasa disebut dengan tirakat, bahasa yang sering dikenal belajar hidup sederhana untuk mencapai kesuksesan.


Untungnya tinggal di pesantren

photo credit: Ayo Bergaul

Sejuta manfaat akan kamu temukan ketika kamu sudah melalui masa-masa tinggal di pesantren loh, Sahabat Trivia. Karena kamu sudah terbiasa hidup dengan banyak orang, kamu akan menjadi orang yang mudah bergaul dan tahu bagaimana cara berkomunikasi dengan orang yang baru ketika kamu telah keluar dari pesantren.

Kedua, karena sudah terbiasa hidup tanpa uang yang berlimpah atau hidup sederhana, akan membuat kamu belajar saling berbagi dan mampu mengatur keuanganmu, seperti lebih memprioritaskan kebutuhan dari pada keinginan. Jika kamu disuguhi hidup yang mewah pun, jiwamu akan merasa asing karena sudah terbiasa hidup cukup, bukan berlebih. Lebih baik kecukupan dari pada hidup dalam keadaan berlebihan, Allah tidak menyukai hambanya yang berlebih-lebihan loh atau Israf.

Ketiga, berawal dari biasa hidup tanpa kasih sayang orang tua yang bisa dirasakan dengan sentuhan. Kamu juga telah belajar menjadi orang yang mandiri nih, Sahabat Trivia. Kamu akan lebih jauh mengenali orangtuamu karena kamu jauh dari mereka dan begitu pula sebaliknya, orangtuamu juga akan mengenalimu lebih dalam. Dari sinilah, kamu bisa merasakan betapa kerasnya hidup dan seberapa besar kekuatan yang harus kamu keluarkan ketika kamu menghadapi masalah, cobaan, ujian, bahkan godaan.

Keempat, di pesantren kamu telah belajar memperdalam Al-Quran, berbagai macam kitab kuning, mengamalkan berbagai amalan untuk berdzikir kepada Allah. Kamu akan menemukan ketenangan jiwa yang tidak akan ditemukan di tempat yang lain, hanya ada tersedia di pesantren loh. Bahkan, ketenangan ini sifatnya jangka panjang yang mampu menenangkal jiwa lahir dan batinmu sampai kamu sudah tidak ada di dunia ini jika kamu masih mau mengamalkan ilmu dan berdzikir yang kamu peroleh selama di pesantren.

Masih ada banyak hal yang akan kamu dapatkan manfaatnya ketika kamu berada di pesantren, semoga kamu makin penasaran ya dengan pesantren setelah diuraikan beberapa kenikmatannya.


Kesan selama tinggal di pesantren

photo credit: NU Online

Satu hal yang tidak akan pernah bisa membuatmu tenang adalah ketika kamu sudah benar-benar dinyatakan lulus dan harus segera menjadi alumni pondok pesantren, kamu tidak akan pernah bisa melupakan masa-masa suka dan juga duka yang pernah kamu alami di pesantren. Kebersamaan yang kamu jalin dengan semua santri, Pak Kiai dan Ibu Nyai juga Kang Santri yang rupawan tidak akan pernah mampu kamu hapuskan dalam ingatanmu. Yang ada, kamu akan selalu merasakan kerinduan masa-masa itu, rasanya ingin kembali ke masa itu dan terus hadir di sana.

BACA JUGA


Jika Bulan Ramadan Bisa Berbicara, Ini yang Akan Ia Sampaikan Kepada Kita Semua di Lebaran Ini

Jika Bulan Ramadan Bisa Berbicara, Ini yang Akan Ia Sampaikan Kepada Kita Semua di Lebaran Ini

Karena saat ini Ramadan sudah pergi, mari kita berandai-andai apa yang ingin bulan Ramadan sampaikan kepada kita semua. Andai bulan Ramadan ...

Read more..

Bersyukurlah, kamu yang pernah menjadi santri, setidaknya kamu telah merasakan setengah dari getirnya kehidupan dunia. Untuk realitanya, kamu akan tahu dan rasakan sendiri ketika kamu benar-benar menginjakan kaki di dunia yang jauh dari lingkungan pesantren, seperti di tengah ibu kota negara Indonesia atau masuk ke pedalaman di Indonesia. Di situlah, nyalimu akan benar-benar teruji. Semoga artikel ini mampu mengobati rasa kangenmu dengan dunia pesantren ya, Sahabat Trivia.






Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Perjuangan Menjadi Seorang Santri yang Perlu Kamu Ketahui. Mari Kenalan dengan Komunitas Sarung dan Peci Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Annida Shf | @roshanaraannida

KEGAGALAN hanya terjadi bila kamu MENYERAH.

Silahkan login untuk memberi komentar