Pernah Membantu Pekerjaan Office Boy atau ART? Saya Pernah Mencobanya. Ini yang Terjadi dan Begini Rasanya!

photo credit: directhomediscount

Pernah Membantu Pekerjaan Office Boy atau ART? Saya Pernah Mencobanya. Ini yang Terjadi dan Begini Rasanya!

633
Karena Office Boy dan Asisten Rumah Tangga juga berhak bahagia.

Jika kamu berada di kantor atau di rumah yang memiliki office Boy (OB) atau Asisten Rumah Tangga (ART), pernah kepikiran untuk mengambil alih kerjaannya, nggak? Satu atau dua saja, tidak untuk semuanya, kok!

photo credit: artdeco

Selama hampir satu minggu, saya mencoba memulai tantangan untuk diri saya sendiri terhadap OB di kantor tempat saya bekerja. Ternyata, di luar dugaan, hasilnya sangat membuat saya berbeda. Juga untuk sang OB, bahkan untuk teman-teman yang lain.

“Mas/Mba, gelas saya belum dicuci ya? Tempat makan saya masih kotor? Pesenan makanan saya mana?” saya mengganti kalimat-kalimat itu menjadi, “Biar, Mas/Mba. Saya sudah cucikan, saya juga sudah membeli makanannya sendiri. Terima kasih ya, Mas/Mba.”

Saya menantang diri saya untuk mengambil alih dua pekerjaan OB saya. Hanya dua, kok. Mencuci tempat minum dan makan, dan membeli makanan sendiri ke basement kantor. Tidak menitip padanya. Mau tahu hasilnya? 5 hal ini akan membuatmu semakin bahagia, loh! Check this out!


1. Melihat kebahagian dari orang lain

photo credit: directhomediscount

Hari pertama saya memulai tantangan ini, saya mencuci tempat makan dan minum saya. Seperti dugaan saya, teman-teman berkata, “Udah nggak usah, nanti dicuciin sama Mas dan Mbanya.” Saya hanya menjawab, “Nggak apa-apa, lagi iseng mau main air.”

Ketika bertemu dengan OB saya di pantry, ia berkata, “Waduh, Mas, nggak usah, biar saya saja yang cuci. Saya jadi nggak enak.” Ucapnya dengan rasa sungkan yang terlihat. Namun saat saya tetap melanjutkan, terlihat sekali ada aura bahagia darinya.


2. Senyum yang mengembang

photo credit: elsoar

Keesokan harinya, tantangan merambah ke pesan makanan. Seperti biasa, setiap pukul 11.30, OB kami menghampiri kubikel, siap mencatat semua pesanan kami. “Nggak usah, Mas. Nanti saya turun sendiri,” jawab saya. Teman-teman bingung, apalagi OB nya. Tapi, setelah saya bersikeras untuk tetap membeli makanan sendiri, terlihat senyumnya yang berbeda. Mungkin saja, waktunya bisa lebih singkat, karena jumlah tempat pesanan berkurang satu.


3. Terima kasih yang tulus


Tantangan untuk diri sendiri tetap berlanjut, setiap hari kini saya mencuci dan memesan makanan sendiri. Meski tetap merasa sungkan, sangat terlihat sekali wajah hangat penuh syukur dari OB saya. “Terima kasih, ya, Mas. Tapi jangan sungkan kalau minta bantuan saya,” jawabnya dengan tulus.


4. Virus menular

photo credit: elsoar

“Nggak apa-apa, Kok. Ini memang sudah menjadi tugas Mas dan Mbaknya. Tapi karena saya juga bisa melakukannya, bukankah hal yang baik? Setidaknya, pekerjaan Mas dan Mbaknya yang sudah banyak sejak pukul enam, bisa lebih ringan,” jawabku saat teman-teman selalu menanyakan perihal sikapku.

Hei, sahabat Trivia, kalian tahu virus itu menular? Satu atau dua teman saya juga melakukan hal yang sama, lho! Meski baru sebatas untuk tidak menitip makanan atau meletakkan gelas ke wadah mencuci. “Yaah, meski belum mencuci sendiri, seenggaknya Mas dan Mbaknya nggak perlu mondar-mandir ngambil gelas ke kubikel, kan? Tinggal angkut aja dari wadah.” Ucap salah satu teman saya.


5. Keramahan dan kehangatan yang terus terjaga

photo credit: citynews

Hampir satu minggu saya menjalankan tantangan ini, sudah banyak teman-teman yang turut serta juga dalam aksi ini. Membeli makanan sendiri, meletakkan tempat makan dan minum habis pakai ke wadah yang siap angkut, juga lebih hangat bersikap kepada OB kami.

Memang kebiasaan ini baru berlangsung satu minggu. Itu pun jika memang kami sedang tidak ada meeting yang membuat kami tidak sempat membeli makan. Di luar itu semua, kami sama-sama tahu, bahwa, OB atau bahkan ART memiliki pekerjaan yang mungkin banyak yang tidak menganggapnya. Banyak yang mungkin bersikap acuh, manganggap semua ini memang pekerjaannya, tapi di lain hal, OB kami semakin tulus dan suasana kantor semakin hangat.


Ini sangat sederhana. Mudah. Tapi memiliki dampak yang luar biasa, lho! Jika kami bisa, kamu pasti jauh lebih hebat! Berani coba yang saya lakukan?

#TriviaWritersCamp #SocialExperiment


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Pernah Membantu Pekerjaan Office Boy atau ART? Saya Pernah Mencobanya. Ini yang Terjadi dan Begini Rasanya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Hairul Anam | @hairul

Bagiku, yang sejak kecil menginjakkan tanah dan beratapkan langit Indonesia, makan dan minum dari hasil Tanah Air bangsa ini, memutuskan menjadi Pengajar Muda dari Gerakan Indonesia Mengajar adalah keharusan.

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week