Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Memutuskan Berangkat Umroh Agar Kamu Tidak Tertipu oleh Agen Travel yang Curang

Photo credit: Inspira Data

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Memutuskan Berangkat Umroh Agar Kamu Tidak Tertipu oleh Agen Travel yang Curang

501
Sejak terbersit niat untuk umroh, sejak itu pula kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal ini sebelum akhirnya yakin mau berangkat ke tanah suci dan memulai pencarian agen travel.

Bareskrim Polri menetapkan bos agen perjalanan First Travel sebagai tersangka dan dijerat pasal penipuan sekaligus UU ITE. Mereka adalah pasangan suami istri, Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan. Sekitar setahun belakangan ini memang muncul kabar-kabar sumbang tentang penipuan berkedok jasa paket travel umroh dengan harga murah. First Travel bukan satu-satunya, tetapi agen perjalanan inilah salah satu yang terbesar di Indonesia. First Travel bahkan menjadi pilihan artis kondang dalam negeri sekelas Syahrini.

Sebagaimana nama besar yang rupanya tak selamanya menjadi jaminan, kini kamu perlu lebih selektif dalam memilih agen travel umroh, Sahabat Trivia. Bahkan sejak terbersit niat untuk umroh, kamu pun perlu mempertimbangkannya masak-masak. Berikut hal-hal yang bisa jadi panduan awal kamu dalam menentukan keberangkatan umroh.


1. Pahami dulu hukum mengerjakan umroh

Photo credit: Indulge with Lancsco

Ada perbedaan pendapat ulama tentang hal ini. Pendapat yang lemah mengatakan hukumnya sunnah muakkad, artinya sangat dianjurkan untuk dikerjakan, jadi meskipun tidak dikerjakan sebenarnya tidak apa-apa karena tidak menimbulkan dosa.

Pendapat yang kuat adalah wajib bagi yang mampu sekali seumur hidup, ini karena pengertian sunnah muakkad sejatinya adalah ibadah-ibadah yang hampir pasti dan sering dilakukan Nabi Muhammad sehingga sangat dianjurkan untuk diteladani.

Namun, mari kita tengok rukun Islam, bukan umroh melainkan ibadah haji yang tersebut di sana. Jadi sebenarnya kamu tidak perlu memaksakan diri untuk berangkat umroh. Kecuali kondisinya kamu memang benar-benar mampu dan hasrat ke tanah suci semakin besar sementara daftar antrian haji tak kunjung datang. Berbeda dengan ibadah haji, umroh memang tidak terbatas dengan waktu jadi antriannya tidak terlalu panjang.


2. Tanyakan pada diri sendiri, keinginan ini sekadar gengsi atau memang murni ingin beribadah ke tanah suci

Photo credit: Inspira Data

Pesatnya perkembangan media sosial ternyata juga menghantarkan kecemburuan sosial dalam skala yang lebih luas dari masa-masa sebelum adanya gadget. Bisa jadi seseorang ingin umroh karena gengsi pada teman-temannya yang lain yang terlebih dahulu menginjakkan kaki di tanah suci, tertantang untuk ikutan berfoto di Masjidil Haram setelah melihat unggahan foto di Instagram. Bisa jadi ia hanya tergiur pelesir ke luar negeri. Maka ada baiknya kamu telisik pula hatimu, luruskan niat agar tidak tercoreng dengan hal-hal duniawi seperti itu.


3. Jangan lupa cek biaya standar perjalanan Indonesia – Arab Saudi

Photo credit: Shutterstock

Hidup sekarang semakin mudah dengan banyaknya aplikasi, termasuk aplikasi traveling yang memungkinkan kamu untuk mengecek biaya transportasi darat sampai udara serta penginapan dan tempat makan. Coba kamu cek dulu biaya standar perjalanan dari Indonesia ke Arab Saudi. Lalu bandingkan dengan harga-harga di agen travel umroh. Jika perbedaannya jauh maka kamu perlu waspada, salah-salah nanti kamu berhubungan dengan agen travel umroh yang curang.


4. Cari tahu sebanyak-banyaknya tentang agen travel umroh yang akan kamu tuju

Photo credit: Business 2 Community

Gampangnya, kamu kepoin deh semua media yang dimiliki agen travel tersebut. Mulai dari website resmi, ulasan orang-orang baik di blog pribadi maupun blog travel, Twitter, Instagram, sampai Facebook, semuanya. Amati apakah orang-orang yang pernah menggunakan jasa travel tersebut merasa puas atau tidak.


5. Dengarkan cerita orang-orang yang sudah pernah umroh

Photo credit: Lisa Wang

Hal yang juga tidak kalah penting adalah berguru pada mereka yang sudah pernah menjalankan ibadah umroh. Kamu bisa kontak orang-orang terdekat, sahabat, atau kenalan yang punya pengalaman umroh. Gali informasi darinya mulai dari proses memilih agen travel, fasilitas yang didapatkan, ibadah yang dijalaninya di tanah suci, sampai proses pulang dengan selamat.

BACA JUGA


Tips Berburu Tiket Murah di Travel Fair. Baca Dulu Pedoman Berikut Ini Sebelum Pergi, Sahabat Trivia!

Tips Berburu Tiket Murah di Travel Fair. Baca Dulu Pedoman Berikut Ini Sebelum Pergi, Sahabat Trivia!

Kamu yang doyan banget traveling, momen travel fair kayak gini adalah surga karena bisa cari-cari tiket perjalanan yang relatif lebih murah ...

Read more..

Nah, itulah lima pertimbangan yang bisa kamu terapkan ketika muncul pemikiran untuk beribadah umroh, Sahabat Trivia. Jangan lupa landasi semuanya karena Allah sehingga perjalananmu semakin berkah.


Mau tahu topik-topik kekinian yang diulas secara mendalam? Cari tahu di Tahu Banget!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Memutuskan Berangkat Umroh Agar Kamu Tidak Tertipu oleh Agen Travel yang Curang". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Henny Alifah | @hennyalifah

Writer and Knitter

Silahkan login untuk memberi komentar